Under Pass dalam Bola Basket dan teknik Passing Lainnya

(Sportstars)

Under Pass dalam Bola Basket – Dalam permainan bola basket, ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai oleh pemain. Beberapa dari teknik tersebut di antaranya adalah teknik shooting, teknik passing, dribble, dan cara memegang bola basket. Meskipun basket adalah permainan tim dan tugas pemain basket bisa berbeda satu sama lain, setiap pemain tetap wajib menguasai teknik dasar tersebut. Alasan utamanya karena selama permainan berlangsung, skill tersebut pasti akan sangat dibutuhkan.

Sebagai permainan tim, pemain harus memiliki kemampuan kerja sama yang baik dengan anggota tim. Nah, kemampuan koordinasi dengan anggota dan bermain dalam tim salah sataunya dapat dilihat ketika pemain mengoper bola atau melakukan passing. Teknik passing sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti under hand pass, bounce pass, overhead pass, dan sebagainya. Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai teknik under pass dalam bola basket. Tapi sebelum berbicara lebih lanjut, yuk simak dulu tentang pengertian passing.

Pengertian Passing Basket

Passing adalah istilah dalam bola basket yang berarti mengoper. Jadi, pengertian passing adalah memberikan atau mengoper bola kepada anggota tim dengan tepat sasaran. Ini berarti, jangan sampai bola direbut oleh lawan saat akan melakukan passing. Saat ingin melakukan passing basket, pemain peru memperhatikan beberapa hal yaitu sebagai berikut.

1. Timing mengoper bola

Bola hanya boleh dioper ketika anggota tim sudah siap. Jadi, bola tidak akan direbut oleh lawan sewaktu-waktu.

2. Lempar bola ke arah yang bebas dari jangkauan lawan

Bila posisi atau target area passing sedang dikelilingi oleh tim lawan, sebaiknya tunda operan bola. Hal ini karena bola beresiko direbut.

3. Koordinasi dan kerjasama yang baik

Kerjasama tim sangat penting dalam pertandingan basket. Untuk melatih kekompakan, pemain perlu latihan rutin bersama anggota tim agar semakin terbiasa dengan isyarat dan gaya bermain anggotanya.

1. Teknik Under Pass dalam Basket

teknik under pass dalam bola basket
(Aanwijizing)

Sesuai namanya, teknik under pass adalah teknik operan dalam permainan basket yang dilakukan melalui bawah. Biasanya, teknik ini juga dikenal dengan sebutan passing bawah. Jadi, pemain mengoper bola ke rekan tim dengan melemparkan bola secara sejajar atau lurus pada jarak yang dekat. Biasanya, teknik passing ini dilakukan dalam waktu yang singkat dan cepat karena jarak antar anggota yang cepat. Berikut adalah langkah langkah melakukan teknik under pass:

1.  Siapkan posisi dan pegang bola dengan baik

2. Perhatikan kondisi sekitar untuk mengecek posisi pemain lawan dan anggota tim

3. Koordinasi dan memberikan isyarat pada anggota tim saat ingin memberikan bola

4. Oper bola dengan tinggi sepinggang secara lurus

2. Teknik Bounce Pass

(Bola Basket)

Pada teknik bounce pass, bola dipantulkan secara sengaja ke lantai terlebih dahulu, kemudian disambut oleh rekan tim. Pemain perlu berhati-hari melakukan teknik ini agar bola akurat dan sampai ke posisi target tanpa direbut lawan. Cara melakukannya yaitu:
1. Pegang bola setinggi dada menggunakan kedua tangan

2. Dorong bola ke arah bawah dengan jarak 1/3 ke arah teman tim yang menerima bola

3. Teknik Chest Pass

(Kompas)

Teknik chest pass dilakukan di depan dada secara lurus. Teknik passing ini menggunakan kedua tangan. Caranya sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

1. Kaki dibuka selebar bahu dan letakkan salah satu kaki agak ke depan

2. Arahkan bola di depan dada

3. Siku terbuka sedang, tidak terlalu lebar dan tidak terlalu rapat ke badan supaya gerak lebih leluasa

4. Dorong bola ke arah depan dengan lurus, kemudian arahkan pergelangan tangan maju ke depan dengan sentakan

5. Saat mendorong bola, kaki belakang bergerak ke depan dan pandagan fokus pada arah bola yang dituju

4. Teknik Overhead Pass

overhead pass
(Olahraganesia)

Berbeda dengan teknik under pass dalam basket, overhead pass dilakukan dari posisi yang tinggi di atas kepala. Teknik passing basket ini biasa dilakukan ketika pemain sedang dihadang oleh lawan dan anggota tim berada di belakang pemain lawan tersebut. Berikut adalah langkah langkahnya:

1. Berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu, salah satu kaki agak maju

2. Pegang bola dengan kedua tangan di atas kepala dengan posisi siku agak ditekuk

3. Oper basket dengan cara menjatuhkan lengan ke depan bawah dengan serentak

4. Saat mengoper bola, kaki belakang maju ke bagian depan

5. Teknik Baseball Pass

(Kompas)

Teknik passing bola basket yang satu ini seperti gaya saat melempar bola baseball. Teknik ini dilakukan untuk mengoper bola jarak jauh. Caranya yaitu sebagai beirkut:

1. Posisikan salah satu kaki di depan tubuh

2. Pegang bola dengan salah satu tangan, umumnya menggunakan tangan kanan

3. Posisi tubuh agak dicondongkan ke belakang dan tangan yang tidak digunakan untuk memegang bola menahan tubuh agar seimbang

4. Lempar bola ke arah anggota tim yang ditargetkan

Kesimpulan Under Pass dalam Bola Basket

Under pass adalah salah satu teknik mengoper bola yang cukup sering dilakukan pemain di lapangan. Selain berlatih pribadi, pemain juga perlu latihan bersama tim agar semakin terbiasa saat mengoper bola. Bagaimanapun juga, kerja sama dan kekompakan tim adalah hal utama yangg menentukan keberhasilan pertandingan selain skill. Nah, semoga artikel ini membantu, ya!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?