4 Teknik Shooting Futsal Untuk Jadi Juara!

Sebagai olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki, teknik shooting pada permainan futsal sangat penting untuk diperhatikan dengan baik dan benar. Pasalnya, ada beragam teknik shooting futsal sebagai cara melatih tendangan keras dalam futsal.

 

Shooting atau menembak bola dalam permainan futsal sangat mempengaruhi keberhasilanmu untuk bisa mencetak gol ke gawang lawan. Setiap teknik shooting futsal tentu akan menghasilkan gerakan tendangan yang berbeda-beda.

 

Selain itu, setiap teknik shooting nantinya akan digunakan dalam kondisi yang berbeda-beda juga. Teknik shooting futsal untuk mengoper bola dari jarak jauh tentu akan berbeda dengan teknik shooting yang digunakan untuk mencetak gol dari jarak dekat.

 

Begitupun dengan kondisi lainnya dalam permainan futsal. Karenanya, kamu perlu mengetahui 4 teknik shooting futsal berikut ini agar bisa menjadi juara.

4 Teknik Shooting Futsal

Untuk bisa melakukan shooting yang baik, kamu perlu melakukan latihan menendang secara rutin. Ini dilakukan untuk melatih kombinasi antara kekuatan dan akurasi tendangan. Shooting membutuhkan tenaga yang lebih besar agar bisa menghasilkan laju bola yang cepat.

 

Ada 4 teknik shooting futsal yang bisa kamu gunakan dalam permainan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak poin-poin di bawah ini:

1. Shooting dengan Kaki Sisi Dalam

Teknik shooting menggunakan kaki sisi dalam biasanya digunakan untuk melakukan tendangan dari jarak dekat. Seperti halnya saat kamu berada di dekat gawang lawan dan bersiap untuk mencetak gol.

Teknik shooting yang satu ini dipercaya bisa menghasilkan tendangan yang lebih akurat terhadap target gerak laju bola yang akan ditendang. Sehingga, ini akan meminimalisir tendangan meleset. Adapun cara melakukan shooting dengan kaki sisi dalam adalah sebagai berikut ini:

  • Pastikan posisi bola berada di depan tubuh dan menghadap sasaran
  • Letakkan kaki kanan atau kiri untuk menumpu di samping bola
  • Ayunkan kaki dari belakang ke arah depan
  • Pusatkan kaki di bagian tengah bola saat menendang

2. Shooting dengan Kaki Sisi Luar

Teknik shooting futsal selanjutnya adalah dengan menggunakan kaki sisi luar. Berbeda halnya dengan kaki sisi dalam yang dipercaya mampu menghasilkan tendangan yang akurat. Shooting dengan kaki sisi luar justru sangat sulit untuk menargetkan titik tendangan yang akurat.

Meskipun begitu, teknik shooting futsal yang satu ini juga memiliki peranan penting untuk mengecoh lawan. Para pemain profesional biasanya menggunakan teknik ini saat dalam kondisi terdesak atau berhadapan langsung dengan tim lawan.

Dengan menggunakan teknik ini, tim lawan akan mengalami kesulitan untuk menebak kemana arah bola yang akan kamu tendang. Berikut ini adalah cara melakukan teknik shooting dengan kaki sisi luar.

  • Posisikan tubuh tepat di samping bola
  • Posisikan kedua kaki sejajar atau sedikit ke belakang dengan bola
  • Tempatkan kaki di bagian samping kanan atau kiri bola
  • Ayunkan kaki yang akan digunakan untuk menendang dari belakang ke samping dengan cepat agar bisa mengecoh lawan
  • Jangan ragu saat melakukan tendangan tersebut

3. Shooting dengan Punggung Kaki

Selain menggunakan kaki sisi dalam dan luar, teknik shooting futsal yang baik juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan bagian punggung kaki. Sekilas teknik ini memang sangat mirip dengan shooting menggunakan kaki sisi dalam.

Keduanya sama-sama dipercaya mampu menghasilkan tendangan ke titik yang lebih akurat. Selain itu, teknik shooting dengan punggung kaki ini juga dipercaya mampu menghasilkan laju bola yang lebih cepat. Namun, cara melakukan teknik shooting yang satu ini memang terbilang sedikit lebih sulit.

Sehingga, kamu memerlukan latihan rutin seperti di bawah ini:

  • Berdiri tepat di belakang bola
  • Letakan kaki di bagian samping bola dan hadapkan jari-jari ke arah gawang
  • Lakukan tendangan sekuat mungkin dengan posisi tubuh yang condong ke depan
  • Tendang bagian tengah bola dengan punggung kaki menghadap ke arah target

4. Shooting dengan Ujung Kaki

Teknik shooting futsal yang terakhir adalah menggunakan bagian ujung kaki. Namun sebelum melakukannya, pastikan kamu menggunakan sepatu futsal agar lebih aman dan nyaman.

Secara umum, teknik shooting dengan ujung kaki ini juga sering disebut tendangan concong. Biasanya teknik ini digunakan untuk mengoper bola ke jarak jauh. Teknik ini dipercaya mampu menghasilkan laju bola yang sangat kencang. Begini cara melakukannya:

  • Posisikan tubuhmu di belakang bola
  • Siapkan kaki kanan atau kiri untuk membuat tumpuan di belakang bola dengan ujung kaki.
  • Ayunkan kaki yang akan digunakan untuk menendang bola
  • Fokuskan tendangan dengan menggunakan bagian ujung kaki atau ujung sepatumu
  • Tendang bola tepat di bagian tengahnya menggunakan ujung kaki
  • Tahan kaki untuk tidak bergerak ke depan mengikuti arah bola

Demikianlah 4 teknik shooting futsal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pemain andal. Untuk bisa menguasainya, tentu kamu perlu melakukan latihan secara rutin. Semoga bermanfaat!

Featured image source: Pexels

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?