8 Cara Memegang Bola Basket yang Benar

cara memegang bola basket
(Stack)

Cara Memegang Bola Basket – Selain teknik dribble, ada teknik dasar lain yang harus dikuasai oleh pemain basket. Bila tidak menguasai teknik ini dengan baik, maka permainan dijamin tidak akan berjalan lancar karena bola akan lebih mudah direbut lawan. Teknik yang dimaksud yaitu teknik memegang bola basket. Kemampuan ini sangat penting terutama saat pemain melempar, menerima, menggiring, hingga menangkap bola. Sebagai olahraga yang melibatkan banyak gerak tangan dan jari, teknik dasar ini tentu tidak boleh terlewatkkan.

Namun, terkadang cukup banyak pemain pemula atau orang yang baru bermain basket yang masih kurang paham mengenai cara memegang bola basket yang benar. Hal ini membuat pemain kesulitan untuk menguasai teknik basket lainnya seperti overhead pass, bounce pass, jump shoot, dan sebagainya. Untuk itu, artikel berikut akan membahas mengenai berbai cara memegang bola basket untuk membantu pemula. Nah, yuk simak selengkapnya di bawah!

1. Memegang Bola dengan Empat Jari

(Master Class)

Bola basket tidak selalu perlu dipegang menggunakan seluruh telapak tangan. Pemain juga dapat menggunakan empat jari utama untuk memegang bola. Jari tersebut yaitu ibu jari, jari tengah, jari manis, dan jari telunjuk. Nah, teknik ini juga biasa dikenal dengan sebutan four finger grip. Biasanya, bola yang dipegang dengan teknik ini akan menghasilkan bola putaran samping ada saat dilempar. Jadi, arah bola ke samping luar.

 

Agar dapat menahan bola dengan baik dan tidak jatuh, kekuatan jari menempel pada bola penting untuk diperhatikan. Tapi, kalian tidak perlu khawatir karena memegang bola dengan kedua tangan menggunakan posisi jari seperti ini masih tergolong mudah dan tidak mudah lepas dari genggaman.

2. Memegang Bola dengan Tiga Jari

Selanjutnya, cara memegang bola basket yang benar dapat menggunakan tiga jari. Istilah lain untuk teknik ini adalah three finger grip. Bola dipegang menggunakan tiga jari utama, yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Jari kelingking dan ibu jari hanya digunakan sebagai penyangga saja dan posisinya di bawah tiga jari utama. Teknik ini terbilang cukup unik dan lebih jarang digunakan dibandingkan dengan teknik lainnya. Tapi, biasa dilakukan oleh pemain saat sedang menargetkan arah lemparan bola.

3. Memegang Bola dengan Dua Jari

Hal pertama yang mungkin kalian pikirkan adalah bagaimana mungkin memegang bola basket dengan dua jari saja. Nyatanya, bola basket tetap tidak mudah lepas meski hanya ditahan oleh dua jari. Pada teknik ini, jari yang digunakan adalah jari telunjuk dan jari tengah saja. Ketiga jari lainnya hanya berfungsi sebagai penyangga. Bola yang dilempar dengan teknik pegangan ini cenderung memutar ke arah belakang atau mengalami back spin. Jadi, lintasan gerak bola basket mendatar.

4. Ruas Jari pada Jalur Bola

Bagaimana teknik memegang bola basket satu ini? Sebenarnya, hampir mirip dengan cara memegang bola lainnya. Hal yang sedikit membedakan adalah posisi ibu jari yang terletak pada alur bola pada area tengah. Posisi ibu jari cukup berjarak dengan keempat jari lainnya.

5. Tangan Membentuk Mangkuk Besar

teknik memegang bola
(HoopBeast)

Ini adalah salah satu cara memegang bolas basket yang benar dengan mudah. Pemain hanya perlu memvisualisasikan tangan sedang memegang sebuah mangkuk. Jadi, sikap awal telapak tangan membentuk mangkuk besar. Kemudian, telapak tangan melekat pada bola dengan posisi jari yang menempel pada bola. Perlu diingat bahwa jari tidak dirapatkan, melainkan berjarak satu sama lain. Sementara itu, posisi ibu jari terletak di bagian sisi yang terdekat dengan tubuh. 

6. Pura pura Oper Bola

Teknik memegang bola basket ini dapat digunakan untuk mengecoh lawan. Kamu bisa melakukan teknik ini ketika pegangan bola dirasa kurang nyaman atau kurang pas. Jadi, dengan teknik ini kalian bisa pura-pura mengoper atau passing bola seperti akan melempar bola ke teman. Tapi, selanjutnya beri kekuatan pada ujung jari agar tetap menempel pada bola agar bola basket tidak terlempar

7. Latihan Menggunakan Bola Kecil

Bagi pemain pemula, memegang bola bisa saja terasa sulit. Hal ini lebih sering dirasakan oleh pemain wanita karena memiliki ukuran telapak tangan lebih kecil. Untuk mengatasi ini,, kalian dapat latihan memegang bola basket dengan ukuran yang lebih kecil. Setidaknya, kalian dapat melatih kekuaran jari saat menyentuh bola dan memposisikan jari tangan dengan benar.

8. Meremas Bola

cara memegang bola basket
(Pinterest)

Dengan melakukan teknik ini, maka pemain secara tidak langsung telah melatih kekuatan jari. Jari dan telapak tangan menekan bola dengan bertenaga seperti akan meremas bola. Teknik ini memerlukan kedua tangan karena biasa seringkali dikombinasikan dengan gerakan mengoper atau shooting

Kesimpulan Cara Memegang Bola Basket yang Benar

Demikian penjelasan mengenai berbagai cara memegang bola basket. Kalian dapat melakukan latihan secara konsisten dengan menggabungkan beberapa teknik di atas. Tujuannya agar semakin terbiasa dengan berbagai teknik dan semakin siap saat bermain. Selain itu, beberapa teknik memegang bola juga lebih cocok untuk gerakan tertentu. Jadi, kalian dapat menyesuaikan jenis pegangan bola basket dengan teknik lain yang akan kalian praktekkan. Misalnya adalah teknik tangan membentuk magkok pada saat melakukan dribble atau teknik meremas bola saat akan melakukan passing ke anggota tim. Nah, semoga artikel ini bermanfaat ya.

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?