Cara Melatih Pergelangan Tangan Untuk Bola Voli

Voli merupakan salah satu jenis olahraga yang mengandalkan kekuatan pergelangan tangan dan lengan. Karenanya, cara melatih pergelangan tangan untuk bola voli sangat penting untuk diketahui bagi penggiatnya.

 

Dalam permainan bola voli, kekuatan tangan sangat penting untuk diperhatikan agar pukulan dapat dilakukan dengan baik ke target area lawan. Pada dasarnya, kekuatan pukulan pada bola voli bergantung pada kekuatan tangan kita sendiri.

 

Tak heran jika banyak pemain voli yang sering melakukan latihan pergelangan tangan seperti push up, angkat beban, hand grip, latihan memukul bola voli dan masih banyak lagi. 

 

Latihan tersebut merupakan cara melatih pergelangan tangan agar kuat saat melakukan servis bola voli, maupun passing bola voli ke arah tim lawan. Lantas, bagaimana cara melatih pergelangan tangan untuk bola voli?

Cara Melatih Pergelangan Tangan Untuk Bola Voli

(Pexels)

Berikut ini adalah beberapa cara melatih pergelangan tangan dalam permainan bola voli:

Push Up

Push up merupakan salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk melatih pergelangan tangan. Tak hanya dalam permainan bola voli, latihan push up ini juga biasa dilakukan untuk olahraga boxing dan sebagainya.

 

Saat melakukan gerakan push up, tangan akan menahan berat atau beban tubuhmu. Hal inilah yang akan membuat pergelangan tanganmu lebih kuat. Lakukan push up secara rutin setiap hari. Mulailah dari 10 hingga 50 kali setiap harinya.

Latihan Pull Up

Selain push up, cara melatih pergelangan tangan juga bisa kamu lakukan dengan latihan gerakan pull up. Gerakan pull up dipercaya sangat efektif untuk melatih kekuatan pergelangan tangan.

 

Pull up dilakukan dengan menggantungkan tangan pada tiang yang membentang di atas. Sementara posisi kaki tidak menyentuh lantai atau permukaan tanah. Sehingga pergelangan tanganmu akan menahan beban tubuh.

 

Selanjutnya, kamu bisa menggerakan tangan untuk mengangkat tubuh hingga membentuk siku 90 derajat. Tahan beberapa saat, kemudian luruskan kembali pergelangan tanganmu untuk menurunkan beban tubuh.

Latihan Interval

cara melatih pergelangan tangen untuk bola voli
(Pexels)

Kamu juga bisa melatih pergelangan tangan dengan melakukan olahraga angkat beban atau yang biasa dikenal sebagai latihan interval. Seperti yang kita ketahui, latihan angkat beban akan melatih kekuatan otot.

 

Di sini kamu hanya perlu berfokus pada bagian pergelangan tangan. Kamu bisa memulainya dengan mengangkat beban berupa barbel kecil dengan berat 0,5 kg. Kamu bisa terus meningkatkan jumlah beban seiring berjalannya waktu.

 

Selain menggunakan barbel kecil, kamu juga bisa melakukan latihan ini dengan membuat barbel sendiri dari botol bekas yang memiliki berat sekitar 500 gram hingga 600 gram.

Latihan Hand Grip

Hand grip merupakan salah satu peralatan olahraga yang banyak digunakan para atlet. Alah ini bertujuan untuk memperkuat kekuatan jari-jari dan pergelangan tangan. 

 

Lakukan latihan dengan menggunakan hand grip secara rutin setiap minggunya. Dengan begitu, ini akan memperkuat pergelangan dan jari-jari tanganmu.

Latihan Servis Bola Voli

cara melatih pergelangan tangan untuk bola voli

Cara melatih pergelangan tangan untuk bola voli selanjutnya adalah dengan melakukan latihan servis. Ada 4 teknik servis bola voli yang bisa kamu lakukan di antaranya, servis atas, bawah, samping dan jump serve. 

 

Lakukan latihan memukul bola bersama rekanmu sekitar 200 hingga 500 pukulan setiap harinya agar pergelangan tangan menjadi terbiasa. Jika kamu ingin latihan sendiri, kamu bisa mencoba memukul bola ke tembok agar mendapatkan pantulan.

Latihan Wrist Curl

Latihan pergelangan tangan untuk bola voli selanjutnya adalah wrist curl. Wrist curl merupakan salah satu latihan lengan dan pergelangan tangan yang biasa dilakukan dengan dumbel atau barbel. Begini caranya:

 

Duduklah di atas bangku dengan menggenggam dumbel dengan telapak tangan menghadap ke atas. Gunakan lengan bagian bawah untuk mengangkat dumbel dari bawah ke arah pergelangan tangan tanpa menekuk siku. 

 

Turunkankan kembali dumbel dan ulangi gerakan ini sebanyak 3 set dan 15 repitisi. Kamu bisa meningkatkan intensitas latihan ini seiring berjalannya waktu. 

Latihan Wrist Roll

Selain wrist curl, kamu juga bisa melakukan gerakan wrist roll untuk mendapatkan tantangan yang lebih besar. Latihan ini sangat efektif untuk memperkuat pergelangan tangan dalam permainan bola voli. 

 

Cara latihan wrist roll bisa kamu lakukan dengan bantuan alat seperti tongkat atau palang yang kuat. Misalnya gagang sapu atau palang dumbel tanpa diberi beban. 

 

Caranya, genggam tongkat di depan tubuh dan biarkan beban menggantung di ujung tali. Posisikan telapak tangan mengarah ke bawah. Mulailah menggulung tali menggunakan tongkat sehingga bebannya terangkat ke atas. Ulangi sebanyak 3 hingga 5 kali setiap latihan.

 

Pergelangan tangan mungkin bukan merupakan salah satu fokus utama seseorang dalam melakukan olahraga. Namun dalam permainan bola voli, kekuatan pergelangan tangan sangat berperan penting dalam melakukan pukulan bola.

 

Karenanya, cara melatih pergelangan tangan untuk bola voli di atas sangat penting untuk diperhatikan agar kamu bisa lebih mahir dalam bermain bola voli.

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?