5+ Perbedaan Gravel dan Roadbike

perbedaan gravel dan roadbike
(Bicycling Magazine)

Perbedaan Gravel dan Roadbike – Sepeda gravel belakangan sedang menjadi primadona bagi banyak orang. Banyak orang yang memilih gravel bike untuk menemani hobi bersepeda. Sekilas, gravel bike mengingatkan kita pada jenis sepeda lainnya, yaitu road bike. Keduanya memang terlihat mirip dari beberapa hal seperti ukuran tube frame yang lebih kecil dan terdapat drop bar. Namun nyatanya keduanya cukup memiliki banyak perbedaan. Bila kamu sedang mencari sepeda, jangan sampai terkecoh dan pahami terlebih dahulu spesifikasi masing-masing agar tidak salah memilih. Apalagi, sepeda adalah alat olahraga dan transportasi yang diharapkan awet dan bisa digunakan untuk jangka panjang.

Nah, bagi kalian yang awam dengan tipe atau jenis sepeda, tidak perlu khawatir. Artikel berikut akan membahas mengenai apa saja perbedaan gravel dan roadbike, mulai dari model atau desain, fungsinya, hingga komponen sepeda. Tapi sebelum membahas lebih lanjut, yuk simak terlebih dulu penjelasan singkat tentang gavel bike dan roadbike!

Apa Itu Roadbike dan Gravel Bike?

Barangkali jenis sepeda yang paling dikenal dan sering didengar adalah jenis roadbike. Sesuai dengan namanya, sepeda roadbike adalah tipe sepeda yang digunakan untuk berkendara di jalan yang mulus. Tapi, hal ini bukan berarti roadbike memiliki kualitas dan kemampuan yang kalah dengan jenis sepeda lainnya. Ada beberapa keunggulan dari roadbike, seperti desainnya yang ringan, tipis, dan sangat bisa diandalkan untuk bersepeda dengan kecepatan tinggi. Inilah yang membuat roadbike sering juga dikenal sebagai sepeda balap. Jenis sepeda ini memang cocok digunakan untuk berkendara di jalan dengan trek yang panjang dan mulus, namun dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Sementara itu, sepeda gravel adalah jenis sepeda yang dirancang untuk medan yang lebih ekstrim. Sepeda ini bisa digunakan untuk melintasi trek dengan permukaan tidak rata dan bergelombang, seperti berkerikil, berbatu, hingga berlumpur. Gravel bike juga sering dikenal sebagai sepeda touring, tapi tentu tidak bisa disamakan dengan sepeda gunung. Keunggulan sepeda ini adalah daya tahan yang tinggi, kemampuan adaptasi trek yang baik, dan mampu meminimalisir efek benturan. Jadi, pengendara tetap nyaman meski sedang melintasi jalan yang tidak mulus.

Apa Perbedaan Gravel dan Roadbike?

Setelah membahas sekilas tentang masing-masing jenis sepeda, selanjutnya kita akan melihat apa saja perbedaan antara sepeda gravel dan roadbike. Perbedaan kedua jenis sepeda ini terlihat dari fungsi dan tujuan penggunaan, desain atau model, hingga komponen yang menunjang pengendaranya. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Trek atau Lintasan yang Cocok

lintasan sepeda gravel
(Canyon)

Sepeda gravel atau gravel bike cocok digunakan pada berbagai jenis trek, mulai dari jalan raya dengan permukaan rata, hingga ke jalan berbatu di hutan atau gunung. Sepeda ini dirancang agar tetap nyaman digunakan dan dapat meminimalisir benturan pada jalanan. Jadi, bisa menghadapi berbagai medan trek yang sulit tanpa membuat pengendara kesulitan. Sementara itu, roadbike ebih tepat digunakan di jalan yang mulus dengan permukaan rata seperti di jalan raya. Biasanya atlet menggunakan sepeda jenis roadbike dalam pertandingan karena memang lebih cocok digunakan pada lintasan yang lurus, mulus, namun panjang.

2. Fungsi dan Tujuan Penggunaan

contoh road bike
(Bikeetoworkday)

Dilihat dari ketahanannya yang baik di medan yang sulit, sepeda gravel cocok menjadi pilihan untuk sepeda touring. Hal ini karena kemampuan adaptasinya yang baik dan mampu mengatasi berbagai jenis trek. Sedangkan roadbike lebih sensitif terhadap benturan atau permukaan yang kasar dibandingkan sepeda gravel. Jadi, pengendara bisa merasakan ketidaksempurrnaan jalan saat menemukan trek yang tidak rata. Tapi, roadbike memiliki keunggulan lain, yaitu memiliki PSI yang rendah sekitar 90-100 PSI. Ini membuat roadbike dapat melaju sangat kencang dan cepat, tidak heran bila banyak orang menyebutnya sebagai sepeda balap. 

3. Daya Tahan Sepeda Roadbike dan Gravel

sepeda gravel
(Bike World)

Perbedaan gravel dan roadbike berikutnya tentu adalah daya tahan. Hal ini terlihat jelas dari tuujuan penggunaan sepeda dan kemampuan sepeda dalam menghadapi berbagai jenis trek. Sepeda gravel memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan roadbike. Roadbike memiliki PSI yang rendah sekitar 40 PSI dengan ban 30-40 mm. Fungsinya adalah untuuk mempertahankan traksi di medan yang beragam. Selain itu, gravel bike juga bisa dipasang rak atau tas untuk menyimpan barang yang dibawa saat touring. Kalian juga tidak perlu khawatir frame mendapat tekanan atau beban tambahan karena sepeda dirancang kokoh. Meski demikian, sepeda gravel lebih berat dibandingkan roadbike yang memiliki ban hanya dengan ketebalan 23 – 25 mm.

4. Rem

rem sepeda gravel
(LA Zone)

Roadbike dilengkapi dengan rem brakes karena memiliki berat yang lebih ringan. Tapi, saat ini juga cukup banyak roadbike yang menggunakan rem cakram. Sekali lagi, komponen pada roadbike memang dirancang untuk menunjang kecepatan, jadi tidak heran bila pilihan rem pada jenis sepeda ini adalah jenis brakes. Di sisi lain, sepeda gravel dilengkapi dengan rem cakram yang memiliki tenaga rem besar. Hal ini mengingat gravel bike sering digunakan di trek yang sulit dan membutuhkan grip yang kencang, terutama untuk menghadapi kondisi medan yang basah, becek, atau berlumpur.

5. Geometri

perbedaan gravel dan roadbike
(Cycling Tips)

Geometri sepeda adalah hitungan teknis untuk ukuran antar bagian dari frame sepeda. Geometri roadbike dan gravel bike tentu didesain untuk mendukung fungsi sepeda dan kesesuaian dengan trek. Sepeda gravel memiliki geometri yang lebih rileks dan nyaman. Sumbu rodanya panjang agar pesepeda tetap stabil saat berada di permukaan trek yang bergelombang. Posisi head tube juga cenderung lebih tinggi sehingga pesepeda lebih nyaman. Roadbike yang digunakan sebagai sepeda balap memiliki geometri yang lebih rendah untuk meningkatkan aerodinamika. 

6. Desain dan Tampilan Fisik Sepeda

desain sepeda roadbike dan gravel
(Bicycling magazine)

Sepeda roadbike dirancang untuk memaksimalkan kecepatan sehingga memiliki desain yang lebih slack. Sementara itu, gravel bike memiliki bentuk desain yang lebih tegak. Desain yang berbeda ini bertujuan untuk membuat pengendara roadbike lebih menunduk sehingga mendukung aerodinamika dan mengurangi hambatan angin. Jadi, sepeda bisa melaku lebih kencang.

Kesimpulan Perbedaan Gravel dan Roadbike

Nah, itu dia beberapa perbedaan gravel dan roadbike. Masing-masing jenis sepeda ini memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Jadi, kalian tidak perlu bingung dan cukup memilih jenis sepeda yang sesuai dengan kebutuhan karena baik gravel bike maupun roadbike telah dirancang untuk memenuhi tujuan penggunaan sepeda. Bila ingin bersepeda di lingkungan yang ekstrim dan tidak rapi, maka sepeda gravel lebih cocok. Sementara bila kalian membutuhkan sepeda yang ringan dan bisa dibawa untuk melaju kencang, maka pilihan terbaik adalah jenis roadbike. Semoga artikel ini membantu kalian dalam memahami perbedaan gravel dan roadbike, ya!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?