Tugas Pemain Bola Basket

(Chase Your Sport)

Tugas Pemain Bola Basket – Dalam permainan basket, terdapat 5 orang pemain dalam tim. Dalam cabang olahraga lain, kita mengenal adanya posisi pemain futsal dengan tugasnya masing-masing. Demikian pula pada permainan basket, setiap pemain tentu memiliki posisi dan tugasnya di dalam tim. Agar suatu tim bisa sukses, setiap anggota tim perlu menjalankan tugasnya dengan baik. Jadi, koordinasi dan kerja sama juga akan berjalan dengan lancar. Nah, ada 5 istilah dalam basket yang berkaitan dengan posisi dalam tim. Inilah yang akan kita bahas dalam artikel ini, yuk simak selengkapnya di bawah!

1. Center (5-C)

Tugas pemain bola basket yang kita bahas pertama adalah posisi center. Center memiliki arti tengah atau utama dalam bahasa Inggris. Maka, pemain yang mendapat posisi center biasanya sering juga disebut sebagai pemain dengan posisi tertinggi. Posisi ini membutuhkan keterlibatan fisik yang tinggi selama permainan. Ini berhubungan dengan perannya dalam tim, yaitu untuk berhadapan langsung dengan lawan. Berikut adalah beberapa tugas seorang pemain center dalam bola basket.

1. Membaca gerakan lawan dan mencegah lawan gagal menembak bola ke ring

2. Menembak bola (biasanya jarak dekat) ke ring lawan

3. Melakukan rebound saat ada kesempatan 

4. Berperan sebagai garis pertahanan terakhit dalam tim

Dari beberapa tugas tersebut, terlihat bahwa posisi center bertugas untuk menghadang lawan sekaligus mencetak skor. Biasanya, pemain yang ditempatkan sebagai center memiliki postur tubuh yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan perannya untuk melakukan blocking. Menjadi posisi center memang tidak mudah, diperlukan latihan yang konsisten dan disiplin agar dapat membentuk skill yang dibutuhkan.

2. Power Forward (4-PF)

Dalam permainan basket, kita mengenal adanya istilah rebound. Secara singkat, rebound berarti pemain berhasil mendapatkan bola basket yang terpantul dan gagal masuk ke ring. Nah, Power Forward adalah posisi yang bertugas untuk melakukan rebound ini. Jadi, ia harus bisa mengambil kesempatan ketika bola terpantul dan memasukkannya dalam ring untuk mencetak skor. Pemain posisi ini memerlukan tembakan jarak pendek yang baik dan kemampuan untuk mengontrol aktivitas di arena bermain. Posisi Power Forward yang jago dalam tim akan mampu menciptakan skor sebanyak mungkin lewat serangan balasan dalam berbagai kesempatan.

3. Small Forward (3-SF)

tugas pemain bola basket
(Business Insider)

Bisa dikatakan bahwa pemain Small Forward atletis dan harus memiliki range teknik yang luas. Hal ini berkaitan dengan tugasnya untuk menyerang pertahanan lawan dan mencetak angka bagi tim. Biasanya, seorang pemain yang ditempatkan untuk posisi ini memiiliki tembakan tiga poin atau three point yang baik. Poin ini diberikan ketika pemain berhasil memasukkan bola ke ring lawan dari luar garis penalti. Selain itu, pemain Small Forward juga diharapkan dapat melakukan lay-up atau dunk demi mencetak skor bagi tim. 

4. Shooting Guard (2-SG)

Tugas pemain bola basket yang satu ini adalah mencuri bola ketika mode betahan dan mencetak skor three point. Seorang Shooting Guard harus memiliki kemampuan menembak bola dari jarak jauh yang akurat dan baik. Dengan demikian, ia dapat menciptakan skor tiga poin yang efektif untuk kemenangan tim. Selain itu, pemain ini juga harus jeli dan peka dengan kesempatan, terutama saat mencari ruang kosong untuk menembak bola. Ia juga harus memiiliki kemampuan pertahanan baik agar bola basket tidak mudah direbut lawan.

5. Point Guard (1-PG)

Sesuai namanya, Point Guard adalah posisi pemain basket yang bertugas untuk mencari peluang mencetak skor. Ia juga sering disebut sebagai playmaker yang mengatur serangan bagi tim. Untuk menjadi Point Guard, pemain harus memiliki kemampuan passing yang baik dan kemampuan strategis dalam mengikuti irama permainan. Selain itu, ia juga harus memiliki kemampuan dribbling yang baik dan bisa melakukan jump shot. Tim cukup mengandalkan posisi ini dalam mencari peluang menembak bola ke ring lawan. Apalagi, seorang point guard biasa juga memiliki kemampuan untuk menembus pertahanan lawan dengan cara melaju ke garis pertahanan.

Kesimpulan Tugas Pemain Bola Basket

tugas pemain bola basket

Seperti yang telah dijelaskan, setiap anggota tim basket memiliki peran dan tugas yang penting. Tidak ada satu posisi yang lebih penting dari yang lainnya, karena kerjasama sangat dibutuhkan dalam permainan basket. Setiap anggota tim harus memahami tugasnya dengan baik serta mengerti peran dari anggota timnya. Dengan demikian, permainan dapat berjalan dengan baik dan tim bisa sukses dalam pertandingan. 

Demikian pembahasan mengenai posisi pemain basket dan tugasnya. Semoga menambah wawasan kita semua dan membuatmu lebih paham tentang permainan bola basket. Bila ingin membuat jersey basket berkualitas dengan harga terjangkau, kalian bisa menghubungi jrksportswear.com. Selamat berlatih!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?