Pelanggaran Permainan Bola Voli

pelanggaran permainan bola voli

Pelanggaran dalam permainan bola voli sangat penting untuk diketahui oleh pemain agar dapat menghindari kesalahan selama pertandingan. Tapi, masih cukup banyak orang yang belum mengenal berbagai jenis pelanggaran dalam voli. Padahal, hal tersebut perlu diperhatikan agar permainan berjalan lebih baik dan menarik. Tentunya, kesalahan sepele yang menimbulkan pelanggaran akan merugikan tim.

 

Pelanggaran yang dimaksud tidak hanya sekedar berupa kesalahan saat servis saja, lho. Nah, kira-kira apa saja pelanggaran permainan bola voli tersebut? Baca dan simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Pelanggaran Servis

servis bola voli

Pelanggaran servis adalah jenis pelanggaran dalam permanan bola voli yang paling sering terjadi. Atlet pemula atau pemain baru juga sering melakukan kesalahan servis. Servis memang awal permainan bola voli yang penting dan sering terkesan mudah. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak melakukan pelanggaran.

 

Umumnya, pelanggaran yang sering terjadi saat servis yaitu sebagai berikut.

  • Pemain tidak memukul bola dengan tangan
  • Bola yang diservis pemain keluar lapangan pertandingan
  • Bola servis gagal melewati net, misalnya melewati sisi batas net, atau menyentuh net
  • Pemain tidak memukul bola menggunakan tangan
  • Pemain tidak melambungkan bola sebelum memukul
  • Kaki pemain menginjak garis atau posisi kaki pemain terangkat
  • Pemain melakukan servis di luar gilirannya

Pelanggaran Netting

pertandingan bola voli

Kalian tentu sudah bisa menebak jenis pelanggaran bola voli satu ini. Sesuai namanya, pelanggaran netting berkaitan dengan kesalahan pemain yang berkaitan dengan net. Hal ini bisa dilakukan sengaja maupun tidak disengaja. Beberapa contoh pelanggaran netting yaitu:

  • Pemain menyentuh net saat bermain, baik disengaja maupun tidak
  • Sebelum lawan selesai melakukan serangan, pemain mengulurkan tangan melewati net
  • Pemain melewati batas net saat bermain dan mengganggu pemain lawan. Misalnya mengganggu fokus lawan dengan cara menarik baju dan sebagainya.
  • Kaki pemain melewati batas garis tengah selama permainan atau saat bola masih hidup

Posisi Pemain Tidak Sesuai

posisi tim voli

Pelanggaran ini biasanya berkaitan dengan pelanggaran saat servis. Pemain harus menyadari posisinya di lapangan saat bermain dan tidak selalu terpaku pada bola. Hal ini karena kesalahan posisi seringkali disebabkan pemain yang hanya memusatkan perhatian pada bola.

 

Beberapa pelanggaran yang masuk kategori ini antara lain:

  • Pemain menginjak daerah untuk melakukan servis sebelum bola dipukul ke arah lawan
  • Pemain berada di luar posisi seharusnya ketika melakukan servis
  • Pemain pengganti menempati posisi yang berbeda dari sebelumnya. Seharusnya, pemain pengganti masuk ke posisi yang sama ketika permainan berlangsung.

Pelanggaran Tingkah Laku

Meskipun sepele, tapi kenyataannya jenis pelanggaran permainan bola voli terkadang juga masih saja dilakukan. Padahal, pelanggaran ini lebih berkaitan dengan sikap dan sopan santun dibandingkan teknis permainan. 

 

Contoh pelanggaran tingkah laku dalam permainan bola voli yaitu:

  • Pemain, pelatih, atau manager tim mengucapkan perkataan kasar, kotor, atau kurang sopan
  • Pihak tim seperti pelatih, suporter, manager, mauupun pemain pengganti mengganggu konsentrasi lawan dengan tindakan tertentu, seperti berteriak, menghentakkan kaki dengan kencang, dan sebagainya.
  • Pihak tiim masuk ke arena pertandingan saat permainan berlangsung

Pelanggaran Selama Permainan Bola Voli

Jenis pelanggaran ini adalah kesalahan yang dilakukan ketika pemain masih dalam pertandingan. Bisa dikatakan, pelanggaran selama permainan termasuk sebagai pelanggaran umum. Bila kalian hobi bermain voli atau serius berlatih voli, kalian perlu menghindari kesalahan berikut.

  • Pemain memukul bola dua kali berturut-turut tanpa adanya jeda kontak dari lawan
  • Pemain pengganti langsung masuk ke arena permainan tanpa melapr ke wasit sebelumnya
  • Menghentikan bola saat terjadi kontak. Hal ini tidak diperbolehkan ketika permainan berlangsung
  • Pemain sengaja memukul bola keluar lapangan
  • Seorang pemain memukul bola voli dua kali berturut-turut. Biasanya, jenis pukulan ini dikenal dengan double atau pukulan tidak sempurna

Pelanggaran Dua Kali Time Out

Time out adalah meminta waktu tambahan kepada wasit untuk menghentikan permainan sesaat. Hal ini biasa dilakukan terutama ketika salah satu tim ingin mengatur ulang strategi bermain dan berdiskusi terlebih dahulu. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan permintaan time out. Tapi, permintaan time out dapat menimbulkan pelanggaran bila diajukan sebanyak 2 kali.

 

Setiap tim hanya memiliki kesempatan untuk mengajukan time out sebanyak satu kali. Jadi, ketika tim meminta time out untuk kedua kalinya, maka otomatis akan dianggap sebagai pelangggaran. Jadi, kesempatan time out ini memang perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh tim.

Kesimpulan Pelanggaran Pemainan Bola Voli

pelanggaran permainan bola voli

Nah, itu dia beberapa jenis pelanggaran permainan bola voli yang perlu kalian ketahui. Sebagai anggota tim, tentunya perlu memahami kesalahan dan jenis pelanggaran yang mungkin saja terjadi. Tujuannya agar dapat menghindari kesalahan tersebut saat bermain dan tidak merugikan tim.

 

Selain menguasai teknik bermain bola voli, memahami aturan dan jenis pelanggarannya juga sangat penting. Jadi, seorang pemain tidak hanya menguasai skill bermain saja, tapi juga dapat menuruti aturan sehingga mendukung kelancaran permainan. Semoga artikel ini membantu, ya!

Featured image source: iStock

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?