Skip to content

Cara Bermain Futsal Agar Tidak Grogi

Perasaan grogi seringkali menghantui kita pada saat melakukan pertandingan futsal. Jangan diabaikan! Perasaan grogi bisa saja membawa dampak buruk bagi tim futsalmu. Ada banyak cara bermain futsal agar tidak grogi yang bisa kamu lakukan. 

 

Tentunya setiap pemain menginginkan semua hal berjalan dengan baik pada saat pertandingan futsal. Segala persiapan mulai dari latihan fisik agar tidak cepat lelah saat bermain futsal, latihan teknik shooting, hingga latihan passing sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

 

Meskipun begitu, ini tidak menghindari kita dari perasaan grogi yang datang saat hari pertandingan tiba. Perasaan grogi ini sering membuat kita gagal fokus dan bisa sangat berdampak buruk selama pertandingan.

 

Namun, kamu bisa mengatasi perasaan grogi ini agar tidak terjadi hal buruk di lapangan. Penasaran bagaimana cara bermain futsal agar tidak grogi? Simak langkah-langkah berikut ini. 

Cara Bermain Futsal Agar Tidak Grogi

teknik passing futsal
(Pexels)

Rasa percaya diri sangat penting dalam sebuah ajang kompetisi apapun, begitupun dengan futsal. Tanpa adanya rasa percaya diri, kamu akan merasa ragu dalam membuat keputusan yang tepat selama pertandingan berlangsung.

 

Rasa percaya diri memiliki efek yang sama seperi dopping pada performa atlet. Bahkan, ini dipercaya bisa menambah kemampuan kinerja yang kamu miliki. Karenanya, penting untuk mengasah rasa percaya diri sebelum pertandingan futsal agar tidak grogi.

 

Berikut ini adalah 5 cara bermain futsal agar tidak grogi yang bisa kamu lakukan:

 

1. Fokus Pada Diri Sendiri

Langkah pertama sebagai cara bermain futsal agar tidak grogi adalah fokus pada diri sendiri. Pada saat pertandingan berlangsung, cobalah untuk abaikan pemain lain dan fokus pada dirimu sendiri.

 

Jangan sekalipun membandingkan diri dengan kehebatan orang lain. Hal ini tentu akan membuatmu tidak percaya diri dan ragu untuk mengambil langkah saat di lapangan.

 

Fokuslah untuk bermain sebaik mungkin. Jangan terkecoh oleh tendangan lawan yang bagus dan fokuslah hanya kepada permainan tim milikmu sendiri. Teruslah berpikir positif dan fokus pada strategi serangan yang akan kamu berikan ke tim lawan berikutnya.

2. Pahami Potensi Diri

Setelah fokus pada diri sendiri, kini kamu bisa lebih percaya diri dalam pertandingan futsal. Selanjutnya, kamu bisa mulai fokus memikirkan kelebihan yang kamu miliki.

 

Setiap pemain tentunya memiliki kelebihan masing-masing. Kamu bisa memanfaatkan masing-masing kelebihan tim untuk mengatur strategi agar menang. Kelebihan tersebut bisa dari hal apa saja. Mulai dari teknik dasar futsal, fisik, mental, pengalaman, dan masih banyak lainnya.

 

Kamu juga bisa menemukan kelebihanmu dalam bermain futsal, dengan menanyakannya kepada pelatih atau pemain satu tim. Dengan mengetahui kelebihanmu, kamu akan semakin percaya diri dan siap untuk bertanding.

3. Latihan Rutin

cara bermain futsal agar tidak grogi
(Pexels)

Jika sudah mengetahui kelebihan yang dimiliki, maka lakukan latihan rutin kelebihanmu tersebut agar kamu memiliki karakter yang kuat dan lebih menonjol. Jika kamu terus melatih keahlianmu, kamu akan semakin terbiasa dan bisa menguasai lapangan.

 

Namun, pastikan kamu tak menjadi sombong karena kelebihan tersebut. Pada dasarnya, futsal merupakan permainan yang membutuhkan kekompakan dalam tim. Jadi cobalah untuk mengimbangi kemampuan tim lainnya dan bekerjasamalah dalam mencapai kemenangan bersama. 

4. Sikap Tubuh

Cara bermain futsal agar tidak grogi selanjutnya adalah dengan mengatur sikap tubuh yang baik dan benar. Menurut penelitian, sikap tubuh juga penting untuk memengaruhi kepercayaan diri, termasuk saat bermain futsal.

 

Untuk bisa mengatur sikap tubuhmu, cobalah dengan menegakkan kepala dan lihat sekitar. Kemudian tarik bahu ke belakang, busungkan dada, panjangkan tulang belakang, rasakan kaki menjejak.

 

Jangan lupa untuk tersenyum dan pikirkan hal-hal yang menyenangkan hatimu. Sebab, hal itu akan membantu otak untuk lebih berpikiran positif dan merasa percaya diri.

5. Pikirkan Momen Terbaik

Cara bermain futsal agar tidak grogi yang terakhir adalah dengan memikirkan momen terbaik dalam hidupmu. Saat pertandingan futsal, kita kerap merasa grogi karena memikirkan hal negatif seperti kalah tanding, takut kurang maksimal, dan banyak ketakutan lainnya.

 

Karenanya, kamu perlu menyegarkan pikiranmu dengan hal-hal positif yang bisa membuatmu tenang. Seperti halnya dengan memikirkan momen terbaik dalam hidupmu.

 

Ingatlah momen keberhasilan secara individu atau tim. Ingatlah saat kamu merasa sangat senang dan puas atas kemenanganmu dan tim, bayangkan sejelas mungkin yang dilihat, didengar, dan dirasa. Hal ini akan membangkitkan pikiranmu menjadi lebih positif dan yakin.

Kemenangan merupakan suatu hal yang paling penting dalam pertandingan futsal. Namun, jika terlalu memikirkannya justru akan membuatmu merasa grogi dan takut akan kekalahan. Oleh karenanya, sikap tenang, percaya diri, dan positif perlu diterapkan sejak awal pertandingan.

 

Jika kamu sering merasa tidak percaya diri dan grogi saat ingin bertanding futsal, 5 cara bermain futsal agar tidak grogi di atas mungkin bisa kamu coba untuk mengatasi semua masalah yang sering mengganggu kepercayaan dirimu. 

 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat!

 

 

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?