4 jenis servis bola voli

4 jenis servis bola voli

Teknik servis bola voli ini harus dilakukan dengan benar. Jika servis bola voli yang dilakukan gagal, ini akan memberikan tim lawan sau poin tambahan. Karenanya, ada 4 jenis servis bola voli yang perlu kamu kuasai.

Apa Itu Servis Bola Voli?

Servis adalah teknik dasar dalam permainan bola voli. Saat permainan dimulai, pemain harus melakukan servis bola voli dengan melambungkan bola ke area tim lawan melalui atas net.

 

Secara garis besar, servis dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai pukulan pembuka untuk memulai permainan bola voli. Teknik servis bola voli ini terbagi menjadi 4 jenis yaitu servis bawah, atas, samping, dan jump serve.

Jenis Servis Bola Voli

Faktanya, jenis servis bola voli sangatlah beragam. Namun, 4 jenis servis bola voli yang akan kami bahas di sini merupakan teknik paling umum yang biasa dilakukan dalam permainan voli, baik untuk pemula maupun profesional.

 

Masing-masing servis bola voli tentunya memiliki teknik pukulan dan pergerakan bola yang berbeda-beda. Nantinya, kamu bisa menyesuaikan hal ini dengan kondisi di lapangan dan target pendaratan bola.

 

Servis bawah biasanya dilakukan untuk membuat bola melambung tinggi ke atas. Sementara servis atas biasanya digunakan untuk meendapatkan akurasi dan kecepatan bola yang lebih tinggi.

 

Adapun servis samping sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan servis atas. Hanya saja, ini dipercaya memiliki akurasi yang lebih tepat. Sementara jump serve dilakukan untuk memberikan power yang lebih besar pada bola.

 

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, berikut ini adalah 4 jenis servis bola voli dan cara melakukannya.

1. Servis Bawah Bola Voli

Jenis servis bola voli yang pertama adalah servis bawah. Ini merupakan teknik servis bola voli paling dasar yang mudah dilakukan untuk para pemula. Teknik servis ini bertujuan untuk membuat bola melambung ke atas.

 

Cara melakukannya, kamu hanya perlu membuat tumpuan tangan. Kemudian, ayunkan lengan dari bawah menuju arah bola. Berikan dorongan yang kuat saat memukul bola agar laju bola tersebut bisa melambung tinggi ke arah tim lawan. 

 

Sekilas, teknik ini memang terdengar udah. Naum banyak orang yang masih merasa kesulitan saat melakukannya. Hal ini karena teknik servis tidak dilakukan dengan baik dan benar.

 

Tapi kamu tak perlu khawatir, berikut ini langkah-langkah untuk melakukan teknik servis bawah bola voli yang harus kamu lakukan:

 

 

  • Posisikan tubuh berdiri ke arah depan.
  • Posisikan kaki kiri sedikit ke depan dan kaki kanan sedikit ke belakang. 
  • Saat melakukan pukulan, gunakan tangan kiri untuk melambungkan bola voli.
  • Ayunkan tangan kanan secara lurus ketika ketinggian bola mencapai pinggang.
  • Berikuan dorongan yang kuat saat memukul bola voli.

2. Servis Atas Bola Voli

Berbeda dari teknik servis bawah bola voli. servis atas bola voli ini biasanya dilakukan untuk memberikan akurasu dan kecepatan bola yang lebih tinggi. Teknik ini bertujuan untuk memberikan serangan atau mengecoh tim lawan. 

 

Jika servis bawah memberikan laju bola yang melambung tinggi, servis atas memberikan laju bola mendatar yang membuat musuh sulit dalam mengantisipasi arah datangnya bola. Teknik ini biasa dilakukan untuk menghemat waktu permainan.

 

Jenis servis bola voli yang satu ini tergolong dalam tingkat kesulitan menengah. Cara melakukan servis atas adalah dengan mengayunkan tangan dari belakang ke depan dengan posisi bola berada di atas kepala.

 

Untuk detail lenbih lengkapnya, berikut ini langkah-langkah servis atas bola voli yang bisa kamu lakukan:

  • Posisikan tubuh menghadap depan ke arah tim lawan. 
  • Setelah itu, kaki kiri sedikit ditekuk dan diletakkan di bagian depan.
  • Pegang bola dengan kedua tangan. 
  • Letakkan tangan kanan di bagian atas bola dan tangan kiri di bagian bawah bola.
  • Gunakan tangan kiri untuk melambungkan bola ke atas. 
  • Ayunkan tangan kiri hingga ke belakang atas kepala dalam keadaan siap untuk memukul.
  • Ayunkan tangan kanan untuk melempar bola ketika posisi bola berada di atas kepala.
  • Lakukan servis seperti melakukan smash, namun arah bola tidak menuju ke bawah.
  •  

3. Servis Samping

Teknik servis samping memiliki awalan yang berbeda dari kedua jenis servis bola voli di atas. Dalam melakukan teknik servis samping bola voli, kamu harus memposisikan tubuh ke arah kanan sebelum melakukan pukulan.

 

Berikut ini adalah cara melakukan teknik servis samping dalam bola voli:

  • Posisikan tubuh ke arah kanan, bukan ke arah depan menghadap tim lawan.
  • Posisikan kaki kiri ke arah depan.
  • Pegang bola dengan tangan kiri dan fokuskan perhatian ke arah bola.
  • Posisikan tubuh sedikit ke bawah dan lempar bola ke arah atas.
  • Ayunkan tangan sebelah kanan untuk memukul bola.
  • Kembalikan posisi tubuh mengarah ke depan setelah memukul bola.

4. Jump Serve

Jump serve adalah jenis servis bola voli yang memiliki tingkat kesulitan paling tinggi dari yang lainnya. Teknik servis bola voli yang satu ini dipercaya dapat memberikan dorongan yang lebih besar pada laju bola voli.

 

Dalam melakukan teknik jump serve ini, pemain harus menguasai perhitungan serta akurasi yang tepat pada bola. Secara garis besar, teknik ini merupakan gabungan dari servis atas dan teknik spike.

 

Nantinya, pukulan yang dihasilkan akan sangat keras layaknya smash yang biasa digunakan untuk mengeksekusi tim lawan. Jika dilakukan dengan benar, jump serve bisa menjadi kunci untuk mendapatkan poin lebih cepat lewat satu pukulan saja. 

 

Cara melakukan jump serve adalah sebagai berikut:

 

  • Posisikan tubuh seperti ingin melakukan smash (spike).
  • Pegang bola menggunakan tangan kiri. 
  • Lempat bola ke atas dengan tangan kiri hingga mencapai ketinggian 3 meter.
  • Saat bola melambung ke atas, kejar dan lakukan gerakan melompat.
  • Kemudian lakukanlah pukulan seperti pukulan smash pada umumnya.
  • lan dengan lecutan tangan agar pukulan bola dapat berputar (spin) dan hasilnya lebih kencang.

Itulah 4 jenis sevis bola voli yang paling umum dilakukan oleh para pemain pemula maupun profesional. Jika kamu baru ingin bermain voli, mulailah dari teknik servis bawah terlebih dahulu. 

 

Jika sudah terbiasa, kamu bisa meneruskannya dengan teknik servis atas, samping, dan jump serve. Dengan begitu, kamu akan terlatih dengan baik dalam permainan bola voli ini.

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?