7+ Tips Cara Memilih Sepeda BMX

cara memilih sepeda bmx
(gemaltix)

Cara Memilih Sepeda BMX – Belakangan ini, sepeda BMX sedang populer di kalangan anak muda Indonesia. BMX yang dikenal juga dengan Bicycle Motorcross atau Bike Motorcross adalah jenis sepeda off-road yang biasanya digunakan untuk olahraga atau perlombaan. Tapi, kini sepeda jenis ini juga sudah sering kita temukan sehari-hari dan digunakan sebagai alat transportasi, olahraga, maupun sekedar untuk jalan-jalan. 

Popularitas sepeda ini terbukti dengan dimasukkannya pertandingan sepeda BMC sebagai salah satu cabang olahraga di pertandingan internasional. Maka, tidak heran bila peminatnya juga semakin berkembang dan banyak. Apalagi, belakangan tren dan lifestyle bersepeda sedang naik daun. Nah, bila kamu termasuk orang yang tertarik dan sedang mencari sepeda BMX, maka berikut adalah beberapa tips cara memilih sepeda BMX yang harus kamu simak. Jangan sampai menyesal karena salah memilih, ya! Yuk, langsung simak di bawah!

1. Sesuaikan Kebutuhan dengan Jenis Sepeda

(NoobNorm)

Cara memilih sepeda BMX yang paling utama tentu adalah mengenali kebutuhan penggunaan sepeda. Mengapa demikian? Alasannya karena sepeda BMX sendiri ada banyak jenis dan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Dengan mengetahui tujuan penggunaan sepeda dan kebutuhan, kamu bisa memilih sepeda BMX yang sesuai. 

Umumnya, jenis sepeda BMX yang paling dikenal adalah jenis BMX street dan BMX race. Sesuai namanya, BMX Street adalah sepeda yang lebih cocok digunakan di jalan-jalan dengan tujuan akrobatik atau freestyle. Kalian bisa menemukan sepeda ini digunakan untuk atraksi seperti di tempat skateboard, tangga, maupun jalanan. Ciri khas sepeda ini adalah rem motor atau gyro yang didesain bisa memutar setang hingga 360 derajat. Street BMX juga memiliki bobot yang lbih ringan dengan sadel yang lebih rendah. Fitur ini sesuai dengan fungsinya, yaitu untuk melakukan aksi akrobatik yang ekstrem.

Sementara itu, BMX race adalah sepeda yang memang dirancang untuk mendukung performa kecepatan. Dengan kata lain, sepeda ini cocok digunakan untuk bertanding dan beradu kecepatan. Kalian bisa menemukan sepeda BMX Race dengan gir depan yang besar karena hal ini mempengaruhi kayuhan dari rider. Bila kamu sedang mencari sepeda BMX yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari, maka BMX ride sangat direkomendasikan.

2. Cari Ukuran yang Sesuai

Agar dapat bersepeda dengan nyaman, maka kalian perlu mencari ukuran sepeda yang sesuai. Ukuran sepeda BMX cukup bervariasi sehingga kalian tidak perlu khawatir mencari ukuran yang tepat. Umumnya, tipe ukuran yang sering ditemukan adalah ukuran frame 16 hingga 20 inci. Berikut adalah pembagian ukuran sepeda BMX.

1. Mini: ukuran frame 16 – 17 inci, cocok untuk pengguna dengan tinggi badan di bawah 142 cm

2. Junior: ukuran frame 17 – 18,5 inci, cocok untuk tinggi 137 – 149 cm

3. Expert: ukuran frame 18,5 – 19,5 inci, cocok untuk tinggi 147 – 163 cm

4. Pro: ukuran frame 20 inci, cocok untuk pengguna dengan tinggi di atas 163 cm

3. Perhatikan Material Frame Sepeda BMX

frame sepeda bmx
(The Coolist)

Tips memilih sepeda BMX yang perlu diperhatikan adalah frame sepeda. Bisa dikatakan, frame termasuk bagian terpenting pada sepeda BMX karena membentuk rangka sepeda dan sangat mempengaruhi kenyamanan pengendara. Frame sepeda BMX yang abik haruslah kokoh dan tidak mudah rusak, apalagi patah. Nah, berikut adalah hal yang perlu kamu perhatikan saat mengecek frame sepeda BMX.

1. Material atau bahan frame

2. Tinggi dan ukuran frame, sesuaikan dengan tinggi pengguna

3. Kerapian sambungan frame

4. Kekuatan dan daya tahan frame sepeda BMX

4. Pastikan Jenis Rem yang Digunakan

Sepeda BMX memang sering digunakan untuk berkendara ekstrim. Maka, rem menjadi komponen penting yang perlu mendapat perhatian khusus. Jadi sebelum membeli sepeda, kalian perlu memastikan jenis rem yang digunakan. Beberapa tipe rem yang biasa digunakan yaitu sebagai berikut.

1. V-Brake: Daya rem yang sangat kuat dan cepat

2. Rotor atau gyro: Mudah untuk memutar setang dengan sistem kabel yang tidak mudah terlilit

3. U-Brake: Cocok untuk kebutuhan sepeda freestyle, tapi kurang direkomendasikan untuk tipe BMC Race yang fokus pada performa kecepatan

5. Cek Ketahanan Rantai dan Kualitas Ban

frame sepeda
(Pinkbike)

Saat membeli sepeda BMX, komponen sepeda memang sangat penting untuk dicek. Termasuk pula rantai sepeda dan ban yang digunakan. Ban sepeda yang baik adalah ban yang mampu menapak sempurna pada permukaan sehingga akan membuat pengendara lebih aman. Kemudian, rantai sepeda juga harus terpasang kencang. Jika longgar, tentu akan memerlukan maintenance yang lebih cepat dan menganggu pengendara.

6. Tambahan Aksesori Sepeda BMX yang Dibutuhkan

aksesori sepeda BMX
(Ingeniovirtual)

Setelah memastikan kelengkapan komponen sepeda beserta kondisinya, kalian juga perlu memperhatikan kebutuhan tambahan aksesori. Apabila ada aksesori sepeda tertentu yang diperlukan, kalian bisa menambahkan atau menyesuaikannya. Sedangkan bila ada aksesori sepeda yang dirasa kurang perlu dan dianggap mengganggu, kalian bisa meminta kepada penjaga toko untuk melepaskannya. Salah satu contohnya yaitu kabel yang digunakan sebaiknya tipe detangling supaya tidak menganggu bila kamu ingin melakukan freestyle dengan sepeda BMX. 

7. Pertimbangkan untuk Membeli Sepeda Rakitan atau Lengkap

Terkadang, ada pula toko yang menawarkan sepeda BMX rakitan. Jadi, pembeli bisa menentukan komponen atau spesifikasi tertentu yang diinginkan. Dengan kata lain, pembeli bisa mengajukan custom untuk sepeda yang diinginkan. Tapi untuk pemula atau orang awam, sebaiknya membeli sepeda BMX yang sudah lengkap terpasang. Hal ini untuk menghindari kesalahan atau pilihan yang kurang tepat. Bila memerlukan aksesori tambahan dan ada kebutuhan tertentu, kalian juga bisa berdiskusi dan meminta rekomendasi dari penjaga toko yang tentunya lebih paham.

8. Beli di Toko yang Terpercaya

toko sepeda

Sepeda BMX biasanya memiliki harga yang relatif mahal. Jadi, tentu sebagai konsumen kita juga harus bijak memilih toko yang bisa dipercaya dan menjual sepeda BMX original. Jangan sampai sepeda yang dibeli bukan merk original atau ada komponen sepeda yang kurang dan cacat. Untuk menghindari hal seperti ini, kamu bisa membeli di toko yang bisa menjamin kualitas produknya ya!

Kesimpulan Cara Memilih Sepeda BMX

Sepeda BMX memang memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan sepeda biasa, tapi sangat sebanding dengan kualitasnya. Apalagi, bila dirawat dengan baik sepeda BMX dapat digunakan untuk jangka panjang. Agar tidak salah memilih dan tidak menyesal setelah membeli, kalian dapat mengikuti beberapa tips mengenai cara memilih sepeda BMX. Semoga artikel ini membantu kalian dalam menemukan sepeda yang sesuai, ya!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?