Pemain Voli Tertinggi di Dunia

pemain voli tertinggi di dunia
(Reuters)

Pemain voli tertinggi di dunia – Permainan bola voli memang terkenal sebagai olahraga yang memerlukan tubuh yang tinggi. Selain itu, banyak pula orang yang ingin meninggikan badan dengan bermain voli. Hubungan antara bola voli dan tinggi sebenarnya karena permainan ini banyak melibatkan loncatan atau lompatan. Gerakan tersebut membantu melatih otot kaki dan tungkai sehingga membantu meningkatkan tinggi badan secara tidak langsung. Bahkan, latihan fisik voli juga banyak melibatkan latihan kekuatan kaki.

Sementara itu, kita juga sering menemukan para atlet voli yang bertubuh jenjang. Kira-kira mengapa pemain vola tinggi? Alasannya sederhana, pemain dengan postur tubuh tinggi dan menjulang tentu akan semakin dekat dengan tinggi net sehingga lebih mudah meraih bola. Jadi, pemain tidak perlu melakukan lompatan yang begitu tinggi untuk melakukan serangan dan teknik voli lainnya seperti blok. Nah, lalu siapakah pemain voli tertinggi di dunia hingga sekarang? 

Wuttichai Suksara - 2,24 meter (7,35 ft)

Wuttichai Suksara
(Youttube)

Ranking pertama untuk pemain voli tertinggi di dunia dipegang oleh Wuttichai Suksara. Atlet voli berkelahiran 21 Juni 1995 ini memiliki tinggi mencapai 2,24 meter. Dalam tim, Wuttichai Suksara memiliki posisi sebagai seorang blocker. Rekor lompatan yang pernah ia lakukan adalah 3,5 meter, yaitu saat melakukan spike untuk mengembalikan serangan bola lawan. Saat ini, Wuttichai Suksara tampaknya masih menggeluti dunia pertandingan voli dengan bermain di Liga Thailand.

Dmitrij Muserskiy - 2,18 m (7,2 ft)

(Youtube)

Pemain voli tertinggi di dunia berikutnya berasal dari Rusia. Dengan tinggi mencapai 2,18 meter, Dmitrij Muserskiy berhasil mengharumkan namanya di pertandingan bola voli. Ia pernah tampil di Kejuaraan Dunia, Piala Dunia, dan Kejuaraan Eropa. Bahkan, atlet voli satu ini juga pernah berkontribusi besar ke Timnas Rusia dengan memenangkan Liga Dunia, Olimpiade dan Kejuaraan Eropa. Prestasinya yang tidak main-main membuat Dmitrij Muserskiy menjadi figur yang populer di kalangan peminat voli. 

Bartlomiej Lemanski - 2,17 m (7,1 ft)

Bartlomiej Lemanski
(Sportstar.id)

Bartlomiej Lemanski adalah pemuda berkebangsaan Polandia yang lahir pada 19 Maret 1996. Jadi, masih tergolong sebagai atlet muda lataran usianya baru menginjak 26 tahun. Salah satu pemain voli tertinggi di dunia ini memulai karirnya ketika usia 18 tahu, yakni  di liga Polandia bersama klub Asseco Resovia Rzeszow. Meski masih muda, prestasinya tidak perlu dipertanyakan lagi. Ia pernah meraih medali perak di Piala Dunia 2019. Tentunya perjalanan karir yang masih panjang akan membuat Bartlomiej Lemanski berkesempatan untuk meraih prestasi lainnya di masa mendatang. Rekor yang tercatat saat ia melakukan spike adalah mencapai tinggi 3,65 meter.

Renan Zanatta Buiatti - 2,17 m (7,1 ft)

(World of Volley)

Pemain voli tertinggi di dunia berikutnya adalah Renan Zanatta Buiatti. Atlet yang berasal dari Brazil ini tidak hanya dikenal dengan tingginya saja. Ia termasuk dalam daftar blocker terbaik dan bahkan telah memperoleh peenghargaan individu seperti Pemblokir Terbaik di Kejuaraan Brasil atau Lawan Terbaik di Pan American Games. Pemain berkelahiran 10 Januari 1990 ini telah meraih kesuksesan bersama klubnya Sada Crizuero dalam memenangkan memenangkan Kejuaraan Dunia Klub FIVB pada tahun 2016. Dua tahun sebelumnya, ia juga turut memenangkan Piala Juara Dunia FIVB dan memenangkan medali perak di Kejuaraan Dunia pada tahun 2014. 

 

Leandro Martins da Silva - 2,16 m (7,09 ft)

leandro martins
(iNews)

Tampaknya, cukup banyak pemain voli tertinggi di dunia yang berasal dari Brazil. Selain Renan Zanatta Buiatti, ada pula Leandro Martins Da Silva yang memiliki tinggi badan 2,17 meter. Atlet berkelahiran 6 Desember 1992 ini saat ini tengah menjadi andalan klub milik Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Lavani Bogor. Leandro telah tampil di berbagai ajang pertandingan bergengsi dan sukses, misalnya memenangkan Liga Super Brasil pada 2011 bersama Sao Paulo. Ia juga menjadi atlet dengan jam terbang tinggi dan sudah mengiktui pertandingan di berbagai belahan dunia. Pengalaman dan sepak terjang Leandro di dunia pertandingan voli membuat banyak orang berekspetasi padanyya untuk membawa Lavani juara Proliga 2022.

 

Kesimpulan Pemain Voli Tertinggi di Dunia

Pemain voli tertinggi di dunia sebagian besar memiliki tinggi di atas 2 meter. Sebenarnya, kondisi ini termasuk kategori gigantisme dalam dunia kedokteran. Yaitu kondisi di mana hormon pertumbuhan selama anak-anak mengalami over produksi, mengakibatkan pertumbuhan melebihi rata-rata orang normal. Postur tubuh yang tinggi tersebut tentu akan menguntungkan mereka selama permainan. Apalagi bila pemain berada di posisi strategis yang membutuhkan lompatan untuk membendung bola seperti blocker. Tapi, hal yang perlu diingat adalah tinggi badan bukan faktor utama keberhasilan dalam pertandingan voli, ya! 

Skill bermain, penguasaan teknik dasar voli, dan juga kerjasama tim menjadi faktor yang lebih utama dibandingkan tinggi badan. Jadi, kalian tidak perlu khawatir dengan tinggi badan bila ingin sukses di pertandingan voli. Cukup fokus dan konsisten dengan latihan yang dilakukan serta mengasah skill bermain. Nah, bila kalian juga ingin meningkatkan tinggi badan, ada beberapa latihan yang bisa kalian lakukan. Misalnya adalah berenang, melakukan hanging stretch, dan bersepeda. Latihan ini juga bisa membantu kalian menambah tinggi lompatan saat smah. Semoga artikel ini membantu, ya!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?