Pola Penyerangan dalam Permainan Bola Basket

Secara garis besar, pola penyerangan adalah strategi yang digunakan suatu tim untuk melakukan penyerangan kepada tim lawan. Pola penyerangan dalam permainan bola basket sendiri bertujuan untuk menyerang tim lawan dengan membentuk formasi khusus.

 

Sekilas, ini hampir sama dengan teknik formasi dalam permainan futsal. Dalam permainan bola basket, sebuah tim tak hanya harus melakukan upaya pertahanan bola saja, melainkan juga harus melakukan penyerangan dengan strategi tertentu.

Pengertian Pola Penyerangan dalam Permainan Bola Basket

Pola Penyerangan dalam Permainan Bola Basket
(Pixabay)

Sebagai cabang olahraga yang mengandalkan kerjasama satu tim, ada banyak strategi khusus yang perlu diterapkan dalam permainan bola basket. Dua di antaranya adalah pola penyerangan dan pola pertahanan.

 

Jika pola pertahanan dilakukan sebagai upaya mempertahankan bola agar tidak direbut tim lawan. Maka pola penyerangan dalam permainan bola basket digunakan untuk menyerang tim lawan agar tidak bisa mencetak poin.

6 Pola Penyeranan dalam Permainan Bola Basket

Peraturan dalam Bola Basket yang Wajib Dipatuhi!
(Pixabay)

Dalam penerapannya, pola penyerangan dalam permainan basket harus disusun secara matang untuk bisa menguasai pertandingan. Ada 6 jenis pola penyerangan yang harus kamu kuasai untuk meraih kemenangan, di antaranya:

Pola Penyerangan Bebas (Off The Ball)

Pola penyerangan off the ball merupakan salah satu strategi yang bersifat bebas. Strategi menyerang dilakukan atas penguasaan taktik, kesempurnaan fisik, dan teknik dari setiap pemain dalam tim. 


Dalam penerapannya, pola off the ball dilakukan tanpa menggunakan bola. Meskipun bersifat bebas, pola penyerangan yang satu ini membutuhkan kerjasama tim yang kuat dalam membentuk strategi yang baik.

Pola Penyerangan Kilat (Fast Break)

Fast break atau yang biasa disebut dengan pola penyerangan kilat merupakan serangan yang dilakukan dengan cepat sebelum lawan berkesempatan menempati area pertahanannya. Pola penyerangan dalam permainan bola basket yang satu ini bertujuan untuk mendapatkan posisi tembakan ketika tim lawan belum menempati posisi pertahanannya.

 

Teknik penyerangan fast break dilakukan dengan 2 atau 3 passing dalam sebuat tembakan. Biasanya pola penyerangan ini digunakan untuk menghancurkan pola pertahanan dari tim lawan.


Fast break memiliki pola dan penerapan yang sangat beragam. Misalnya menempatkan 2 pemain pointtaker, 1 orang rebounder, atau bahkan menempatkan 3 pemain atau lebih. Pola penyerangan ini dapat dilakukan secara fleksibel tergantung kondisi di lapangan.

Pola Penyerangan Kilat Berpola (Set Offence)

Pola Penyerangan dalam Permainan Bola Basket
(Pixabay)

Set offence atau pola penyerangan berpola merupakan strategi yang dilakukan dengan cara mengatur tugas tiap pemain serta menata jalur gerakan. Tidak seperti pola penyerangan sebelumnya yang bersifat bebas, set offence hanya bisa diterapkan pada kondisi tertentu saja.


Seperti halnya saat terjadi lemparan kedalam, jump ball, dan sebagainya. Saat terjadi jump ball, kamu bisa memanfaatkan keadaan untuk mulai melakukan serangan kilat berpola dengan strategi yang matang.

Pola Penyerangan Drive Driving

Pola penyerangan drive driving identik dengan gerakan cepat serta agresif. Dalam penerapannya, pemain harus melakukan dribble pada bola sambil menerobos ke area pertahanan lawan. 


Pola penyerangan drive driving ini bisa dilakukan pada kondisi apapun untuk upaya penyerangan area tim lawan guna mencetak skor baru. Namun tentunya, ini membutuhkan strategi yang matang agar bisa dilakukan dengan sempurna.

Pola Penyerangan Shuffle

Pola penyerangan acak atau yang dikenal sebagai shuffle adalah strategi yang dilakukan dengan kerja sama seluruh pemain dalam tim yang bergerak dari satu posisi ke posisi lain secara teratur.


Pola penyerangan shuffle kerap dilakukan dalam berbagai pertandingan bola basket. Pada umumnya, strategi shuffle ini dilakukan untuk menyerang pola pertahanan man to man, atau zone defense yang dilakukan oleh tim lawan.

Penyerangan Berpola (Pattern)

Pola penyerangan berpola atau pattern dilakukan dengan pengaturan jalur gerakan dan tugas masing-masing pemain. Seperti namanya, pattern dilakukan dengan sangat terstruktur secara pasti agar serangan dapat dilakukan dengan teratur.

 

Adapun fungsi dari pola penyerangan ini dilakukan untuk menghambat jalannya pertandingan ketika pemain sulit untuk menerobos daerah pertahanan lawan. Pola penyerangan pattern terbagi menjadi 3 jenis formasi, yaitu:

 

  • Pola penyerangan diamond (Pola 1-3-1)
  • Pola Penyerangan ault man (Pola 1-2-1)
  • Pola Penyerangan reverse (Pola 2-3)

Demikianlah penjelasan lengkap tentang pola penyerangan dalam permainan bola basket. Sebenarnya, setiap pola penyerangan dalam permainan bola basket memiliki fungsi dan peranannya masing-masing.

 

Namun, kunci utama untuk bisa mencapai kemenangan dalam pertandingan adalah kerjasama tim yang solid dalam melaksanakan pola penyerangan yang telah diputuskan. Dalam permainan bola basket, setiap pemain harus memiliki sifat saling pengertian dan tidak egois.

 

Tanpa hal tersebut, sebuah tim basket tidak akan bisa menerapkan pola penyerangan yang matang. Akibatnya, tentu tim akan sulit untuk mencapai kemenangan yang didambakan. Sekian ulasan tentang pola penyerangan dalam permainan bola basket, semoga bermanfaat!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?