Pemain Basket Tertinggi di Dunia, Masuk Rekor Dunia!

Peraturan dalam Bola Basket yang Wajib Dipatuhi!

Pemain basket tertinggi di dunia – Permainan bola basket saat ini menjadi salah satu cabang olahraga yang populer dan banyak peminatnya. Selain dikenal sebagai olahraga tim yang berasal dari negara Barat, basket juga identik dengan pemain yang bertubuh tinggi jangkung. Pemain dengan tubuh tinggi bisa dikatakan sangat diuntungkan dalam permainan basket. Hal ini karena mereka dapat melakukan beberapa teknik basket dengan lebih mudah, seperti melakukan shooting bola ke gawang lawan, dapat melompat dengan saat tinggi saat melakukan jump shoot, serta bola tidak mudah direbut saat melakukan passing

Berbicara tentang pemain basket bertubuh tinggi, di dunia basket ada beberapa nama pemain yang populer dengan tubuh jangkungnya. Bahkan, beberapa di antaranya juga dicatat sebagai rekor pemain basket tertinggi. Kira-kira siapa saja pemain basket tertinggi di dunia dan dari mana asalnya? Mari simak selengkapnya di bawah!

1. Suleiman Ali Nashnush (245 cm)

Bila menyebutkan pemain basket tertinggi di dunia, nama Suleiman Ali Nashnush tentu tidak boleh terlewatka. Hingga saat ini, ia masih menyandang gelar sebagai pemain tertinggi dengan tubuh mencapai 245 cm. Tubuh yang jangkung ini mungkin sebenarnya masuk sebagai kategori gigantisme, kondisi dimana seseorang memiliki hormon pertumbuhan melebihi batas normal. Hingga saat ini, belum ada pemain lain yang menggeser rekor tubuh tinggi Suleiman Ali Nashnush.

2. Alexander Sizonenko (238 cm)

Pemain basket Alexander Sizonenko adalah atlet yang berasal dari Soviet. Ia lahir di kota Zaporizhia, SSR Ukraina. Dengan tinggi mencapai 2238 cm, Alexander Sizonenko pernah massuk dalam daftar Guinness World Records dan menyandang gelar sebagai orang tertinggi di dunia pada tahun 1991.

3. Sun Mingming (236 cm)

Sun Ming Ming
(Sportsvirsa)

Sun Mingming, pemain asal Tiongkok ini memiliki tinggi hingga 238 cm. Ketika bermain, pemain lawan seringkali sulit menghadapinya. 

4. Ri Myung Hun (234 cm)

Pemain basket tertinggi di dunia yang berikutnya berasal dari Korea Utara, ia bernama Ri Myung Hun. Ia pernah bermain dalam tim National Basketball Association (NBA) pada 1990-an. Tingginya yang mencapai 234 cm membuat namanya tercatat sebagai salah satu manusia tertinggi di dunia. Hal ini tidak mengherankan mengingat tingginya yang mencapai hampir 2 kali lipat tinggi orang biasa.

5. Yasutaka Okayama (233 cm)

Pebasket yang berasal dari Jepang ini terdaftar dalam Asosiasi Bola Basket Nasional. Atlet basket dengan tinggi 233 cm ini menekuni olahraga judo. Bahkan, ia telah memperoleh sabuk hitam tingkat kedua ketika masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Prestasinya di olahraga basket juga tentu tidak kalah luar biasa. Terlebih dengan tubuh yang tinggi, Yasutaka Okayama bisa dikatakan menjadi aset bagi tim tempat ia bermain.

6. Gheorghe Muresan (231 cm)

(Sportstars.id)

Gheorghe Muresan adalah pemain basket tertinggi di dunia yang memiliki kewarganegaraan Romania dan Amerika Serikat (AS). Sebagai pemain NBA, Gheorghe Muresan memiliki keterampilan basket yang luar biasa. Sepanjang karirnya, ia pernah bergabung dalam tim bergengsi yaitu  Washington Wizards dan New Jersey Nets. Salah satu prestasinya yang membanggakan adalah pernah memperoleh  Penghargaan Pemain Terbaik NBA 1996. Saat bermain di Washington Bullets, ia memiliki memiliki rata-rata 14,5 poin, 9,6 rebound, dan 2,3 blok per game.

7. Manute Bol (231 cm)

Nama Manute Bol rasanya tidak asing lagi di telinga pada penggemar basket. Ia adalah salah satu pemain NBA yang pernah bermain di beberapa tim legendaris seperti Washington Bullets, Golden State Warriors, Philadelphia 76ers dan Miami Heat. Pebasket yang berasal dari Sudan ini meiliki tinggi sekitar 231 cm dan telah memiliki perjalanan karir cukup panjang di olahraga basket. 

8. Slavko Vranes (229 cm)

Slavko Vranes
(Alchetron)

Slavko Vranes adalah pebasket yang berasal dari Montenegro, Eropa Tenggara. Ia pantas masuk dalam daftar pemain basket tertinggi dengan tubuh jangkungnya yang berkisar 229 cm. Saat bermain di lapangan, ia terlihat sangat mencolok dibandingkan pemain lainnya. Selama perjalanan karirnya, Slavko Vranes pernah menjuarai Piala Eropa dan tiga Piala Serbia.

9. Shawn Bradley (229 cm)

Pebasket yang masuk dalam daftar tubuh tertinggi ini memiliki dua kewarganegaraan. Shawn Bradley lahir dan besar di Jerrman, namun mengembangkan sayapnya di dunia basket saat berada di Amerika Serikat. Dengan tinggi 229 cm, ia tidak jauh berbeda dengan pemain basket tinggi Yao Ming yang berasal dari Cina. Shawn Bradley juga memiliki pengalaman yang tidak kalah mengagumkan di dunia basket. Ia telah bermain dengan tim Philadelphia 76ers, New Jersey Nets, dan Dallas Mavericks yang dikenal sebagai tim bergengsi pada zamannya.

10. Yao Ming (229 cm)

Pola Penyerangan dalam Permainan Bola Basket
(Youtube)

Pemain basket tertinggi di dunia yang berikutnya berasal dari negeri Cina. Yao Ming adalah pebasket dari Shanghai yang juga cukup berprestasi. Ia pernah terpilih masuk tim All-Star hingga delapan kali.  Dengan postur tubuh hingga 229 cm, Yao Ming memiliki  rata-rata 19,0 PTS, 9,2 REB, dan 1,9 BLK per game selama delapan musim.

Keterampilan dan bakatnya yang luar biasa menjadikan Yaao Ming sebagai pemain yang diandalkan dalam tim. Namun sayangnya ia harus mengakhiri karirnya di dunia basket akibat cidera kaki yang ia miliki.

Kesimpulan: Pemain Basket Tertinggi di Dunia

Nah, itu dia beberapa nama pemain bola basket tertinggi di dunia. Mereka berasal dari negara yang berbeda-beda dan menempati posisi pemain yang berbeda pula dalam tim. Namun dari segi skill dan kemampuan bermain, tentu tidak perlu diragukan lagi karena sebagian besar telah bermain di laga pertandingan bergengsi. Bahkan, banyak pula pemain yang telah bermain di klub ternama dan menjadi pemain profesional NBA. Tubuh tinggi memang anugerah bagi pemain basket, tapi tentu kemampuan yang dimiliki juga hasil dari kerja keras dan usaha selama latihan, ya.

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?