Skip to content

9 Cara Memilih Helm Sepeda yang Nyaman!

9 Cara Memilih Helm Sepeda yang Nyaman!

cara memilih helm sepeda
(Cycliing News)

Cara Memilih Helm Sepeda – Aktivitas bersepeda belakangan ini sedang menjadi hobi yang diminati oleh banyak orang. Tidak hanya membuat tubuh lebih bugar, bersepeda juga bisa menjadi kegiatan olahraga sambil rekreasi. Walaupun hanya sekedar bersepeda santai, tapi ada salah satu perlengkapan yang tidak boleh terlupakan saat bersepeda, yaitu helm. Helm sepeda sangat penting untuk melindungi kepala ketika terjadi benturan saat terjatuh atau menabrak objek lain. Jadi, memilih helm sepeda juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Lalu, apa saja cara memilih helm sepeda yang nyaman dan berkualitas? Simak selengkapnya di sini!

1. Pilih Ukuran Helm Sepeda yang Sesuai

(Pinterest)

Tips pertama untuk memilih helm sepeda yang cocok adalah menyesuaikannya dengan ukuran kepala. Bila helm terlalu longgar atau sempit, tentu akan membuat pemakai merasa tidak nyaman. Untuk itu, kalian perlu mengetahui ukuran kepala sebelum membeli helm. Cara mengukurnya cukup mudah, yaitu ukur lingkar kepala menggunakan pita atau benang dengan jarak sekitar 2,5 cm dari alis. Agar hasil pengukuran lebih akurat, ulang sebanyak 2 hingga 3 kali dan hitung rata-ratanya. Selanjutnya, kalian tinggal mencari helm dengan ukuran yang sesuai di toko. Berikut adalah rincian ukuran helm sepeda pada umumnya:

1. Extra-small: < 51 cm

2. Small: 51 cm  – 54 cm

3. Medium: 51 cm – 56 cm

4. Large: 55 cm – 59 cm

5. Extra-large: 58 – 61 cm

6. One size fits all (pria): 57 cm – 61 cm

7. One size fits all (wanita): 50 cm – 57 cm

8. One size fits all (anak): 46 cm– 57 cm

2. Pilih Helm Sepeda Bersertifikat

Sama seperti helm motor, helm sepeda juga memiliki sertifikasi dan standar tertentu. Bila ingin membeli helm sepeda berkualitas yang terjamin, maka lebih baik memilih helm sepeda yang telah memiliki sertifikat, misalnya CE (European safety standard). Helm seperti ini telah melalui uji kualitas untuk menjaga pengguna helm lebih aman dan nyaman saat mengendarai sepeda. Jadi, tidak perlu khawatir lagi dengan ketahanan dan kualitasnya.

3. Perhatikan Logo MIPS pada Helm Sepeda

(Russ Brown Motorcycle Attorney)

Bila kalian sedang survey dan mencari helm sepeda, mungkin kalian tidak asing lagi dengan logo satu ini. Logo bertulisan MIPS dengan warna kuning cerah ini biasanya ditempelkan pada bagian belakang helm sepeda. Tapi, logo ini bukan sekedar stiker, melainkan ada maknanya. Helm sepeda yang disertai stiker MIPS berarti telah dilengkapi dengan teknologi pelindung kepala Multi-directional Impact Protection System (MPS). Fungsinya adalah untuk melindungi otak dari benturan berbagai arah saat pengendara terjatuh. Hal ini berbeda dengan helm sepeda pada umumnya yang dirancang untuk melindungi kepala dari benturan sudut 90 derajat. Jadi bila ingin memastikan safety atau keamanan saat bersepeda, sebaiknya memilih helm dengan labell MIPS.

4. Pilih Helm Sepeda dengan Bantalan Berkualitas

Cara memilih helm sepeda yang nyaman adalah dengan cara mengecek kualitas bantalan atau busa pelapisnya. Bantalan pada helm sepeda tidak hanya berguna sebagai pelapis saja, tapi memiliki fungsi lain untuk keamanan dan kenyamanan. Bantalan sepeda yang berkualitas kan mampu menyerap keringat dengan baik, tidak berbau, mudah dibersihkan, dan dapat melindungi kepala dari benturan. Selain itu, busa pelapis tersebut juga seharusnya tidak mudah kempes ketika ditekan agar tidak cepat longgar.

5. Cek Tali Pengikat Helm

(Thousand Helmets)

Tali pengikat tidak boleh terlewatkan dari cara memilih helm sepeda. Meskipun terkesan sepele, tali pengikat helm sepeda penting untuk menahan helm tetap pada posisi yang benar di kepala dan tidak mudah lepas. Bila tidak, helm sepeda akan mudah bergeser saat pengendara melalui jalanan yang tidak mulus. Hal ini bisa berbahaya dan malah menimbulkan resiko keamanan bagi pengendara. Untuk mengeceknya, kalian dapat mencoba memakai helm dan pastikan tali pengikat dagu seperti membentuk huruf V saat dikenakan.

6. Periksa Keberadaan Ventilasi Helm

Cara memilih helm sepeda yang berikutnya adalah dengan memperhatikan lubang ventilasi helm. Setiap model helm biasanya memiliki letak lubang ventilasi yang berbeda. Maka, kalian perlu mengecek untuk memastikan apakah keberadaan lubang ventilasi helm cukup untuk sirkulasi udara. Hal ini penting agar kalian tidak mudah merasa gerah dan kepanasan saat bersepeda. Helm dengan ventilasi yang baik akan terasa sejuk dan tidak terasa gerah ketika dikenakan dalam beberapa saat.

7. Pilih Helm Sepeda Sesuai Kebutuhan

jenis helm sepeda
(Outdoor Gear Lab)

Sama seperti memilih jenis sepeda, saat mencari helm sepeda kalian juga perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan. Helm sepeda banyak jenisnya, mulai dari helm full face hingga helm biasa sepeda gunung. Untuk itu, kalian dapat mencari helm sepeda sesuai tujuan penggunaan. Ada helm yang dirancang untuk meredam guncangan atau benturan, maupun helm yang didesain untuk menunjang aerodinamika atau kecepatan. Beberapa jenis helm sepeda yang sering digunakan yaitu sebagai berikut.

1. Helm Aero Road

2. Helm Road

3. Helm Sepeda BMX

4. Helm Sepeda Gunung

5. Helm Full Face

6. Helm Leisure

7. Helm Kids

8. Helm Time Trial

8. Pilih Desain Sesuai Selera

Tips memilih helm sepeda ini memang tidak sepenting yang lainnya. Tapi, menggunakan helm sepeda dengan desain favorit tentu akan membuat kalian semakin percaya diri saat memakainya. Bahkan, bisa saja menambah semangat untuk semakin rajin berolahraga sepeda. Tapi, jangan jadikan pertimbangan desain sebagai faktor utama saat memilih helm, ya. Keamanan dan kenyamanan harus menjadi prioritas saat sedang memilih helm.

9. Coba Helm Sebelum Membeli

(Liv Cycling)

Saat ini, kita semakin dimudahkan untuk melakukan transaksii secara online melalui marketplace. Tapi, tips bagi kalian yang sedang mencari helm sepeda, sebaiknya coba helm secara langsung sebelum membeli. Jadi, kalian tidak ragu lagi dengan kualitas helm yang akan dibeli dan dapat memastikan spesifikasi helm yang sesuai. Selain itu, untuk memastikan kualitas helm terkadang juga memerlukan pengecekan langsung, seperti menekan busa pelapis helm, memastikan helm sesuai ukuran kepala, dan sebagainya. Namun, bila ingin membeli tanpa mencoba langsung, lebih baik kalian memilih toko yang terjamin dan terpercaya supaya tidak menyesal.

Kesimpulan Cara Memilih Helm Sepeda

Demikian beberapa tips dan cara memilih helm sepeda. Meskipun terkadang masih banyak orang yang masih meremehkan pentingnya helm saat bersepeda, perlengkapan satu ini jangan sampai terlewatkan terutama saat berkendara di trek yang ekstrim dan menantang. Untuk memilih helm sepeda yang baik dan nyaman, kalian tidak harus selalu mencari helm dengan harga yang mahal. Hal yang terpenting adalah memastikan kenyamanan saat digunakan dan daya tahannya agar dapat menjamin keselamatan selama berkendara. Nah, semoga artikel berikut membantu kalian menemukan helm yang tepat, ya!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?