Skip to content

Tahapan Smash Pada Permainan Bola Voli

Sebagai salah satu jenis olahraga yang paling diminati di dunia, permainan bola voli memiliki berbagai trik dan tahapan untuk bisa memenangkannya. Salah satunya adalah tahapan smash pada permainan bola voli.

Seperti yang bisa kita tebak, teknik smash pada permainan bola voli ini mirip seperti teknik smash pada permainan bulu tangkis. Namun tentunya, tahapan smash pada permainan bola voli ini akan jauh berbeda dari permainan bulu tangkis.

Bagaimana cara melakukan teknik pukulan smash pada permainan bola voli dan apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan? Simak ulasan di bawah ini baik-baik ya!

Teknik Smash Pada Permainan Bola Voli

Tahapan Smash Pada Permainan Bola Voli
(Pixabay)

Pengertian smash adalah suatu pukulan yang cepat, diarahkan ke bawah dengan kuat dan tajam yang mengarah ke bidang lapangan lawan.

Dalam permainan bola voli, smash adalah gerakan memukul bola dengan keras dan tajam. Istilah smash pada permainan bola voli dikenal juga sebagai spike.

Teknik pukulan smash ini merupakan upaya serangan untuk mengalahkan tim lawan. Teknik pukulan ini dianggap sebagai cara yang efisien dan efektif.

Meskipun begitu, teknik pukulan smash ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika pukulan smash tidak dilakukan dengan benar, kamu justru bisa saja kalah dalam permainan.

Karenanya, penting untuk mengetahui teknik pukulan smash bola voli. Ada 4 tahapan smash pada permainan bola voli yang perlu kamu perhatikan.

Apa saja tahapannya? Langsung saja simak poin-poin berikut ini!

Tahapan Smash Pada Permainan Bola Voli

Tahapan Smash Pada Permainan Bola Voli
(Pixabay)

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan teknik pukulan bola voli:

1. Ambil Start

Sebagai permulaan, sebelum melakukan pukulan smash kamu harus pintar membaca situasi dan kondisi terlebih dahulu. Pukulah smash sebaiknya dilakukan saat tim lawanmu sedang lengah.

Pastikan kamu berada di titik yang dekat dengan net atau jaring. Selain itu, pastikan posisi tim lawan juga berada cukup jauh dari jarak lemparan bola yang kamu targetkan.

Jika kamu merasa sudah berada di situasi seperti ini, mulailah ambil ancang-ancang uengan mengambil satu langkah kaki di depan dan satu kaki dibelakang untuk melakukan teknik pukulan smash.

2. Buat Tumpuan

Setelah mengambil ancang-ancang tersebut, kamu bisa langsung membuat tumpuan untuk memukul bola. Tumpuan untuk melakukan pukulan smash ini juga harus dilakukan dengan benar.

Tempatkan kedua kaki dengan posisi hampir sejajar untuk melakukan gerakan loncat secara vertikal.

Saat melakukan smash, kamu perlu memberikan dorongan lompatan setinggi mungkin. Hal ini bertujuan agar bola voli yang kamu pukul bisa mendarat ke bawah dan tidak melambung tinggi.

Sebelum meloncat, lekukan lututmu hingga berbentuk sudut 110 derajat pada kaki belakang. Sementara kaki yang terletak di depan menjadi tumpuan untuk loncat.

3. Mulai Pukul Bola

Tahapan Smash Pada Permainan Bola Voli
(Pixabay)

Setelah membuat ancang-ancang dan tumpuan untuk melompat, kamu bisa langsung mulai memukul bola voli. Tahapan ini tentu sangat penting dalam melakukan pukulan smash.

Pertama, pastikan posisi bola voli berada di posisi yang dekat dengan jankauanmu dan net. Selain itu, pastikan juga posisi lawanmu berada jauh dari titik pendaratan bola voli yang kamu targetkan.

Terakhir, pukul bola dengan dorongan yang kuat. Dengan begitu, tentu ini akan membuat tim lawan sulit untuk membalas pukulan bola voli tersebut.

4. Pendaratan

Tahap smash pada permainan bola voli yang terakhir adalah pendaratan. Setelah meloncat, pastikan posisi badan condong kedepan dan posisi kaki sejajar.

Setelah memukul bola voli, tentunya itu akan mendarat ke kawasan tim lawan. Jika kamu menargetkan titik pendaratan dengan tepat, tentu ini akan mencetak skor untukmu. Namun, kamu juga perlu waspada.

Karena jika kamu tidak tepat dalam menentukan target pendaratan bola saat melakukan smash, ini justru bisa menambah skor tim lawan.

Hal ini bisa terjadi jika bola mendarat pada titik out atau di luar garis arena permainan. Atau bahkan kamu bisa mendapat serangan balik dari lawan jika tenaga saat memukul bola kurang kuat.

Kesimpulan

Bagi para pemain profesional, tentu 4 tahapan smash pada permainan bola voli di atas sudah tidak asing lagi. Namun, ini perlu diperhatikan untuk para pemain pemula.

Jika kamu mahir dalam melakukan teknik pukulan smash saat bermain bola voli, ini akan memunculkan peluang besar untuk memenangkan permainan voli.

Sebagai tips tambahan, kamu juga perlu mahir dalam membaca situasi yang tepat untuk melakukan pukulan smash. Selain itu, pastikan juga kamu telah menargetkan titik pendaratan yang tepat.

Terakhir, perbanyaklah latihan smash bola voli agar kamu lebih akrab dengan sarana dan prasarana permainan bola voli.

Sekiranya, itulah beberapa tips melakukan smash bola voli lengkap dengan tahapan smash pada permainan bola voli yang harus kamu perhatikan. Semoga bermanfaat!

Featured image source: Pexels

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?