Skip to content

Cara Melatih Tendangan Keras dalam Futsal

Ada beberapa teknik yang harus kamu perhatikan dalam permaian futsal untuk menjadi pemain yang handal. Salah satunya adalah cara melatih tendangan keras dalam futsal.

Seperti yang kita ketahui, permainan futsal merupakan jenis olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki. Semakin kuat tendangan pada bola, tentu akan mempermudahmu untuk mengoper bola maupun mencetak gol.

Karenanya, teknik tendangan keras bisa menjadi upaya untuk memenangkan permainan. Teknik tendangan yang kuat ini dapat dikuasai dengan cara melatih tendangan keras dalam futsal.

Latihan ini tidak hanya mencakup gerakan kaki saja, melainkan juga beberapa gerakan fisik yang melatih keseimbangan tubuh dan kelincahan dalam bermain futsal. Berikut ini adalah cara melatih tendangan keras dalam futsal!

Cara Melatih Tendangan Keras dalam Futsal

teknik dasar futsal
(Pexels)

Sekilas, teknik permainan futsal memang hampir mirip dengan teknik permainan sepak bola. Kedua olahraga ini sangat mengandalkan kekuatan kaki, kelincahan, dan keseimbangan tubuh.

Hanya saja, futsal merupakan olahraga berskala kecil dibandingkan sepak bola. Baik dari ukuran lapangan yang lebih kecil, hingga jumlah pemain futsal yang lebih minim dibandingkan sepak bola.

Meski demikian, ada beberapa teknik dasar permainan futsal yang berbeda dengan permainan sepak bola. Salah satunya adalah cara melatih tendangan keras dalam futsal, atau yang biasa disebut juga teknik shooting futsal.

Dalam permainan futsal, shooting merupakan tembakan langsung seorang pemain ke arah gawang lawan demi mencetak sebuah gol. Teknik dasar ini biasanya dilakukan oleh pemain yang berada di posisi depan.

Teknik shooting ini dianggap ampuh untuk mencetak gol ke gawang lawan dengan mudah. Hanya saja, kamu perlu melakukan tendangan keras pada bola saat ingin melakukan shooting.

Kekuatan tendangan pada bola bisa semakin keras jika kamu terus melakukan cara melatih tendangan keras dalam futsal seperti berikut ini:

1. Teknik Shooting dengan Kaki Bagian Dalam

cara melatih tendangan keras dalam futsal
(Pexels)

Teknik shooting identik dengan power kuat yang diberikan saat melakukan tendangan. Tendangan ini hampir mirip dengan teknik passing, hanya saja shooting lebih menitik pada kekuatan kaki yang lebih besar.

Shooting digunakan untuk membuat bola dapat melaju lebih cepat. Biasanya teknik ini digunakan sebagai strategi untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Agar shooting bisa dilakukan dengan baik, kamu bisa melatih tendangan shooting dengan kaki bagian sisi dalam. Begini caranya:

  • Letakan bola tepat di depanmu dan targetkan bidikan langsung menghadap ke gawang lawan.
  • Letakan salah satu kaki tepat di samping bola dan ambil ancang-ancang untuk menendang.
  • Ayunkan kaki untuk menendang mulai dari arah belakang, kemudian ayunkan ke arah depan dengan power yang kuat.
  • Saat menendang, tempatkan kaki tepat di bagian tengah bola.

2. Teknik Shooting dengan Ujung Kaki

Selain latihan shooting dengan kaki bagian sisi dalam, kamu juga perlu latihan shooting dengan bagian ujung kaki. Teknik ini biasanya dilakukan apabila posisi pemain terjepit di antara dua lawan.

Ini juga sering digunakan saat pemain sedang berhadapan dengan satu lawan satu yang langsung berhadapan dengan kipper lawan. Untuk melakukan latihan shooting ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Berdirilah tepat di belakang bola.
  • Buat tumpuan dengan kaki kanan atau kiri dengan posisi di belakang bola.
  • Ayunkan kaki dari depan ke belakang dengan power yang lebih kuat.
  • Tendang bola tepat di bagian tengahnya dengan ujung kaki.

3. Teknik Shooting dengan Punggung Kaki

cara melatih tendangan keras dalam futsal
(Pexels)

Cara melatih tendangan keras dalam futsal berikutnya bisa kamu lakukan dengan latihan shooting dengan bagian punggung kaki. Bagian punggung kaki sangat sering digunakan oleh para pemain futsal untuk melakukan tendangan shooting.

Teknik shooting dengan bagian punggung kaki ini dipercaya mampu menghasilkan power yang lebih kuat. Sehingga akan lebih mudah untuk menuju ke sasaran gawang lawan. Begini caranya:

  • Berdirilah tepat di belakang bola dan mendhadap ke gawang lawan.
  • Buat ancang-ancang kaki untuk menendang bagian samping bola dengan bagian punggung kaki.
  • Ayunkan kaki yang akan digunakan untuk menendang, dari arah belakang ke arah depan dengan power yang kuat.
  • Usahakan tubuh dalam posisi sedikit conding ke arah depan saat menendang.

4. Teknik Shooting dengan Sisi Kaki Luar

Terakhir, kamu juga bisa melakukan latihan shooting dengan sisi kaki luar. Sisi kaki bagian luar juga sering digunakan oleh para pemain. Teknik ini biasanya dilakukan untuk mengelabuhi lawan dengan gerakan tendangan yang berlawanan arah.

Untuk bisa melakukan teknik shooting dengan bagian sisi kaki luar, berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

  • Letakan bola tepat di depanmu dan targetkan bidikan langsung menghadap ke gawang lawan.
  • Letakan salah satu kaki tepat di samping bola dan ambil ancang-ancang untuk menendang sisi samping bola.
  • Ayunkan kaki yang akan digunakan untuk menendang dari arah belakang ke arah depan dengan power yang kuat.
  • Saat melakukan tendangan, pastikan kaki yang kamu gunakan untuk menendang berada di samping kanan atau kiri bola.

Demikianlah cara melatih tendangan keras dalam permainan futsal. Meski keempat teknik tendangan keras di atas terlihat mirip, namun ini akan sangat membantumu mengatur strategi tendangan untuk memenangkan permainan futsal.

Featured image source: Pexels

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?