Skip to content

Mengenal Teknik Passing Futsal dan Caranya

Selain menguasai teknik shooting futsal, ada 3 teknik passing futsal yang perlu kamu kuasai dalam permainan ini. Secara garis besar, kedua teknik ini memang hampir sama. Hanya saja passing lebih digunakan untuk tendangan seperti mengoper bola.

Sedangkan teknik shooting biasanya digunakan untuk mencetak gol ke gawang tim lawan dalam berbagai kondisi dan situasi tertentu. Lantas, bagaimana cara melakukan teknik passing dalam permainan futsal? Berikut ini uraian lengkapnya.

3 Teknik Passing Futsal

teknik passing futsal
(Pexels)

Secara umum teknik dasar passing futsal hampir sama dengan teknik passing pada permainan sepak bola. Tetapi para pemain futsal harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan laju bola di lapangan yang berukuran lebih kecil.

Salah satu cara mengendalikan laju bola di lapangan kecil adalah dengan menggunakan teknik passing futsal. Passing adalah teknik dasar permainan futsal yang digunakan untuk melakukan umpan atau operan pendek kepada pemain lainnya dalam satu tim.

Jika kamu menguasai teknik ini dan melakukannya dengan benar, maka umpanan bola yang kamu berikan ke teman satu tim akan tepat sasaran. Sehingga bola dapat dikuasai meskipun ukuran lapangannya kecil.

Cara Melakukan Passing Futsal

Meski teknik mengoper bola ini terdengar mudah, ada beberapa teknik operan atau mengumpan bola yang berbeda beda. Teknik passing bisa kita temukan di hampir semua cabang olahraga bola seperti sepak bola, basket, maupun futsal.

Konsep dasar passing adalah memasukan kembali bola yang telah keluar dari lapangan permainan. Hingga kini, teknik passing futsal terbagi menjadi 3 jenis. Di antaranya, teknik passing menggunakan kaki bagian luar, menggunakan tumit, hingga kaki bagian dalam.

Ketiga teknik mengumpan bola tersebut tentu memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukannya. Selain itu, ketiga teknik ini juga bisa digunakan pada situasi dan kondisi tertentu yang perlu kamu perhatikan.

Berikut ini adalah 3 teknik passing dalam permainan futsal dan cara melakukannya dengan baik dan benar.

1. Passing dengan Kaki Dalam

teknik passing futsal
(Pexels)

Teknik passing pertama yang bisa kamu lakukan dalam permainan futsal adalah menggunakan kaki dalam. Teknik ini biasanya digunakan untuk mengumpan atau mengoper bola kepada pemain satu tim dalam jarak yang cukup dekat.

Passing dengan kaki dalam bertujuan agar laju bola bisa lebih terfokus dalam jarak dekat. Ini merupakan salah satu teknik dasar passing yang paling sering digunakan oleh para pemain futsal. Berikut ini adalah cara melakukan passing dengan kaki dalam:

  • Posisikan tubuh tepat di depan bola dan menghadap ke arah pemain satu tim yang akan kamu berikan umpanan.
  • Buat tumpuan dengan kaki kanan atau kiri di samping bola dengan posisi lutut yang sedikit ditekuk.
  • Tarik kaki yang akan digunakan untuk menendang dan ayunkan ke arah bola dengan menggunakan sisi kaki bagian dalam.
  • Pastikan tendangan tepat berada di bagian tengah bola agar laju bola bisa berfokus ke target.

2. Passing dengan Kaki Luar

teknik passing futsal
(Pexels)

Selain menggunakan kaki dalam, ada juga teknik passing dengan menggunakan kaki luar dalam permainan futsal. Teknik mengoper bola yang satu ini biasanya digunakan untuk mengumpan bola ke arah rekan satu tim yang jaraknya berlawanan.

Teknik passing ini juga kerap digunakan pada kondisi terjebak atau terhalang tim lawan. Tujuan teknik passing dengan menggunakan kaki luar ini adalah untuk mengecoh tim lawan dan melakukan tendangan berbentuk silang.

Passing futsal ini dapat digunakan untuk menipu lawan sehingga umpan terobosan dapat terbentuk. Adapun cara melakukan passing dengan kaki luar adalah sebagai berikut:

  • Posisikan tubuh di sisi samping bola.
  • Posisikan kaki kanan atau kiri untuk menunpu badan ke arah belakang sehingga posisinya sejajar dengan bola.
  • Selanjutnya, ayunkan kaki bagian luar yang akan digunakan untuk menendang dari arah belakang ke samping sampai menyentuh bola.
  • Fokuskan tendangan ke bagian kanan atau kiri bola ketika menendang.

Berbeda dari passing dengan kaki dalam, teknik passing dengan kaki luar ini biasanya ditujukan untuk melakukan operan bola jarak jauh.

3. Passing dengan Tumit

(Pexels)

Terakhir, ada teknik passing yang mengandalkan bagian tumit. Passing dengan tumit merupakan cara mengoper bola pada permainan futsal yang digunakan dalam kondisi terjepit dan untuk membuat lawan terkecoh.

Sekilas ini memang terdengar mirip dengan teknik passing menggunakan kaki luar. Namun, teknik ini dianggap lebih efektif untuk kondisi yang benar-benar darurat. Seperti halnya pada saat kamu terhadang oleh pemain dari tim lawan.

Dengan menggunakan teknik passing dengan tumit ini, kamu bisa menghindari lawan yang menghadangmu dengan baik karena posisi passing ini membelakangi gawang.

Namun sebelum melakukan teknik passing yang satu ini, pastikan salah satu rekan satu tim mu telah siap menerima bola dalam posisi di belakangmu. Cara melakukan teknik passing dengan tumit adalah sebagai berikut:

  • Posisikan tubuh membelakangi bola.
  • Buat penumpu dengan kaki di bagian samping bola.
  • Mulailah ayunkan kaki dari depan ke belakang untung menendang bola.
  • Pastikan kamu mengunakan bagian tumit saat menendang bola agar laju bola bisa bergerak cepat.

Itulah beberapa cara melakukan passing yang perlu kamu kuasai agar mahir dalam permainan futsal. Setelah menguasai teknik passing tersebut, kamu juga bisa menguasai cara melatih tendangan keras dalam futsal agar jadi juara!

Featured image source: Pexels

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?