5 Latihan Fisik Futsal Untuk Meningkatkan Performa

Latihan fisik futsal sangat penting dikuasai untuk setiap pemain. Sama halnya dengan jenis olahraga lainnya, ada berbagai latihan fisik futsal khusus yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan performa dan daya tahan tubuh.

 

Selain membutuhkan kerjasama antar pemain yang baik, kamu juga perlu melatih kekuatan kaki dan tubuh untuk menjadi pemain futsal profesional. Seperti yang kita ketahui, olahraga yang satu ini memang sangat menguras stamina tubuh. 

 

Berbagai aktivitas dalam permainan futsal seperti berlari, menendang, dan sebagainya tentu akan sangat melelahkan, bukan? Tak heran jika kamu sering merasa mudah lelah saat bermain futsal. 

 

Saat tubuh merasa lelah, kekuatan untuk berlari dan menendangpun juga akan semakin lemah. Tentunya ini akan berdampak pada performamu selama permainan berlangsung. Oleh karenanya, kamu perlu melakukan latihan fisik futsal khusus secara rutin.

Pentingnya Latihan Fisik Futsal

latihan fisik futsal
(Pexels)

Tujuan utama dari latihan fisik futsal adalah melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh. Tak hanya itu saja, masih banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari latihan fisik futsal, di antaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah.
  • Meningkatkan kekuatan otot kaki dan tubuh.
  • Melatih kelincahan dan keseimbangan tubuh.
  • Membuat postur tubuh lebih ideal dan profesional.

 

Itulah beberapa manfaat dari latihan fisik futsal yang perlu kamu ketahui. Lantas, apa saja latihan fisik futsal yang harus kamu terapkan? Simak di sini!

5 Latihan Fisik Futsal yang Paling Efektif

latihan fisik futsal
(Pexels)

Sebenarnya, latihan fisik futsal hampir sama dengan jenis latihan fisik yang biasa diterapkan untuk jenis olahraga lainnya. Namun, dalam olahraga futsal kamu perlu memfokuskan kekuatan pada bagian kaki.

 

Karenanya, latihan fisik futsal khusus bisa kamu lakukan agar lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan performa saat pertandingan. Tentunya ada banyak jenis-jenis latihan fisik yang bisa kamu lakukan, terlebih lagi jika kamu masih baru menggeluti permainan futsal.

 

Berikut ini latihan fisik yang dapat kamu lakukan sebagai cara bermain futsal agar tidak mudah lelah.

1. Latihan Kecepatan

Latihan fisik futsal pertama yang harus kamu lakukan adalah melatih kecepatan. Olahraga futsal identik dengan ukuran lapangan yang lebih kecil dibandingkan lapangan sepakbola. Karenanya, kamu perlu bergerak cepat selama permainan berlangsung.

 

Salah satu latihan kecepatan yang bisa kamu asah adalah lari sprint. Latihan ini bertujuan agar kamu tidak mudah merasa lelah ketika harus bergerak dengan cepat di lapangan. Selain itu, lari sprint akan membuatmu terbiasa berlari dengan cepat.

 

Cara melakukannya, kamu hanya perlu mencari jogging track atau area berlari dengan jarak kurang lebih 30 meter dengan lintasan lurus dan tidak berbelok-belok. Kemudian mulailah untuk berlari bolak-balik dengan kecepatan penuh. 

 

Selama latihan ini, cobalah untuk selalu mencatat waktu ketika kamu berlari. Gunanya untuk mengetahui berapa waktu yang diperlukan saat berlari untuk menempuh jarak yang sama. Kemudian, kamu bisa meningkatkan kecepatan berlarimu seiring berjalannya waktu.

 

Perhitungan waktu ini juga bisa kamu gunakan sebagai acuan ketika kamu berlatih sprint secara rutin. Lakukan latihan ini secara rutin sebanyak tujuh kali atau 14 kali bolak-balik. Berikan jeda kurang lebih 25 detik sebelum berlari menuju ke arah sebaliknya.

 

Selain lari sprint, kamu juga bisa melakukan berlari zig-zag melewati rintangan sambil menggiring bola. Latihan yang satu ini sangat umum dilakukan oleh para pemain futsal, baik itu pemula maupun profesional. Ini bertujuan untuk mlatih kelincahanmu saat menggiring bola.

2. Latihan Kardio

latihan fisik futsal
(Pexels)

Mungkin sebagian dari kamu berpikir bahwa kardio hanya cocok digunakan untuk tujuan membakar lemak saja. Namun faktanya, olahraga kardio juga sangat efektif untuk digunakan sebagai latihan fisik futsal.

 

Kardio mampu menjaga kekuatan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu, ini akan membantumu untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah. Selain itu, kardio juga bisa meningkatkan kekuatan otot.

 

Karenanya, latihan kardio juga sangat penting kamu tanamkan untuk latihan fisik futsal. Adapun beberapa jenis olahraga kardio yang bisa kamu lakukan di antaranya seperti jogging, marathon, berenang, bersepeda, dan sebagainya.

 

Lakukanlah kardio secara rutin setidaknya seminggu sekali. Jika kamu sudah terbiasa, cobalah untuk meningkatkan intensitas olahraga ini agar kamu bisa lebih terlatih. Kamu juga bisa menambah kecepatan dalam latihan ini seiring berjalannya waktu.

3. Latihan Kekuatan

Setelah latihan kekuatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, tentunya kamu juga harus melakukan latihan kekuatan. Salah satu latihan fisik futsal untuk meningkatkan kekuatan yang bisa kamu lakukan adalah wall sit. 

 

Untuk sebagian orang yang sudah terbiasa berolahraga, tentunya jenis latihan ini sudah terdengar tidak asing lagi. Pasalnya, wall sit merupakan latihan yang bertujuan untuk memperkuat otot paha maupun kaki.

 

Cara melakukannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menyandarkan tubuhmu ke dinding. Kemudian, buka kaki selebar bahu, lalu tekuk lututmu seolah-olah kamu duduk di kursi. Jarak antara kaki dan betis kurang lebih 30 cm dari dinding.

 

Setelah itu, kamu hanya perlu menahan posisi tersebut untuk beberapa waktu. Mulailah dengan waktu singkat sekitar 10 sampai 15 detik. Jika sudah terbiasa, kamu bisa meningkatkan waktu yang lebih lama sekitar 30 sampai 60 detik. 

 

Selanjutnya, angkat tubuhmu dan turunkan lagi secara berulang-ulang. Pastikan lutut membentuk sudut 90 derajat dan tahan posisi tersebut sekitar satu menit sebelum berdiri kembali. Dengan melakukan latihan wall sit secara rutin, kamu dapat berlari kesana kemari dalam durasi yang lebih lama.

4. Latihan Interval

latihan fisik futsal
(Pexels)

Latihan interval memang merupakan jenis aktivitas yang perlu diterapkan sebagai latihan dasar semua jenis olahraga. Latihan ini dipercaya sebagai teknik dasar yang paling efektif untuk meningkatkan kekuatan tubuh.

 

Secara garis besar, latihan interval merupakan jenis olahraga yang menggabungkan beberapa latihan pendek dengan intensitas tinggi dan dilakukan secara berulang-ulang. Nantinya, ini akan melatih tubuh dalam menyesuaikan aktivitas fisik yang berubah-ubah.

 

Cara melakukan latihan interval juga terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan olahraga yang memiliki intensitas tinggi selama beberapa menit. Kemudian kamu bisa melanjutkannya ke olahraga berintensitas rendah.

 

Perlu diingat, sebelum melakukan latihan interval kamu perlu melakukan pemanasan singkat terlebih dahulu. Jika tidak, ini justru bisa beresiko besar untukmu seperti halnya cedera. Lakukanlah pemanasan singkat selama 15 menit.

 

Kamu bisa melakukannya dengan lari di tempat atau sekedar jogging. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih salah satu aktivitas dengan kecepatan atau intensitas tinggi sekitar tiga menit.

5. Mulai Gaya Hidup Sehat

Mungkin hal ini terdengar sangat umum, namun gaya hidup yang sehat juga sangat mempengaruhi performamu selama pertandingan futsal. Tak heran jika banyak atlet profesional yang menerapkan gaya hidup sehat.

 

Gaya hidup sehat di sini tak hanya sekedar rutin berolahraga saja. Melainkan kamu juga harus memulai makan makanan yang sehat. Makanan yang sehat bisa membantumu untuk meningkatkan performa dan daya tahan tubuh.

Selain itu, kamu juga perlu menjauhi rokok dan alkohol untuk bisa menjadi pemain profesional. Sebab, dua hal tersebut bisa sangta berdampak buruk bagi kesehatan tubuhmu.

 

Seperti yang kita ketahui, rokok sangat berpengaruh buruh bagi kesehatan paru-paru. Menurut penelitian, seorang perokok aktif cenderung lebih mudah lelah dalam beraktivitas. Tentunya ini akan mempengaruhi kinerjamu selama pertandingan.

 

Untuk memulai gaya hidup sehat, kamu bisa memulai dengan mengontrol berat badan, jangan sampai berat badanmu berlebih. Usahakan untuk tidak merokok supaya staminamu tetap bagus.

Demikianlah beragam latihan fisik futsal khusus yang bisa kamu coba untuk meningkatkan performa dan daya tahan tubuh. Semoga bermanfaat!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?