4 Teknik Dasar Bermain Voli

Setiap cabang olahraga, tentu memiliki teknik dasar yang perlu dikuasai dalam permainan, begitupun dengan permainan bola voli. Teknik dasar bermain voli harus dipahami oleh setiap pemain agar permainan dapat berjalan dengan mulus.

 

Selain itu, dengan menguasai teknik dasar bermain voli ini kamu juga bisa menghindari larangan dalam permainan bola voli dan menguasai teknik servis bola voli untuk memenangkan permainan.

 

Sayangnya, untuk menguasai teknik dasar bermain voli ini tidak bisa dilakukan dengan waktu yang singkat. Kamu memerlukan waktu dan proses yang panjang, dengan latihan secara rutin setiap minggunya.

Teknik Dasar Bermain Voli​

Secara umum terdapat empat teknik dasar bermain voli yang perlu dikuasai oleh setiap pemain bola voli di lapangan. Beberapa teknik dasar bola voli tersebut di antaranya, teknik servis, passing, smash, dan blocking.

 

Teknik servis merupakan pukulan pertama yang dilakukan pemain untuk memulai permainan. Sementara passing merupakan teknik pukulan untuk mengoper bola ke tim lawan selama permainan.

 

Smash sendiri merupakan upaya untuk mengalahkan tim lawan dan mencetak satu poin tambahan untuk memenangkan permainan. Terakhir, blocking merupakan strategi untuk mengadang dan menahan bola dari serangan lawan.

 

Untuk pengertian lebih lengkapnya, berikut ini beberapa teknik dasar bola voli yang harus kamu ketahui:

1. Servis​

Teknik dasar bermain voli yang pertama adalah servis. Teknik ini merupakan pembuka atau awal yang menandai dimulainya sebuah permainan. Terdapat 4 jenis servis bola voli yang paling umum dilakukan. 

 

Beberapa di antaranya adalah, servis bawah bola voli, servis atas bola voli, servis samping, dan jump serve. Keempat jenis servis bola voli tersebut memiliki teknik pukulan dan tujuan yang berbeda-beda. 

 

Oleh karena itu, dalam sebuah tim bola voli, biasanya terdapat satu pemain andalan yang memang benar-benar sempurna untuk melakukan 4 jenis gerakan servis bola voli tersebut.

2. Passing ​

Seperti yang kita ketahui, passing biasanya digunakan sebagai teknik mengoper atau mengumpan bola. Teknik passing ini sudah umum digunakan dalam setiap cabang olahraga bola. Baik itu futsal, sepak bola, basket, dan juga voli.

 

Namun, selain digunakan untuk mengumpan bola ke rekan satu tim. Teknik passing dalam permainan bola voli ini juga digunakan sebagai benteng pertahanan untuk menahan smash dari tim lawan.

 

Teknik ini digunakan untuk menerima, menahan, dan mengendalikan bola yang dilambungkan oleh lawan. Cara melakukannya, posisikan tangan berada di bawah (kamu bisa menggunakan satu atau dua tangan).

 

Teknik passing bola voli terbagi menjadi dua, yaitu passing atas dan bawah. Keduanya memiliki teknik dan tujuan yang berbeda-beda. Passing bawah berguna untuk menyambut bola servis lalu mengoperkan kepada toser untuk memudahkannya dalam memberikan umpan yang baik bagi smasher.

 

Sementara passing atas atau sering disebut dengan set up biasanya digunakan untuk memberikan umpan kepada spiker untuk melakukan serangan. Namun dapat juga digunakan untuk menyeberangkan bola ke daerah lawan.

 

Dalam melakukan teknik ini, dibutuhkan pula kerja sama yang kuat antara satu tim. Jika tidak, mungkin akan terjadi kesalahpahaman yang berujung kerugian bagi tim itu sendiri dan memberi keuntungan bagi tim lawan.

3. Smash

Sama halnya dalam permainan bulu tangkis atau badminton, teknik smash dalam permainan voli digunakan untuk menyerang ke area pertahanan lawan. Smash dilakukan dengan memukul bola dengan cepat dan kencang.

 

Untuk menerapkan teknik smash pada permainan bola voli, kamu memerlukan otot lengan dan telapak tangan yang kuat agar bisa memberikan power yang kuat pada laju bola.

4. Blocking

Blocking merupakan salah satu teknik dasar bermain voli yang digunakan sebagai strategi untuk bertahan dari serangan tim lawan. Tujuan blocking ini sendiri adalah untuk mengadang dan menahan bola dari serangan timlawan.

 

Dalam melakukan blocking, biasanya dibutuhkan pemain yang memiliki postur tinggi dan punya lompatan vertikal yang tinggi. Dalam penerapannya di lapangan, teknik ini biasa dilakukan secara kerja sama antar 2-3 pemain.

 

Tujuannya adalah untuk mencegah lawan mencetak poin hingga menutup serangan lawan agar bola tetap tertahan. Selain itu, ini jua bertujuan agar bola bisa memantul kembali ke area permainan tim lawan.

 

Cara melakukan blocking adalah pemain berdiri di depan net untuk menghalau smash yang ditujukan ke area pertahanan. Kemudian nantinya tim lawan akan memukul bola atau memberikan serangan. 

 

Jika teknik blocking yang kamu lakukan berhasil, maka tim lawan tidak akan bisa mencetak poin baru. Atau bahkan, jika bola memantul ke area tim lawan, maka tim milikmu lah yang akan mendapat satu poin baru.

 

Karenanya, teknik blocking ini memerlukan strategi yang tepat agar bisa terhindar dari serangan lawan. Postur tubuh pemain juga perlu dpertimbangkan dengan baik untuk melakukan teknik blocking dalam permainan voli.

Itulah 4 teknik dasar bermain voli yang perlu kamu kuasai. Dengan menguasai teknik dasar ini, kamu akan semakin mahir dalam melakukan permainan boa voli. Semoga bermanfaat!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?