Skip to content

Cara Memukul Bola Voli Biar Keras

Salah satu tahapan smash pada permainan bola voli adalah teknik memukul bola dengan baik dan benar. Ada cara memukul bola voli biar keras yang bisa kamu lakukan untuk bisa mencetak skor dan mengalahkan tim lawan.

Pukulan yang keras dan bertenaga, tentu akan mempersempit peluang tim lawan untuk membalas pukulan. Dengan begitu, peluang keberhasilan saat melakukan pukulan smash juga tentu akan semakin besar.

Sebelum memikirkan bagaimana cara memukul bola voli biar keras, kamu perlu mengetahui 4 poin utama dalam melakukan teknik pukulan smash. Di antaranya adalah keseimbangan, kelincahan, kekuatan, dan kecepatan.

Untuk pengertian lebih lengkapnya, simak ulasan lengkap di bawah ini.

Cara Memukul Bola Voli Biar Keras

cara memukul bola voli biar keras
(Pixabay)

Teknik pukulan smash dalam permainan bola voli identik dengan teknik pukulan keras yang melambung ke bawah. Smash dilakukan sebagai upaya mempercepat permainan dan mengalahkan tim lawan.

Meskipun terdengar simpel, teknik pukulan smash ini terbilang cukup sulit. Apalagi jika kamu masih pemain voli pemula dan belum terbiasa melakukannya.

Namun, ada 9 cara memukul bola voli biar keras yang harus kamu pahami jika ingin mahir dalam teknik pukulan smash. Di bawah ini adalah langkah yang dapat dilakukan agar kamu bisa memukul bola voli dengan sempurna.

1. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah kami singgung di atas, salah satu kunci utama dalam kesuksesan permainan bola voli adalah kelincahan dan kekuatan.

Jika daya tahan tubuhmu lemah, tentu kamu jadi sulit mengendalikan kekuatanmu saat permainan bola voli dimulai. Karenanya, penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Perbanyak Latihan Fisik

(Pixabay)

Seperti kata pepatah, usaha tidak akah mengkhianati hasil. Ini juga tentu akan berlaku dalam permainan bola voli.

Semakin sering kamu melakukan latihan fisik, tentu kamu akan semakin mahir dalam permainan ini. Latihan fisik yang kami maksud di sini bisa berupa poin-poin berikut:

  • Latihan pemanasan ringan, seperti jogging 30 menit sehari.
  • Melakukan push up ringan dengan baik dan benar.
  • Latihan mengoper bola bersama teman.
  • Latihan memukul bola voli.
  • Dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu mengatur pernafasan saat melakukan latihan fisik. Hal ini umum dilakukan oleh para atlet voli profesional.

3. Lakukan Latihan Jumping

Berbicara tentang voli tentu identik dengan lompatan dan pukulan bukan? Untuk bisa menjadi pemain voli profesional, kamu bisa mulai melakukan latihan jumping secara rutin.

Lompatan tinggi adalah kunci utama dalam cara memukul bola voli biar keras. Lompatan tinggi tak hanya berlaku untuk teknik pukulan smash.

Tapi, ini juga berguna sewaktu kita melakukan blocking yang bertujuan sebagai penghalau tembakan dari lawan. Begini caranya:

  • Rentangkan posisi kaki selebar bahu, dan tekuk lutut sedikit seperti posisi ingin lompat.
  • Kemudian, ambil posisi jongkok dan ayunkan kedua lengan secara bersamaan.
  • Mulailah lakukan gerakan melompat sebaik mungkin.
  • Saat mendarat, kedua kaki sebaiknya menyentuh tanah bersamaan dengan posisi bahu lebar satu sama lain.
  • Ulangi latihan jumping ini beberapa kali. Sebaiknya lakukan latihan ini sebanyak 6 set dengan 10 lompatan setiap setnya.

4. Perkuat Genggaman Tangan

cara memukul bola voli biar keras
(Pixabay)

Cara memukul bola voli biar keras bisa dipengaruhi oleh genggaman tangan yang kuat. Karenanya, kamu perlu meningkatkan kekuatan genggaman tanganmu.

Jika ingin melakukan pukulan keras pada permainan bola voli, kamu bisa melatih otot tangan untuk meningkatkan kekuatan pada genggaman tanganmu.

Salah satu cara memperkuat genggaman tangan ini bisa kamu lakukan dengan teknik latihan fisik pada poin kedua di atas.

5. Melatih Ayunan Bahu

Selain genggaman tangan, melatih ayunan bahu juga kerap menjadi kunci utama sebagai cara memukul bola voli biar keras.

Pasalnya, pukulan yang keras tidak hanya berasal dari tangan saja. Dorongan dari ayunan bahu juga sangat mempengaruhi tenaga yang dihasilkan saat melakukan pukulan pada bola voli.

Adapun untuk melatih ayunan bahu, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Ayunkan baru sekitar 10 kali ke arah depan lalu ke belakang dengan hitungan yang sama.
  • Kamu juga bisa menambah beban dengan menggunakan barbel saat mengayunkan bahu untuk melatih kekuatan sekaligus.
  • Caranya pegang barbel di kedua tangan dengan berat yang sama. Ayunkan kedua tangan secara bersamaan, ke depan dan ke belakang.
  • Kamu bisa melakukan teknik latihan ayunan bahu ini setidaknya setiap latihan 100 kali.

6. Tingkatkan Kelincahan dan Ketangkasan

Kelincahan dan ketangkasan merupakan poin terpenting dalam permainan bola voli. Untuk melatih kedua skill ini kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Rapatkan kedua kaki dan luruskan secara sejajar. Lakukan gerakan lompatan ke depan dan kebelakang secara bersamaan.
  • Kamu bisa melakukan lompatan ke depan dan kebelakang, maupun ke kanan dan ke kiri saat melakukan latihan melompat ini.
  • Selain itu, kamu juga bisa melakukan latihan mengoper bola dengan temanmu utuk melatih kelincahan dan ketangkasan.

7. Lakukan Latihan Burpees

(Pixabay)

Burpees adalah latihan tubuh yang berfokus pada bagian kaki, otot dada dan juga lengan. Latihan ini dianjurkan untuk dilakukan secara terus-menerus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Begini caranya:

  • Buat posisi seperti ingin berlari.
  • Kemudian beralih ke posisi push up dengan seksama.
  • Lanjutkan dengan gerakan push up sebanyak 10-20 kali
  • Lalu teruskan dengan gerakan lompatan untuk kembali pada posisi awal.
  • Setelah kembali ke posisi awal, mulailah melompat dengan posisi kedua tangan diangkat.

8. Atur Strategi Lompatan

Salah satu kesalahan melompat dalam permainan voli adalah melakukan lompatan yang terlalu tinggi. Pasalnya, gerakan lompatan yang terlalu tinggi bisa melemahkan tenaga lebih cepat habis.

Sehingga, ini akan membuatmu lebih lemah saat memukul bola voli. Sebaiknya, mulailah mengatur strategi lompatan yang benar agar kamu bisa memukul bola voli lebih keras.

9. Atur Pola Makan dan Hidup Sehat

Sebagai cara memukul bola voli biar keras yang terakhir adalah mulai mengatur pola makan dan pola hidup sehat. Banyak orang yang mengabaikan hal ini.

Padahal faktanya, pola makan dan hidup sehat sangat mempengaruhi daya tahan tubuh kita. Karenanya, mulailah ubah pola makan dan hidup sehat dari sekarang.

Itulah beberapa cara memukul bola voli biar keras yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat!

Featured image source: Pixabay

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?