Teknik Dribble Bola Basket yang Harus Kamu Ketahui!

Untuk para pemain bola basket, tentu kamu sudah tidak asing bukan dengan istilah dribbe? Bagaimana tidak, teknik dribble bola basket merupakan teknik dasar yang perlu dikuasai dalam permainan tersebut.

 

Secara garis besar, teknik dribble merupakan langkah untuk memindahkan atau menggiring bola dari satu titik ke titik lain di lapangan. Seperti yang kita ketahui, dalam permainan ini para pemain tidak diperbolehkan untuk membawa bola tanpa menggiringnya. 

 

Oleh karenanya, pemain basket perlu melakukan teknik dribble untuk menggiring bola dan menembakkannya ke arah ring tim lawan. Dribble dilakukan dengan memantulkan bola ke lapangan secara terus menerus sambil mengikuti pergerakanmu selama di lapangan.

 

Pada dasarnya, dribble bertujuan untuk memindahkan bola dari satu titik ke titik lain di dalam lapangan. Selain itu, ini juga bertujuan untuk melakukan serangan ke tim lawan, menjaga bola agar tidak direbut tim lawan, dan masih banyak lagi.

 

Maka dari itulah, ada banyak jenis teknik dribble yang harus kamu kuasai. Mulai dari crossover, behind the back, dan spin, in and out, dan masih banyak lagi. Masing-masing teknik dribble ini tentunya memiliki tujuan dan cara yang berbeda.

 

Penasaran apa saja teknik dribble bola basket dan bagaimana cara melakukannya? Simak ulasan lengkap di bawah ini ya!

Teknik Dasar Dribble Bola Basket

teknik dribble bola basket
(Pexels)

Sebelum masuk ke pembahasan jenis teknik dribble bola basket, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana teknik dasar dribble bola basket. Berikut ini beberapa langkah yang perlu kamu lakukan:

 

  1. Buka jari-jari tangan dengan lebar dan buat jari rileks.
  2. Gunakan ujung jari untuk mengontrol arah bola.
  3. Posisikan tubuh sedikit membungkuk.
  4. Pantulkan bola ke lapangan.
  5. Lindungi bola agar tidak mudah diambil lawan.
  6. Posisikan mata fokus ke arah ring yang akan dituju.
  7. Latihan dribble bola bergantian antara kedua tangan.

Macam-macam Teknik Dribble Bola Basket

teknik dribble bola basket
(Pexels)

Setelah mengetahui teknik dasar dribble, berikut ini adalah macam-macam teknik dribble dan cara melakukannya:

Crossover

Crossover dribble adalah gerakan memindahkan bola dari satu tangan ke tangan lainnya secara cepat. Di sini, kamu bisa melakukannya seperti membuat gerakan zigzag antar satu tangan ke tangan lainnya.

 

Teknik dribble crossover ini biasanya dilakukan saat pemain sedang tidak berada dalam jarak dekat oleh tim lawan dan ingin mengubah pergerakan.

Through The Legs

Through the legs dribble merupakan gerakan yang dilakukan dengan memindahkan bola dari satu tangan ke tangan yang lain melalui celah di antara kedua kaki. Gerakan yang satu dianggap mampu mengecoh dan menjauhkan bola dari tim lawan agar bola tidak mudah direbut.

Behind The Back

teknik dribble bola basket

Teknik dribble selanjutnya adalah behind the back. Ini adalah gerakan dribble yang dilakukan dengan cara memindahkan bola dari satu tangan ke tangan lainnya melalui belakang punggung.

Dalam penerapannya, kamu perlu memposisikan tangan di belakang punggung. Teknik ini dilakukan sebagai upaya pertahanan untuk melindungi bola dari lawan yang sedang menghadangmu.

Untuk bisa melakukan behind the back dribble dengan baik dan benar, seorang pemain harus memiliki koordinasi tangan dan kaki yang baik. Teknik dribble yang satu ini sangat efektif sebagai upaya penyerangan dalam kondisi melakukan fast break.

Hesitation

Hesitation dribble adalah teknik yang mengandalkan gerakan kecepatan. Dalam penerapannya, kamu perlu men-dribble bola dalam kecepatan tinggi, lalu menurunkan kecepatannya sejenak, sebelum langsung maju dengan kecepatan penuh menerobos area pertahanan lawan.

In and Out

In and out dribble adalah salah satu teknik dribble yang dilakukan sebagai upaya untuk mengecoh lawan. Di sini kamu perlu men-dribble bola ke suatu arah, kemudian secara mendadak mengganti arah dribble bola tersebut.

 

Misalnya, ketika melakukan dribble ke arah kanan menggunakan tangan kanan, kamu bisa secara mendadak memindahkan bola ke tangan kiri dan melangkah ke arah kiri. Sehingga lawan akan merasa terkecoh karena tidak bisa memprediksi pergerakanmu.

Spin

Teknik spin dribble merupakan salah satu cara yang dinilai paling sulit untuk dikuasai. Pasalnya, untuk melakukan teknik ini kamu harus tetap men-dribble bola sambil berbalik arah atau berputar untuk menghindari lawan. 


Sehingga, keseimbangan dan kontrol bola yang baik sangat diperlukan dalam menerapkan teknik dribble yang satu ini. Karenanya, kamu perlu melakukan banyak latihan sebelum menerapkan teknik ini dalam pertandingan.

Menguasi teknik dribble bola basket memang merupakan hal paling dasar untuk setiap pemain basket. Dengan menguasai teknik dasar basket ini, kamu bisa lebih andal dalam mengoper bola ke sesama tim maupun melakukan teknik shooting bola basket.

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?