Skip to content

Sarana dan Prasarana Bola Voli

Permainan bola voli selalu menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak diminati masyarakat. Jika kamu baru ingin menggeluti olahraga ini, kamu perlu mengetahui sarana dan prasarana bola voli terlebih dahulu.

Seperti jenis olahraga lainnya, permainan bola voli juga kerap memiliki sarana dan prasarana untuk menunjang keberlangsungan permainan.

Mengenal Sarana dan Prasarana Bola Voli

Sarana dan Prasarana Bola Voli
(Pexels)

Sebelum masuk ke pembahasan inti, kamu perlu mengetahui pengertian sarana dan prasarana.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat untuk mencapai makna dan tujuan.

Dalam bidang olahraga sendiri, sarana bisa berupa bola, raket, net, gawang, dan masih banyak lagi. Sarana juga dapat diartikan sebagai fasilitas yang dapat dipindahkan.

Sedangkan pengertian prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008).

Berbeda halnya dengan sarana, prasarana memiliki sifat permanen atau tidak bisa dipindah-pindah kan. Contohnya seperti lapangan, gedung olahraga, stadion dan sebagainya.

Permainan bola voli membutuhkan sarana dan prasana yang harus dipenuhi dengan baik. Lantas, apa saja sarana dan prasarana bola voli? Berikut ini penjelasan lengkapnya!

Beragam Sarana dan Prasarana Bola Voli

(Pexels)

Berikut ini adalah macam-macam sarana dan prasarana bola voli yang harus kamu ketahui:

1. Lapangan Bola Voli

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, lapangan bola voli merupakan prasarana utama yang harus ada saat bermain olahraga ini.

Tanpa adanya lapangan bola voli, tentunya para pemain tidak bisa bermain voli dengan bebas. Untuk ukuran lapangan bola voli sendiri, bebentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut: 

  1. Panjang lapangan: 18 m.
  2. Lebar lapangan: 9 m.
  3. Garis serang belakang: 3 m.

2. Net/Jaring

Sarana dan Prasarana Bola Voli
(Pexels)

Setelah mengetahui prasarana yang dibutuhkan untuk bermain bola voli, kini kita akan membahas sarana yang dibutuhkan dalam permainan bola voli.

Salah satu sarana utama yang dibutuhkan saat bermain voli adalah net atau jaring. Alat yang satu ini berfungsi sebagai pemisah antar dua tim yang bertanding.

Saat permainan berlangsung, net atau jaring diletakan di tengah lapangan antar kedua tim. Nantinya ini akan membantu untuk menentukan kawasan masing-masing pemain.

Net diikatkan pada tiang di sisi kanan dan kirinya. Ketinggian net sendiri dibedakan untuk putra dan putri. Untuk putra, tinggi netnya adalah 2,44 meter dan untuk putri 2,24 meter.

3. Bola Voli

Berbicara tentang sarana bola voli, tentu kita membutuhkan bola voli sebagai sarana utama dalam permainan. Ini merupakan alat yang dimainkan oleh kedua tim.

Nantinya, bola ini dilemparkan oleh satu tim ke tim yang menjadi lawannya. Dalam permainan bola voli, ada spesifikasi bola voli khusus yang telah ditentukan oleh standar nasional.

Adapun spesifikasi bola voli yang harus dipenuhi adalah, keliling bola voli 65-67 cm dengan berat bola harus 260-280 gram. Dengan tekanan angin 0,30-0,325 kg/cm2.

4. Sepatu Khusus Bola Voli

Sarana bola voli yang satu ini memang bukanlah sesuatu yang wajib. Namun, jika kamu dalam ajang kompetisi, sebaiknya gunakan sepatu khusus bola voli untuk menunjang kenyamanan saat bermain.

Sama halnya seperti sepatu futsal, sepatu khusus bola voli juga tentu memiliki spesifikasi tertentu yang bisa membuat kakimu terjaga saat permainan berlangsung.

5. Dekker

(Pexels)

Dekker biasa juga dikenal sebagai alat pelindung sendi. Ini biasanya digunakan oleh para atlet profesional saat bermain bola voli.

Tak hanya dalam permainan bola voli saja, dekker juga kerap digunakan untuk jenis olahraga lainnya seperti basker, badminton, dan masih banyak lagi.

Alat pelindung sendi yang satu ini bertujuan untuk melindungi bagian tubuh tertentu terutama bagian siku dan lutut dari benturan. Sehingga, ini akan membuatmu terjaga saat bermain bola voli.

6. Papan Skor

Dalam permainan bola voli, papan skor juga merupakan sarana yang harus ada selama permainan berlangsung. Sarana ini berfungsi untuk mencatat skor setiap pemain selama pertandingan berlangsung.

Nantinya, petugas akan mencatat poin yang telah dikumpulkan oleh kedua tim yang bertanding. Sehingga dapat menentukan pemenang dari hasil skor yang tercatat di sana.

7. Peralatan P3K

Seperti yang kita ketahui, dalam setiap permainan olahraga tentu peralatan P3K adalah hal yang paling penting, begitu pula dengan permainan bola voli.

Peralatan P3K ini digunakan sebagai langkah antisipatif untuk membantu pemain yang membutuhkan pertolongan.

8. Antena Root

Antena root berfungsi sebagai pembatas bermain, sekaligus sebagai pembatas samping dari area penyebarangan bola. Alat ini umumnya terbuat dari fiber glass yang kuat.

Untuk ukurannya sendiri, antena root memiliki panjang 1,80 meter dan garis tengah antena root pada permainan bola voli adalah 1 cm atau 10 milimeter. Antena dipasang di bagian luar dari setiap pita samping

9. Seragam

(Pexels)

Dalam kompetisi bola voli, tentu seragam merupakan sarana penting yang harus ada dalam sebuah tim. Seragam atau baju tim ini merupakan penanda atau identitas dari tim milikmu.

Seragam yang digunakan dalam permainan bola voli dilengkapi dengan nomor punggung yang berbeda setiap pemainnya.

Dalam satu tim terdapat satu pemain yang memiliki warna baju yang berbeda dari rekan setimnya, pemain ini disebut dengan libero.

10. Kaos kaki

Selain seragam, kaos kaki juga nampaknya penting sebagai sarana utama dalam bermain bola voli. Dengan menggunakan kaos kaki yang pas, tentu kamu bisa lebih nyaman selama permainan berlangsung.

Demikianlah sarana dan prasarana bola voli yang harus kamu ketahui sebelum bermain. Dengan menggunakan sarana dan prasarana lengkap di atas, tentu kamu akan lebih nyaman dan terjaga selama pertandingan berlangsung.

Featured image source: Pexels

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?