Cara Menambah Lompatan Smash Voli Agar Semakin Tinggi

cara menambah lompatan voli
(Buka Review)

Cara Menambah Lompatan Smash Voli – Dalam permainan bola voli, kita mengenal istilah smash.  Teknik smash bisa dikatakan sebagai salah satu teknik dasar voli yang perlu dikuasai oleh pemain. Hal ini karena smash berfungsi sebagai serangan ke lawan untuk mencetak skor. Agar smash berhasil, bola perlu dipukul dengan keras, cepat, dan akurat. Untuk melakukan hal tersebut, pemain seringkali harus melompat dengan tinggi.

Jadi, semakin tinggi lompatan smash bola, maka pukulan bola akan semakin keras. Akibatnya, serangan akan sulit dibendung oleh lawan dan berpotensi untuk menciptakan skor bagi tim. Maka, banyak atlet voli melakukan berbagai latihan untuk menambah lompatan smash voli. Kira-kira bagaimana cara melakukan jumping saat smash dan meningkatkan tinggi lompatan? Nah, simak pada artikel berikut, ya!

Pengertian Smash Dalam Voli

Sebelum membahas lebih dalam tentang cara menambah lompatan smash voli, kita perlu mengenal dulu tentang smash itu sendiri. Smash dalam permainan voli adalah bola yang dipukul dengan cepat dan keras ke arah lapangan lawan sebagai bentuk serangan untuk membuat skor. Smash juga dikenal dengan sebutan spike. Sedangkan pemain yang melakukan smash disebut spiker atau smasher, yakni sebagai penyerang. Ada beberapa tahapan melakukan smash bola voli, salah satunya adalah melompat atau jumping. Yuk, simak penjelasannya di bawah!

Cara Melakukan Jumping Smash

lunges

Jumping atau lompatan saat smash diperlukan supaya bisa memukul lebih keras dan tajam. Ada beberapa tahapan yang perlu kamu perhatikan saat melakukan jumping smash, yaitu:

1. Awalan

Saat mengawali lompatan, awali dengan 2 sampai 3 langkah kaki. Jangan lakukan sambil berlari, tapi melangkah perlahan sambil bersiap untuk melakukan tolakan.

2. Tolakan

Berikutnya, pada langkah kaki terakhir lakukan tolakan sekuat tenaga. Ini berfungsi mendorong tubuh agar lompatan menjadi lebih tinggi. 

3. Timing Smash

Saat melakukan lompatan smash, jangan lupakan timing. Bola harus dipukul saat berada di depan dan bukan berada di atas kepala. Ini agar tidak miss ata kehilangan kesempatan untuk memukul bola yang telah diumpan oleh tosser.

4. Pendaratan

Tahap terakhir adalah landing atau pendaratan. Kaki diusahakan dalam posisi mengeper agar tidak terjadi cidera.

Latihan Meningkatkan Tinggi Lompatan Smash Voli

Setelah memahami cara melakukan jumping atau lompatan smash, kalian dapat berlatih agar lompatan semakin maksimal. Ada beberapa latihan untuk menambah lompatan smash voli agar semakin tinggi. Kalian dapat mencoba latihan ini dengan rutin supaya lompatan vertikal lebih tinggi dan pukulan semakin keras. 

Squat Jump

squat jump
(Klik Dokter)

Kalian tentu sudah pernah mencoba latihan ini. Squat jump sangat efektif untuk menambah lompatan smash voli semakin tinggi. Latihan squat jump bisa meningkatkan kekuatan otot paha, pinggul dan bokong, dan hamstring. Cara melakukannya juga mudah, yaitu sebagai berikut.

  • Tubuh berdiri tegak dengan tangan di atas kepala
  • Kaki dibuka selebar bahu
  • Lompat dengan mendarat pada posisi kaki setengah jongkok hingga lutut menekuk
  • Ulang selama beberapa kali hingga cukup

Lompat Tali

lompat talii
(Health line)

Latihan yang sederhana ini juga efektif untuk menambah tinggi lompatan voli. Selain memperkuat otot kaki dan tungkai kaki, latihan lompat tali juga dapat menguatkan otot lengan. Hal ini tentu sangat bermanfaat karena permainan voli juga membutuhkan kekuatan otot tangan dan lengan. Manfaat lainnya adalah bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskuler dan membuat fisik semakin bugar saat bermain.

Lari Sprint

sprint
(Personal Trainer)

Latihan untuk meningkatkan tinggi lompatan tidak hanya dilakukan dengan latihan melompat saja. Kalian juga bisa melakukan lari sprint. Berlari akan menguatkan otot kaki dan otot tungkai. Jadi, akan berpengaruh pada saat melakukan tolakan untuk jumping smash. Kalian bisa lari sprint bolak balik selama 20 menit sehari dengan rutin. Selain itu, kalian dapat melakukan kombinasi latihan lari sprint dengan lari naik turun tangga sehingga lebih menantang.

Latihan Pilometrik

latihan pilometrik
(Sports Performance Bulletin)

Latihan ini mungkin terdengar cukup asing, tapi sebagian besar orang sudah pernah melakukannya. Pilometrik adalah jenis latihan fisik intensif dan aktif untuk membangun otot kaki. Selain meningkatkan kekuatan, latihan pilometrik juga dapat meningkatkan kecepatan. Ada berbagai jenis latihan pilometrik. Beberapa di antaranya hampir sama dengan jenis latihan lain yang telah dijelaskan, misalnya lompat tali dan jump in place. Bentuk latihan lainnya yaitu sebagai berikut.

  • Jump in place
  • Depth jump
  • Throws
  • Trunk plyometric
  • Plyometic push-up
  • Standing jumps
  • Multiple hops and jumps
  • Bounds
  • Box drills

Lunges

lunges
(Buka Review)

Latihan lunges seringkali menjadi latihan peregangan. Fungsinya yaitu untuk mengencangkan tubuh dan meningkatkan kekuatan kaki, terutama pada bagian paha serta betis. Selain itu, lunges juga membantu melatih otot perut, hamstring, dan pinggul. Agar lebih maksimal, kalian juga dapat mencoba jenis latihan lunges lain seperti walking lunges, side lunges, dan low lunges. Cara dasar latihan lunges yaitu sebagai berikut.

  •  
  • Berdiri tegak dengan posisi kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang.
  • Posisi kaki berjarak sekitar 60-90 cm dan tubuh bertumpu pada jempol kaki belakang.
  • Tekuk lutut dan turunkan tubuh hingga lutut belakang hanya beberapa cm dari lantai.
  • Sejajarkan paha depan dengan lantai dan lutut belakang mengarah ke lantai. Pindahkan beban tubuh secara merata di antara kedua kaki.
  • Dorong kembali tubuh ke atas, lalu jaga agar beban tubuh berada di tumit kaki depan
  • Gantian atau pindah posisi dengan tahapan yang sama

Kesimpulan Cara Menambah Tinggi Lompatan Smash Voli

Menambah lompatan smash voli agar semakin tinggi dapat dilakukan dengan berbagai latihan. Bila dilakukan dengan konsisten dan teratur, akan membantu lompatan vertikal semakin tinggi. Hal ini akan membuat smash oleh pemain semakin maksimal dan pukulan semakin kuat. Jadi, lawan juga akan semakin kesulitan untuk melakukan block dan membuat libero gagal membendung bola. Nah, kalian bisa melakukan latihan ini agar smash saat pertandingan semakin baik. Selamat berlatih!

 

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?