Apa Perbedaan Sepak Bola dan Futsal?

apa perbedaan sepak bola dan futsal
(Anadolu Agency)

Apa Perbedaan Sepak Bola dan Futsal – Serupa namun tak sama, olahraga futsal dan sepak bola seringkali dianggap mirip dan bahkan dianggap sebagai jenis permainan yang sama. Padahal, terdapat beberapa perbedaan antara keduanya. Sepak bola dan futsal memang memiliki persamaan dari segi tujuan permainan, yaitu untuk mencetak gol ke gawang lawan sebanyak mungkin demi memenangkan pertandingan. Selain itu, perlengkapan pemain futsal dan teknik dasar futsal juga memiliki kemiripan dengan sepak bola. Tapi, futsal dan sepak bola adalah cabang olahraga yang berbeda. Nah, kira-kira apa saja perbedaan tersebut? Mari kita simak pada artikel berikut.

1. Jumlah Pemain

Bila orang awam yang bertanya tentang apa perbedaan sepak bola dan futsal, hal pertama yang paling terlihat adalah dari segi jumlah pemain. Permainan futsal membutuhkan lima orang pemain per tim, termasuk penjaga gawang. Sedangkan dalam permainan sepak bola dibutuhkan 11 orang pemain termasuk penjaga gawang. Dilihat dari jumlah pemain, permainan futsal membutuhkan jumlah anggota tim yang lebih sedikit. Ini membuat futsal menjadi olahraga yang lebih sederhana dan sering dimainkan untuk olahraga sehari-hari.

2. Arena Pertandingan

Perbedaan berikutnya adalah arena pertandingan. Sepak bola terdiri dari jumlah anggota pemain yang lebih banyak. Maka, tidak mengherankan bila arena dan lapangan pertandingan sepak bola juga lebih besar dibandingkan permainan futsal. Selain itu, biasanya futsal dimainkan dalam arena indoor karena membutuhkan luas lapangan yang lebih kecil. Permainan sepak bola yang luas membutuhkan arena bermain outdoor. Lalu, bagaimana perbedaan ukuran lapangan keduanya? Berikut adalah perbedaan ukuran lapangan futsal dan sepak bola:

Sepak bola:

panjang: 90-120 meter

lebar: 45-90 meter

 

Futsal:

panjang: 38-42 meter

lebar: 18-25 meter

3. Durasi Permainan

Meskipun sama-sama terdiri dari 2 babak permainan, sepak bola dan futsal memiliki waktu permainan yang berbeda. Dalam futsal, satu babak memiliki durasi 20 menit. Bila bola offplay, maka waktu pertandingan berhenti. Sementara pada pertandingan sepak bola, satu babak terdiri dari 45 menit. Kemudian bila bola keluar maka waktu tetap akan berjalan dan terhitung. Jadi, secara total permainan sepak bola membutuhkan waktu permainan selama 90 menit (2 babak) dan permainan futsal membutuhkan waktu 40 menit (2 babak).

4. Aturan Offside

(Youtube)

Dalam permainan futsal tidak ada aturan offside. Sementara sepak bola memiliki aturan offside. Offside yaitu kondisi saat pemain berada di area lawan ketika bola sedang dioper padanya, sementara itu tidak ada pemain lawan yang berada di dekatnya selain kiper atau penjaga gawang. Aturan ini berlaku ketika pemain penyerang ada di dekat gawang lawan daripada bola dan dua pemain lawan lainnya.

5. Aturan Pergantian Pemain

Apa perbedaan sepak bola dan futsal yang unik? Jawabannya adalah pergantian pemain. Dalam permainan futsal, pergantian pemain tidak ada batasannya. Dengan kata lain, pemain bebas keluar masuk pertandingan selama permainan masih berjalan. Hal ini berbeda dengan permainan sepak bola. Pergantian pemain dibatasi dan pemain yang sudah keluar tidak boleh bermain lagi di area lapangan.

6. Wasit

Dalam permainan sepak bola, terdapat satu wasit utama dan dua orang hakim garis. Hakim garis biasanya berada di belakang garis tepi panjang lapangan. Tugasnya adalah sebagai asisten wasit utama dan membantu mengamati bola yang keluar lapangan atau tim yang mendapat tendangan bebas.  Sementara itu, permainan futsal dipimpin oleh seorang wasit dan seorang asisten saja. Asisten wasit dalam sepak bola lebih banyak dibandingkan futsal, hal ini karena luas lapangan juga lebih besar sehingga perlu pengamat yang lebih banyak pula.

7. Bola Keluar Lapangan

lemparan bola ke dalam
(Kompas)

Apa perbedaan sepak bola dan futsal bila bola keluar lapangan? Dalam permainan futsal, maka bola akan ditendang ke dalam dari garis pinggir lapangan. Namun bila bola keluar lapangan dalam pertandingan sepak bola, maka bola akan dilempar ke dalam oleh saorang pemain.

8. Ukuran Bola

Perbedaan yang berikutnya antara sepak bola dan futsal ada pada perlengkapan utama permainan, yaitu bola. Bola yang digunakan dalam permainan futsal berukuran lebih kecil dibandingkan bola dalam pertandingan sepak bola. Berikut adalah perbedaan ukuran keduanya.

Ukuran bola futsal:

Berat: 390-430 gram

Ukuran size: 4

Lingkar bola: 62-64 cm

 

Ukuran bola dalam sepak bola:

Berat: maksimal 450 gram

Lingkar bola: 68-70 cm

Kesimpulan: Apa Perbedaan Sepak Bola dan Futsal?

bola futsal
(Inside World Futsal)

Nah, sekarang kalian telah melihat apa perbedaan sepak bola dan futsal. Meskipun memiliki cara bermain yang mirip, ternyata terdapat beberapa hal yang membedakan keduanya. Bila ingin menjadi pemain futsal yang profesional, tentu kalian juga perlu memahami hal lainnya tentang futsal, seperti pelanggaran dalam futsal, perlengkapan pemain futsal, dan sebagainya. Selain itu, perlu juga menguasai berbagai teknik dalam futsal seperti teknik passing futsal, teknik shooting futsal, atau teknik dasar kiper. Semoga artekil ini membantu kalian memahami perbedaan sepak bola dan futsal, ya!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?