Cara Melakukan Jumping Service dalam Bola Voli

(Pexels)

Jumping service atau yang biasa dikenal sebagai jump serve merupakan salah satu teknik servis dalam permainan bola voli. Cara melakukan jumping service dalam permainan bola voli ini membutuhkan teknik dan latihan khusus.

 

Servis bola voli merupakan pukulan pertama yang dilakukan pemain dalam satu babak permainan bola voli. Secara umum, ada 4 jenis servis bola voli yang biasa digunakan yaitu, servis atas, bawah, saming, dan jump serve.

 

Jumping service sendiri merupakan teknik servis yang memiliki tingkat kesulitan paling tinggi dibandingkan jenis servis lainnya. Teknik ini biasanya dilakukan oleh para profesional sebagai upaya serangan terhadap tim lawan.

 

Jenis servis ini identik dengan melakukan gerakan meloncat sambil memukul bola dengan kekuatan penuh untuk menghasilkan dorongan bola yang kencang. Sehingga ini diharapkan bisa mengecoh tim lawan untuk membalas pukulan.

 

Seperti apa pengertian jumping service bola voli? Bagaimana cara melakukan jumping service dalam permainan bola voli? Simak di bawah ini!

Apa Itu Jumping Service dalam Permainan Bola Voli (Jump Serve)?

(Pexels)

Jumping Service adalah tehnik servis bola voli yang di lakukan sambil melompat. Teknik ini mengkombinasikan antara tekanan dan kekuatan pada pukulan bola yang digunakan oleh para pemain.

 

Ada bermacam-macam cara yang bisa digunakan untuk melakukan jenis servis bola voli yang satu ini. Namun sebagai pemula, kamu bisa mencoba teknik jumping service dasar yang akan kami bahas di bawah ini.

Cara Melakukan Jumping Service dalam Permainan Bola Voli

Berikut ini cara melakukan jumping service dalam permainan bola voli:

 

  1. Berdiri dengan posisi kaki rapat kurang lebih 3 meter dari garis area lapangan.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan di depan badan.
  3. Lemparkan bola voli ke atas dengan ketinggian kurang lebih 3 meter.
  4. Sebelum memukul bola, berlarilah menjangkau bola kemudian mulailah untuk melompat.
  5. Saat bola sudah dalam jangkaun lakukan pukalan terhadap bola dengan tekanan pergelangan tangan yang kuat.
 

Kesalahan Umum Saat Melakukan Jumping Service

Meski terdengar mudah, tak sedikit orang yang gagal dalam melakukan jumping service. Berikut ini kesalahan umum yang sering terjadi saat melakukan jump serve:

  1. Kesalahan dalam memperhitungkan jarak lompatan saat ingin memukul bola.
  2. Lemparan bola kurang jauh, sehingga jarak bola yang dilempar terlalu pendek dan terlalu rendah untuk dipukul.
  3. Kecepatan antara lari, lompat, dan pukulan dengan bola tidak tepat.

 

Selain 3 kealahan umum tersebut, ada juga kesalahan dalam melakukan pendaratan setelah memukul bola. Pendaratan dalam jumping service harus dilakukan dengan dua kaki.

 

Sebagian orang melakukannya dengan satu kaki sehingga tubuh menjadi tidak seimbang. Hal ini bisa beresiko fatal hingga mengebabkan cidera. Jadi, pastikan kamu mendarat dengan benar ya!

Istilah dalam Teknik Servis Bola Voli

(Pexels)

Selain pengertian dan cara melakukan jumping service bola voli, ada beberapa istilah dalam servis bola voli yang perlu kamu ketahui, yaitu:

Full Spin

Istilah ini digunakan untuk menyebut gaya memutar bola ke arah depan dengan harapan setelah bola melewati net akan secepatnya menghujam ke tanah.

Half Spin

Half spin atau yang lebih dikenal dengan istilah tehnik mengiris bola biasanya digunakan untuk menyebut perputaran bola ke arah samping kanan maupun samping kiri.

Jump Flute

Istilah ini digunakan untuk menyebut bola yang bergerak tak beraturan agar menyulitkan si penerima serve. Perputaran bola tak beraturan ini disebabkan oleh tekanan yang diberikan secara tiba-tiba pada salah satu sisi permukaan bola.

Full Power

Ini hampir sama dengan istilah smash, namun teknik ini dilakukan dari jarak 9 meter sesuai dengan panjang lapangan terhadap net. Istilah ini merupakan gabungan dari tehnik full spin, half spin dan jump flute.

Istilah full power digunakan untuk mendeskripsikan saat pemain memiliki power yang bagus dan feeling ball yang memadai. Dengan memberikan power yang bagus, bola bisa berputar dengan baik dan menghasilkan pukulan yang sempurna.

Cross spike

Cross spike merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan seoramg pemain yang memiliki kemampuan dalam melakukan smash silang. Smash silang ini dipercaya efektif dalam mengecoh tim lawan dan mencetak skor baru.

Straight spike

Straight spike merupakan istilah untuk menyebutkan pemain bola voli yang memiliki kemampuan baik dalam melakukan smash lurus. Smash lurus juga merupakan teknik serangan yang paling umum digunakan oleh para pemain bola voli.

Quick smash

Quick smash merupakan istilah untuk pemain yang memiliki kemampuan baik melakukan smash cepat. Teknik smash cepat ini juga sangat berpotensi untuk mengelabuhi tim lawan dalam melakukan umpan balik pada bola.

Demikianlah pengertian, jenis, dan cara melakukan jumping service dalam permainan bola voli. Bagi pemain yang sudah berpengalaman, bisa saja melakukan beberapa variasi teknik jump serve lainnya.

 

Namun sebagai pemula, kamu bisa memulainya dari teknik dasar jumping service yang telah kami jelaskan di atas. Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?