Cara Merawat Sepeda Lipat Agar Tidak Rusak

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang paling banyak diminati hingga kini. Salah satu jenis sepeda yang paling populer adalah sepeda lipat. Seperti namanya, sepeda ini memungkinkan penggunanya untuk melipat dan membawanya kemanapun dengan mudah. Namun, cara merawat sepeda lipat harus diperhatikan dengan baik.

 

Beberapa orang mengaku bahwa jenis sepeda lipat sangat mudah rusak. Padahal faktanya, sepeda lipat bisa berumur panjang jika kamu benar dalam merawatnya. Tapi sayangnya, sebagian besar penggunanya belum mengetahui cara merawat sepeda lipat yang mereka miliki. 

 

Pada dasarnya, sepeda lipat dilengkapi dengan engsel dan beberapa komponen pendukung pada rangka yang membuatnya bisa dilipat. Penggunaan dan perawatan sepeda lipat yang salah bisa menyebabkan engsel atau komponen penting sepeda lipat menjadi rusak. 

 

Akibatnya, sepeda menjadi tidak awet. Bahkan, fungsi lipat dari sepeda tersebut juga turut menghilang. Tentunya kamu tak ingin hal ini terjadi bukan? Apalagi jika kita mengingat bahwa harga sepeda lipat tidaklah murah.

 

Oleh karenanya, perawatan sepeda lipat harus diperhatikan dengan baik. Lantas, bagaimana cara merawat sepeda lipat agar tidak mudah rusak?

Cara Merawat Sepeda Lipat

cara merawat sepeda lipat 4

Berikut ini adalah cara merawat sepeda lipat agar awet dan tidak mudah rusak:

1. Cara Membersihkan Sepeda Lipat

Sebagian besar orang mencuci kendaraan mereka dengan pressure washer yang kuat. Begitupun dengan pengguna sepeda lipat. Namun ternyata, ini merupakan tindakan yang salah.

 

Pada dasarmya, semprotan air bertekanan tinggi atau pressure washer dapat mengakibatkan hilangnya lapisan luar frame sepeda. Sehingga permukaan logam pada sepeda lipat dapat terkena karat.

 

Oleh karenanya, sebaiknya kamu membersihkan sepeda lipat secara manual. Cara membersihkan sepeda manual ini terbilang jauh lebih efektif dibandingkan dengan semprotan air bertekanan tinggi. 

 

Saat mencuci sepeda, gunakan produk pembersih khusus pada frame untuk melindungi cat agar tidak mengelupas. Setelah mencuci, keringkan permukaan sepeda dan oleskan semir sepeda untuk hasil akhir yang berkilau dan bebas goresan.

2. Periksa Fungsi Rem

cara merawat sepeda lipat 4

Rem merupakan salah satu komponen terpenting untuk segala jenis kendaraan, begitupun dengan sepeda lipat. Tanpa adanya rem, kamu akan sulit mengendalikan laju sepeda yang akan kamu kendarai. Karenanya, kamu harus selalu rutin memeriksa fungsi rem pada sepeda.

 

Seiring berjalannya waktu, bantalan rem akan semakin haus dan kurang kuat untuk mengunci roda. Saat inilah kamu perlu mengganti kampas rem agar bisa berfungsi dengan baik lagi. Biasanya, rem yang haus akan ditandai dengan suara nyaring yang timbul saat kamu mengerem sepeda.

3. Perhatikan Baut dan Ulir yang Haus

Selain rem sepeda lipat, baut dan ulir bisa juga haus karena berbagai alasan, baik karena gesekan maupun karat. Pasalnya, baut dan ulir berfungsi untuk menyatukan satu rangka sepeda ke rangka lainnya. Jika salah satunya rusak, tentu bisa sangat membahayakanmu saat mengendarainya. 

 

Sebelum mulai bersepeda, pastikan kamu memeriksa baut dan ulir yang berkarat maupun longgar. Kamu bisa memperketatnya jika menemukan baut atau ulir yang kurang kencang. Namun, pengetatan yang terlalu ketat selalu memiliki efek negatif. Karenanya, pastikan kamu telah memasang baut dan ulir dengan tepat.

4. Periksa Roda Sepeda

cara merawat sepeda lipat 4

Selain beberapa komponen di atas, roda sepeda juga tentu menjadi komponen penting yang harus dirawat pada sepeda lipat. Sama seperti rem, roda juga akan menjadi haus seiring dengan penggunaannya. 

 

Roda yang haus bisa menjadi sangat licin dan membahayakan para penggunanya. Karenanya, kamu perlu mengganti roda sepeda saat merasa diperlukan. Untuk mengetahui roda sepeda yang haus, bisa kamu rasakan saat mengendarainya. Ini akan terasa lebih licin saat digunakan.

 

Pastikan untuk menggunakan model bantalan yang sama dengan yang dibawa sepeda dari pabrik. Pilih bantalan dari merek terkenal dan jauhi produk generik. Selain itu, sesuaikan tegangan jeruji secara berkala, agar roda selalu bergerak lurus. 

5. Periksa Rantai Sepeda

Cara merawat sepeda lipat yang terakhir adalah dengan memeriksa rantai sepeda secara berkala. Rantai berperan penting untuk menggerakan laju sepeda. Rantai sepeda lipat bisa saja lepas dan membuatmu lebih sulit untuk mengayuhnya. 

 

Jika itu terjadi, mungkin kamu harus segera mengganti rantai sepeda lipat. Namun, jika kamu memiliki peralatan yang dibutuhkan, kamu bisa hanya mengganti beberapa tautan tanpa harus membeli rantai baru.

 

Cara mengganti tautan pada rantai sepeda lipat juga sangat mudah. Kamu hanya perlu pemeriksa rantai, pemisah rantai, tang, dan jeruji sepeda yang rusak. Pastikan bahsa rantai harus selalu dalam kondisi optimal. 

Demikianlah 5 cara merawat sepeda lipat yang harus kamu perhatikan agar tidak mudah rusak. Tentunya, cara merawat sepeda lipat agar awet bukanlah hal yang mudah. Ini membutuhkan ketelitian, kesabaran, dan pengalaman. Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?