Penting! Cara Menggiring Bola Basket yang Benar Adalah Seperti Ini

cara menggiring bola yang benar adalah
(Playo)

Cara menggiring bola basket yang benar adalah bagaimana ya? Mungkin pertanyaan ini pernah terbesit di pikiran kalian ketika baru pertama bermain basket. Meskipun terlihat mudah, nyatanya pemain amatir atau orang yang baru mencoba basket terkadang masih kesulitan melakukan teknik dasar ini. Padahal, menggiring bola adalah teknik paling utama yang pasti digunakan sepanjang permainan basket. Bila tidak bisa menggiring bola basket, maka akan mudah direbut oleh lawan dan permainan cepat berakhir.

Di sisi lain, atlet basket yang sudah jago juga tidak boleh menyepelekan teknik menggiring bola atau dribble. Latihan dribbling ini perlu diselipkan selama latihan basket. Hal ini karena mengggiring bola basket tidak hanya sekedar memantulkan bola di tanah saja. Ada berbagai jenis teknik dribble yang perlu diketahui oleh pemain. Jai, baik pemain pemula maupun profesional perlu mengenal lebih dalam tentang teknik dribble agar dapat bermain dengan maksimal saat pertandingan. Nah, artikel berikut akan membahas dengan lengkap mengenai cara menggiring bola basket yang benar. Yuk, langsung simak di bawah!

Pengertian Menggiring Bola (Dribbling)

under pass dalam bola basket
(iStock)

Menggiring bola dikenal juga dengan dribbling dalam istilah bola basket. Secara singkat, teknik dribbling ini adalah gerakan menggiring bola  dalam keadaan diam maupun berpindah tempat dengan cara memantulkannya di atas bidang tanah. Gerakan menggiring bola dilakukan dengan salah satu tangan saja dan dapat dilakukan menggunakan tangan kiri maupun tangan kanan. Hal yang paling utama saat melakukan dribbling adalah menjaga bola dekat dengan penggiring. Tujuannya adalah agar bola basket tidak mudah direbut oleh lawan.

Saat menggiring bola, ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan. Misalnya, bola harus menyentuh lantai  dan tidak boleh dipukul menggunakan dua tangan. Selain menggiring bola, pemain juga harus bisa mengontrol bola dengan baik ketika berpindah tempat. Jangan sampai bola justru direbut oleh pemain lawan pada saat melakukan dribbling.

Jenis Teknik Dribble Bola Basket

cara menggiring bola basket yang benar adalah
(Stack)

Apakah kalian tahu, bahwa cara menggiring bola basket yang benar adalah dengan menggiring bola dalam posisi rendah. Tapi, teknik dribble sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Apa sajakah teknik menggiring bola basket? Berikut penjelasannya.

 

1. Teknik Spin Dribble

Biasanya, teknik ini juga disebut dengan istilah reverse dribble atau roll dribble. Sesuai namanya, teknik menggiring bola ini dilakukan dengan cara bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri. Jenis teknik dribbling ini cukup sulit untuk pemula dan memerlukan banyak latihan agar dapat menguasainya dengan baik. Apalagi, gerakan perlu dilakukan dengan cepat dan biasanya sambil berlari atau mengelilingi pemain lain. Cara melakukannya yaitu:

  • Bila menggunakan tangan kanan, posisikan kaki kiri ke depan untuk menjadi tumpuan saat memutar tubuh
  • Lakukan gerakan memutar 360 derajat 

2. Dribbling Rendah

Berikutnya, cara menggiring bola basket yang benar adalah dengan cara memantulkan bola serendah mungkin dengan tanah. Bola dipantulkan dengan cepat agar tetap memantul, kemudian sambil dibawa berlari untuk menembus pertahanan lawan. Berikut adalah langkah-langkahnya. 

  • Buka kaki selebar bahu, salah satu kaki berada di depan kaki lainnya
  • Tekuk lutut dan condongkan badan agak ke depan
  • Pantulkan bola basket dengan ketinggian di bawah lutut dan pinggang
  • Lakukan gerakan sambil mengarahkan bola ke area yang diinginkan

3. Dribbling Tinggi

Dribbling tinggi adalah salah satu cara menggiring bola basket yang benar. Pada teknik ini, bola dipantulkan dengan ketinggian di antara pinggang dan bahu. Umumnya, teknik dribbling tinggi berfungsi untuk mempercepat penyerangan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka kaki selebar bahu dengan posisi sejajar
  • Pantulkan bola sesuai dengan sisi kanan yang digunakan. Bila menggiring bola di sisi kanan, gunakan tangan kanan dan demikian sebaliknya
  • Fokuskan pandangan ke depan
  • Pantulkan bola dengan ketinggian antara pundak dan pinggang

4. Teknik Crossover Dribble

Hampir serupa dengan teknik menggiring spin dribble, teknik ini juga termasuk rumit. Bola digiring dengan gerakan menyilang agar lawan terkecoh sehingga sulit untuk merebut bola. Supaya menguasai teknik ini, kalian memerlukan banyak latihan agar terbiasa. Bila salah melakukan, bisa saja bola semakin mudah direbut oleh lawan.

5. Teknik Between The Legs

Kalian mungkin sudah bisa menebak teknik dribble satu ini. Sesuai namanya, bola basket dipindahkan dengan bergantian dengan melewati celah di antara kaki. Jadi, melibatkan tangan kanan dan tanggan kiri. Biasanya, teknik dribble basket ini dilakukan saat ingin mengganti arah atau ketika pemain sedang dijaga oleh lawan. 

6. Teknik Behind The Back

Kali ini, cara menggiring bola basket yang benar adalah dengan cara dipantulkan bergantian di depan dan belakang tubuh. Teknik dribble ini juga tergolong susah bagi para pemain pemula. Untuk itu, perlu banyak latihan dan penguasaan teknik dasar yang baik. Bila menguasai teknik ini, kalian telah menambah variasi teknik dribble yang bisa diterapkan untuk mencegah bola direbut musuh.

Pelanggaran Saat Menggiring Bola

cara menggiring bola yang benar adalah
(Playo)

Selain perlu mengetahui cara menggiring basket yang benar, kalian juga perlu mengetahui apa saja pelanggaran yang bisa terjadi saat menggiring bola. Tujuannya agar kalian dapat menghindari kesalahan ini saat bermain.

1. Melakukan Carrying

Pemain yang sedang melakukan dribble memegang bola dengan dua tangan secara bersamaan. Kesalahan ini juga terjadi ketika pemain memutar bola dengan tangan.

2. Traveling atau Walking

Istilah ini sepertinya tidak asing lagi karena sering terjadi pada pemain pemula. Pemain yang membawa bola lebih dari dua langkah tanpa melakukan dribble dikenai jenis pelanggaran ini. Jadi, jangan lupa perhatikan langkahh kaki saat bermain, ya.

3. Double Dribble

Pelanggaran ini terjadi ketika pemain telah melakukan dribble kembali setelah berjalan atau berlari. Nah, supaya pelanggaran ini tidak terjadi makan pemain yang telah menggiring bola perlu mengumpan atau passing bola kepada anggota timnya yang lain.

Cara Menggiring Bola Basket yang Benar Adalah

Jadi, dapat disimpulkan bahwa cara menggiring bola basket yang benar adalah tergantung jenis teknik dribble yang dipilih. Meskipun memiliki perbedaan teknik, pada dasarnya tujuan dribble adalah sama, yaitu untuk mempetahankan bola agar tidak direbut musuh. Kemudian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggiring bola basket:

  • Bola digiring dengan rendah agar tidak mudah direbut musuh
  • Posisi kepala diangkat agar tetap dapat memperhatikan kondisi lapangan dan tidak terpaku pada bola saja
  • Bola dipantulkan dengan keras dengan tempo yang konsisten. Bila tidak, maka bola bisa berhenti memantul dan dribble menjadi gagal.

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?