6 Latihan Dasar Kiper Futsal dan Cara Menguasainya

tips bermain futsal agar tidak cepat lelah

Sebagai seorang kiper, kamu harus bertanggung jawab penuh atas serangan tim lawan ke gawang milikmu. Karenanya, ada latihan dasar kiper futsal yang perlu kamu ketahui agar gawang milikmu bisa aman dari tembakan lawan. Meski sama-sama pemain futsal, peranan kiper dalam permainan futsal sangat berbeda dari para pemain futsal biasa. Biasanya kiper memiliki beberapa peranan maupun pelanggaran dalam futsal khusus yang harus dihindari.

Latihan Dasar Kiper Futsal

Setiap jenis cabang olahraga tentu memiliki cara latihan khusus untuk bisa menguasai permainan di lapangan. Begitupun dengan latihan dasar kiper futsal. Pasalnya, latihan ini dilakukan untuk melatih ketangkasan kiper dalam menjaga gawang.

Meski sering dianggap remeh karena tidak bermain aktif seperti pemain futsal lainnya. Namun peranan kiper atau penjaga gawang merupakan salah satu aset terpenting dalam kejuaraan tim.

Jika kiper atau penjaga gawang tidak menguasai tekniknya atau bahkan tidak melatih kelincahan dalam menangkap bola, tentu akan menjadi ancaman besar bagi tim kamu.

Tak hanya harus menguasai teknik menangkap dan melempar bola saja. Seorang kiper juga perlu mengetahui cara menjatuhkan diri dengan benar. Hal ini bertujuan agar kiper tidak mengalami cedera atau luka saat menanggapi serangan bola dari tim lawan.

Karenanya, untuk menjadi seorang penjaga gawang yang baik dan benar kamu perlu melakukan beberapa latihan dasar kiper futsal berikut ini:

1. Melatih Kelincahan

Salah satu bobot utama yang harus dimiliki oleh seorang kiper adalah kelincahan dan ketangkasan dalam menangkap bola. Memiliki refleks yang cepat adalah salah satu tips penting yang harus dimiliki seorang kiper futsal.

Untuk bisa menjadi seorang kiper atau penjaga gawang futsal yang lincah, ada beberapa latihan dasar khusus yang perlu kamu lakukan secara rutin, di antaranya:

Pertama, kamu bisa meminta dua temanmu untuk bergantian menembak bola ke gawang. Salah satu penembak akan menendang bola dari area setengah lingkaran luar kotak penalti dan penembak lainnya akan menendang bola dari titik penalti.

Latihan selanjutnya bisa kamu lakukan dengan meminta salah satu temanmu untuk menendang bola dengan teknik half-volley menuju pemain lainnya. Salah satu pemain harus menggunakan tangannya untuk menangkis bola tersebut.

Dalam latihan ini kamu perlu bereaksi secepat mungkin terhadap perubahan arah bola yang dimainkan dua pemain tersebut agar tidak kebobolan. Lakukan teknik latihan ini untuk 3-5 set pengulangan, dengan setiap set sebanyak enam kali tembakan.

2. Menguasai Semua Sudut Gawang

latihan dasar kiper futsal

Selain melatih kelincahan dan ketangkasan, selanjutnya kamu perlu menguasai semua sudut gawang. Seperti yang kita ketahui, tim lawan bisa saja menembak bola pada sudut atas, bawah, kiri, maupun kanan gawang.

Karenanya, kamu perlu melakukan latihan dasar kiper futsal untuk menguasai semua sudut gawang tersebut. Semakin kamu bisa dan terlatih untuk menguasai sudut tersebut, makan akan semakin sulit bagi tim lawan untuk mencetak gol ke gawangmu.

Untuk latihan dasar kiper futsal yang satu ini, kamu harus memperhatikan poin-poin di bawah ini:

  • Jangan berdiri di atas garis gawang jika pemain lawan berlari tanpa halangan menuju gawangmu.
  • Saat lawan menembakan bola ke gawang dari jarak 10 meter, cobalah untuk menangkap atau memukul bola tersebut.
  • Berlari dengan cepat ke arah mereka untuk menantang nyali mereka. Kemudian terjun ke tanah untuk menangkap bola.
  • Jangan terlalu cepat terjun ke tanah untuk menangkap bola. Pastikan target sasaranmu sudah tepat pada laju bola tersebut.

Dalam latihan ini, buatlah dua gawang kecil di sisi kanan dan kirimu. Minta dua orang striker untuk berdiri 5 meter di depan masing-masing gawang ini dengan persediaan bola. Kemudian, minta pemain lainnya untuk berdiri di antara dua orang striker tersebut.

Latihan ini akan membantumu untuk menghadapi serangan tembakan dari lawan, atau menangkis dengan tangan. Lakukan teknik latihan ini untuk 3-5 set pengulangan, dengan masing-masing set sebanyak 8 kali.

3. Strategi Menepis Bola

Strategi menepis bola tentunya juga menjadi poin penting untuk seorang kiper. Latihan ini. dilakukan agar kiper bisa lebih tangkas dalam memblok atau menepis bola. Begini cara melakukannya:

  • Minta pemain A berdiri sejauh 5 meter di depan gawang dengan dua bola.
  • Minta pemain B berdiri sekitar 6 meter dari tiang terdekat dengan 1 bola.
  • Kemudian, pemain A akan menembak bola rendah.
  • Tangkap bola tersebut, dan bersiap bangkit kembali untuk menghadapi tembakan selanjutnya dari pemain A.
  • Pemain A akan meneruskan tembakan bola sedang, tinggi, atau bahkan sekuat tenaga.
  • Selanjutnya, bola ketiga akan dioper pemain B dari jarak 6 meter ke pemain A.
  • Pemain A akan melakukan shoot on goal.

Lakukan latihan ini terus menerus agar kamu bisa bereaksi secepat mungkin terhadap arah pergerakan bola yang datang.

4. Teknik Kiper Menjatuhkan Diri

Latihan dasar kiper futsal selanjutnya adalah teknik menjatuhkan diri. Seorang kiper seringkali mengalami masalah cidera karena tidak melakukan teknik menjatuhkan diri dengan baik dan benar. Karenanya, teknik yang satu ini sangat penting diperhatikan.

Berikut ini cara melatih teknik kiper menjatuhkan diri yang bisa kamu lakukan:

  • Letakan bola 5 meter di depan gawang, masih dalam area penalti.
  • Rentangkan tangan, ambil dua langkah ke samping dan jatuhkan diri ke arah bola.
  • Gerakkan tubuh ke arah bola untuk menangkapnya.
  • Pastikan posisi tubuh terasa nyaman saat melakukan gerakan ini.

Lakukan latihan ini dengan berbagai variasi cara menangkap dan menangkis bola lainnya. Setelah satu sisi nyaman, beralih ke sisi lain untuk melatih teknik jatuhkan diri dengan cara lain.

5. Latihan Menangkap bola

Latihan dasar kiper futsal yang terakhir adalah melempar bola. Setelah menangkap bola, biasanya seorang kiper harus melempar bola kembali kepada pemain. Namun lemparan bola ini tidak bisa dilakukan dengan bebas.

Ada beberapa teknik melempar bola yang bisa kamu lakukan untuk membuat serangan balik atau counter attack dan menciptakan gol ke gawang lawan.

Pada latihan ini, seorang kiper harus bisa melempar bola secara tepat kepada rekan rekan tim dan jangan sampai tim lawan merebutnya. Begini cara melakukannya:

  • Perhatikan posisi rekan tim dan pemain lawan untuk menentukan target arah lemparan.
  • Untuk melakukan lemparan bola bawah (roll), gulirkan bola pada rekan tim yang berada di dekat gawang.
  • Untuk lemparan bola lembing (javelin throw) dan samping (sidearm throw), oper bola kepada rekan tim yang berada di tengah lapangan.
  • Untuk lemparan bola atas (overhand throw), oper bola langsung mendekati area gawang musuh.

Demikianlah beberapa teknik latihan dasar kiper futsal dan cara melakukannya. Dengan melakukan latihan ini secara terus menerus, tentu kamu bisa semakin andal dalam peranan kiper futsal. Semoga bermanfaat!

Featured image source: Pexels

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?