5 Pelanggaran dalam Futsal yang Harus Dihindari

Setiap cabang olahraga tentu memiliki beberapa peraturan dan larangan yang harus kita patuhi, begitupun dalam permainan futsal. Ada beragam jenis pelanggaran dalam futsal yang harus kamu hindari selama berlangsungnya permainan.

 

 

Sama halnya pada permainan basket, voli, dan olahraga lainnya. Ada beragam kategori pelanggaran yang berlaku dalam permainan futsal. Pelanggaran ini dibuat agar permainan dapat berjalan dengan mulus tanpa ada kecurangan di lapangan.

 

 

Nantinya, setiap pemain futsal yang melanggar aturan dalam permainan ini akan mendapatkan sanksi. Mulai dari tendangan bebas langsung, tendangan bebas tidak langsung, tendangan penalti, diberi peringatan, hingga dikeluarkan dari lapangan.

 

 

Apa saja jenis pelanggaran dalam futsal yang berlaku? Berikut ini 5 jenis pelanggaran yang tak boleh kamu lakukan saat bermain futsal.

5 Pelanggaran dalam Futsal

Secara umum, ada 5 jenis pelanggaran dalam futsal yang masih berlaku di lapangan. Beberapa di antaranya adalah bertindak secara kasar di area fisik, seperti memukul, mendorong, ataupun menendang pemain dari tim lawan.

Selain itu, ada juga pelanggaran seperti menggunakan tangan disengaja ataupun tidak ketika berusaha mengontrol bola, dan masih banyak lagi. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak poin-poin di bawah ini:

1. Pelanggaran Kiper

Sebagai kiper, tentu kamu memiliki tanggung jawab penuh untuk menjaga gawang dan menghindari tendangan gol dari tim lawan. Meski terdengar simpel, menjadi seorang kiper juga tidaklah mudah.

Ada pelanggaran dalam futsal yang dibuat khusus untuk penjaga kiper yang harus kamu hindari. Biasanya, bentuk pelanggaran kiper ini berkaitan dengan penggunaan tangan dan cara mengoper bola di lapangan.

Beberapa pelanggaran futsal yang berlaku untuk kiper tersebut adalah sebagai berikut:

  • Penjaga gawang atau kiper tidak diperbolehkan memegang atau mengontrol bola menggunakan tangan pada saat backpass. Pasalnya, backpass merupakan pengembalian bola oleh pemain dengan sengaja diberikan ke arah belakang kepada penjaga gawang.
  • Dilarang menyentuh dan mengontrol bola dengan tangan saat menerima bola secara langsung dari pemain satu tim pada saat dilakukan tendangan ke dalam.
  • Kiper atau penjaga gawang dilarang menguasai atau bahkan menahan bola menggunakan tangan maupun kaki pada kiper lebih dari 4 detik.
  • Setelah kiper mengoper bola dari tangannya dan belum ke arah melewati garis di tengah lapangan atau belum dimainkan pemain dari tim lawan. Kiper dilarang menerima bola kembali dari rekan satu tim menggunakan tangan atau kaki.

2. Pelanggaran Pemain

Selain menguasai teknik shooting futsal yang baik dan benar, ada beberapa situasi dan kondisi yang harus dipahami oleh para pemain futsal. Hal ini bertujuan untuk menghindari pelanggaran dalam futsal yang sering tidak disadari.

Oleh karena itu, setiap pemain futsal harus mengetahui beberapa kondisi yang mungkin merupakan sebuah pelanggaran dalam futsal. Jika tidak, kamu bisa saja mendapatkan sanksi dari wasit untuk memberikan tendangan bebas tidak langsung kepada tim lawan.

Berikut ini hal yang tidak boleh dilakukan pemain futsal di lapangan:

  • Setiap pemain tidak boleh menggunakan cara kasar untuk membahayakan pemain lainnya.
  • Setiap pemain tidak boleh mengganggu  pergerakan dari pemain tim lawan dengan cara di sengaja dan ugal-ugalan.
  • Pemain futsal tidak boleh mengganggu penjaga gawang melepaskan bola dari tangannya.

3. Tendangan Penalti

Tendangan penalti adalah metode menendang dalam pertandingan sepak bola atau futsal yang dilakukan dari titik penalti berjarak 11 meter menuju gawang. Ini biasanya diberikan sebagai sanksi dari pelanggaran pemain.

Jika kamu melakukan berbagai pelanggaran dalam futsal di atas. Wasit mungkin saja akan memberikanmu sanksi dengan mengizinkan lawan untuk melakukan tendangan bebas ke gawangmu.

Ini juga berlaku jika pemain melakukan kesalahan di area dalam pinalti. Untuk pelanggaran dan kesalahan hampir serupa dengan tendangan langsung maupun tidak langsung.

Sanksi tendangan penalti ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Melainkan ada beberapa ketentuan yang berlaku pada permainan futsal. Wasit pun juga terlibat dan memberi keputusan jika penalti itu terjadi.

4. Tendangan Bebas Tidak Langsung

Ada dua jenis tendangan bebas yang berlaku untuk mengatur pelanggaran dalam futsal. Di antaranya, tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung.

Tendangan bebas tidak langsung diberikan pada saat tim lawan melakukan kesalahan tertentu, baik dari kiper maupun pemain. Adapun untuk sanksi yang akan diberikan adalah sebagai berikut ini:

  • Melakukan tindakan menendang atau memukul pemain dari pihak lawan secara berlebihan dengan sekuat tenaga. Hal ini tergolong dalam pelanggaran keras dan dikenakan yang berlaku
  • Pemain secara langsung menggunakan tangan disengaja ataupun tidak ketika berusaha mengontrol bola
  • Untuk kiper dalam mengontrol bola memakai kaki atau tangan harus memakan waktu sekitar empat detik tidak lebih.

5. Tendangan Bebas Langsung

Sementara untuk tendangan bebas langsung, berarti pemain bisa menendang bola ke gawang dan mencetak gol secara langsung dari free kick tersebut. 

Tendangan bebas langsung ini biasanya merupakan bentuk sanksi dari wasit untuk para pemain yang telah melanggar aturan selama permainan berlangsung. 

Nantinya, wasit akan memberikan izin kepada tim lawan untuk melakukan tendangan bebas langsung ke gawang tim yang melakukan pelanggaran dalam futsal.

Sama halnya seperti tendangan bebas secara tidak langsung. Sanksi ini tentunya juga dilakukan berdasarkan dengan ketentuan mengenai posisi tendangan bebas.

Adapun pelanggaran dalam futsal yang nantinya bisa terkena sanksi tendangan bebas langsung di antaranya:

  • Mendorong secara sengaja kepada pemain dari tim lawan.
  • Pemain sengaja memegang bola untuk tujuan apapun. Poin ini tidak berlaku untuk penjaga gawang di daerah pinaltinya sendiri.
  • Bertindak secara fisik yang mampu membahayakan pemain lainnya. Seperti memukul, menendang, maupun mendorong pemain dari tim lawan.
  • Mencoba menahan, memegang, dan menarik sehingga mengganggu pemain dari tim lawan.

Itulah beberapa pelanggaran dalam futsal yang perlu kamu ketahui agar terhindar dari sanksi dalam futsal yang berlaku. Semoga bermanfaat!

Featured image source: Pexels

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?