Mengenal Teknik Pivot dalam Bola Basket

Teknik pivot dalam bola basket merupakan salah satu gerakan dasar yang perlu dikuasai oleh para pemainnya. Ini merupakan salah satu upaya untuk pertahanan terhadap serangan dari tim lawan.

 

Apa itu teknik pivot dalam bola basket dan bagaimana cara melakukannya? Untuk penjelasan lebih lengkap, simak pengertian, tujuan, dan cara melakukan teknik pivot dalam permainan bola basket berikut ini!

Apa Itu Teknik Pivot Bola Basket?

teknik pivot dalam bola basket
(Pexels)

Menurut Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), teknik pivot dalam permainan bola basket adalah gerakan memutar badan dengan bertumpu pada satu kaki sebagai porosnya sambil masih memegang bola basket.

 

Secara garis besar, teknik pivot merupakan gerakan memutar badan yang dilakukan menggunakan salah satu kaki sebagai poros putaran setelah menerima bola. Bagi para pemain pemula, mungkin ini terdengar asing. Namun, para atlet basket ternama sering menerapkan teknik pivot dalam pertandingan.

Tujuan Teknik Pivot

Sekilas, teknik ini memang terlihat hanya seperti gaya khas pemain basket andal saja. Tapi faktanya, teknik pivot memiliki tujuan penting untuk diterapkan. Berikut ini adalah tujuan melakukan teknik pivot bola basket:

 

  • Melindungi bola basket agar tidak direbut tim lawan.
  • Sebagai upaya pertahanan setelah mendapat operan bola dari rekan satu tim.
  • Mengecoh tim lawan agar tidak bisa membaca gerakan bola.
  • Sebagai langkah utama sebelum melakukan shooting ke ring lawan.

 

Dengan melakukan teknik pivot, gerakan bola dari pemain akan sulit tertebak. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mengelabuhi tim lawan yang akan merebut bola basket darimu.

Jenis Pivot dalam Bola Basket

teknik pivot dalam bola basket
(Pexels)

Dalam penerapannya, ada 3 jenis teknik pivot bola basket yang bisa kamu lakukan, di antaranya; pivot dribble, pivot passing, dan juga pivot shooting. Berikut ini adalah jenis pivot dalam bola basket dan cara melakukannya:

Pivot Dribble

Teknik pivot yang pertama bisa kamu lakukan sambil men-dribble bola. Saat ingin menguasai bola, peraturan basket mengharuskan pemain melakukan dribble saat melakukan teknik pivot. Dengan gerakan pivot itu, pebasket bisa menghindari pelanggaran karena tidak melakukan dribble.

Pivot Passing

Teknik yang satu ini biasanya digunakan saat kamu ingin mengoper bola ke rekan satu tim. Kamu bisa melakukan pivot passing dengan cara memutarkan badan, kemudian mulai melempar bola ke rekan satu tim setelah tim lawan terkecoh.

Pivot Shooting

Selain untuk mengoper bola, pivot juga biasanya digunakan sebelum melakukan shooting. Cara melakukannya, kamu hanya perlu menggiring bola hingga ke titik di mana kamu akan menembak bola ke ring basket tim lawan. Selanjutnya, buat gerakan pivot dan lemparkan bola ke ring lawan.

Cara Melakukan Teknik Pivot dalam Bola Basket

teknik pivot dalam bola basket
(Freepik)

Meski terdengar mudah, ada teknik khusus yang harus dilakukan saat menerapkan teknik pivot di lapangan agar sempurna. Berikut adalah cara melakukan pivot dalam bola basket:

 

  • Pilih salah satu kaki sebagai poros untuk melakukan gerakan berputar.
  • Angkat kaki lainnya dan ambil gerakan melangkah ke segala arah dengan kaki yang sama. 
  • Setelah menyelesaikan putaran, kembali ke sikap dasar dan bersiap-siap untuk langkah berikutnya.

 

Itulah teknik dasar melakukan pivot dalam permainan bola basket yang perlu kamu kuasai. Sebenarnya, masih banyak teknik pivot lainnya yang bisa kamu gunakan untuk berbagai tujuan dalam permainan bola basket.

Kesimpulan

Cara melalukan pivot yang kami bahas di sini merupakan teknik yang paling dasar untuk pemain pemula. Dengan mengetahui apa itu pivot dan bagaimana cara melakukannya tentu akan memudahkan pemain untuk mempertahankan bola dari serangan tim lawan.

 

Tentunya, menguasai teknik passing bola basket dan shooting bola basket saja tidaklah cukup. Setiap pemain basket harus menguasai gerakan pivot agar lebih mudah dalam memenangkan pertandingan.

 

Jika kamu sering melihat pemain NBA profesional, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan gerakan pivot ini bukan? Para pemain profesional sering menerapkan teknik pivot dalam pertandingan sebagai upaya pertahanan mereka dari serangan tim lawan. Tak heran jika kamu sering menemukan pemain profesional melakukan teknik ini.

 

Untuk bisa menguasai teknik ini tentunya kamu perlu melakukan berbagai latihan fisik bola basket secara rutin. Perlu diingat, saat melakukan teknik pivot bola basket kaki yang menjadi tumpuan tidak boleh bergeser dari tempat awal. Sebab hal ini justru akan termasuk dalam pelanggaran dan merugikanmu.

 

Demikianlah pengertian teknik pivot bola basket, tujuan, dan cara melakukannya. Semoga bermanfaat!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?