Kenali Perbedaan Bahan Hyget dan Jersey

Ada beragam jenis bahan yang biasa digunakan untuk baju olahraga, seperti jersey dan hyget. Keduanya merupakan jenis bahan yang paling banyak diminati berkat keunggulannya masing-masing. Apa saja perbedaan bahan hyget dan jersey? 

 

Secara garis besar, bahan hyget biasanya identik dengan dimensinya yang lebih tipis. Sementara bahan jersey identik dengan sifatnya yang lebih renggang, tidak berbulu, dan sedikit lebih tebal. 

 

Kedua bahan baju olahraga ini juga memiliki beragam jenis yang sangat variatif. Beberapa jenis bahan jersey yang paling populer di antaranya, jersey dryfit, spandek jersey, high twist, jersey stella, jersey serena, dan masih banyak lagi.

 

Sementara jenis bahan hyget yang paling populer di antaranya adalah hyget biasa, hyget super, hyget balon, hyget serena dan masih banyak lagi. Masing-masing jenis tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

 

Sebelum mengetahui perbedaan bahan hyget dan jersey, kamu perlu mengerti informasi dari kedua bahan ini terlebih dahulu. Simak pengertian, jenis, serta kelebihan dan kekurangan bahan hyget dan jersey di bawah ini.

Mengenal Bahan Hyget

perbedaan bahan hyget dan jersey
(Pexels)

Hyget adalah salah satu jenis bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan kaos olahraga. Bahan hyget terbuat dari antara poliester dan katun. Namun, ini memiliki tingkat ketebalan yang lebih tipis dan telah disesuaikan dengan kebutuhan olahraga.

 

Jika dilihat dari dimensinya, bahan hyget akan jauh lebih tipis dibandingkan dengan bahan kaos lainnya. Selain itu, harga bahan hyget juga biasanya dibanderol lebih murah dibandingkan jenis bahan combed, carded, dan sekelasnya.

 

Bahan hyget memiliki karakter yang sedikit mengkilap dan tidak mudah kusut. Selain itu, meskipun tipis biasanya bahan ini juga terasa panas saat dikenakan karena tidak menyerap keringat.

 

Jenis Bahan Hyget

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan hyget yang harus kamu ketahui:

 

  • Bahan hyget tipis
  • Bahan hyget biasa
  • Bahan hyget super
  • Bahan hygetbalon
  • Bahan hyget serena

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Hyget

Adapun kelebihan dan kekurangan bahan hyget adalah sebagai berikut:

1. Harga lebih murah

Harga bahan hyget biasanya lebih murah dibandingkan bahan jersey atau sekelasnya. Jika kamu ingin membuat kaos dengan budget terbatas, bahan hyget ini bisa jadi alternatif yang tepat untukmu.

2. Nyaman digunakan

Meskipun hyget identik dengan bahannya yang terasa panas saat digunakan, namun beberapa jenis hyget cukup nyaman dikenakan dalam waktu lama.

3. Tidak mudah kusut dan mudah disetrika

Salah satu kelebihan bahan hyget yang paling menonjol adalah tidak mudah kusut dan mudah disetrika. Bahkan bahan baju hyget bisa langsung digunakan tanpa disetrika. Tidak perlu takut terlihat kusut karena bahan ini cenderung terlihat rapi.

4. Tidak Menyerap Keringat

Terlepas dari beberapa kelebihannya, terdapat sejumlah kekurangan dari bahan yang satu ini. Salah satunya adalah tidak menyerap keringat, ini merupakan salah satu pertimbangan utama yang dipikirkan seseorang sebelum memilih hyget.

Mengenal Bahan Jersey

perbedaan bahan hyget dan jersey
(Pexels)

Berbeda dari bahan hyget, jersey adalah jenis bahan rajutan yang dibuat dengan kombinasi bahan katun dan bahan sintetis. Bahan jersey ini cukup populer karena sifatnya yang lebih merenggang.

 

Biasanya, bahan jersey identik dengan teksturnya yang lebih halus, lebih tebal, dan tidak berbulu. Selain itu, bahan jersey juga memiliki sifat jatuh dan mengikuti tekstur tubuh saat digunakan.

Jenis Bahan Jersey

Pasalnya, jenis bahan jersey sangatlah beragam. Namun, beberapa bahan jersey yang paling umum adalah sebagai berikut:

 

  • Spandek jersey 
  • Jersey etiway
  • Jersey crepe
  • Jersey drifit
  • Jersey hight twist
  • Jersey stella
  • Jersey serena
  • Jersey scarlet dan jersey sherly
  • Jersey rayon
  • Jersey paragon
 

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Jersey

Adapun kelebihan kekurangan bahan jersey yang perlu kamu ketahui yaitu:

1. Tidak Mudah Kusut

Bahan jersey memiliki kelebihan tidak mudah kusut. Sama halnya seperti hyget, kamu tidak perlu menyetrikanya terlalu sering. Baju dengan bahan jersey bisa langsung dipakai tanpa perlu disetrika terlebih dahulu.

2. Mudah Menyerap Keringat

Berbeda dari bahan hyget, jersey dikenal bagus karena bisa dengan mudah menyerap keringat. Hal inilah yang biasanya menjadi pertimbangan seseorang untuk memutuskan memilih bahan jersey.

3. Tekstur Fleksibel

Bahan jersey memiliki tekstur kain yang fleksibel dan mengikuti postuur tubuh., Sehingga ketika digunakan akan terlihat elegan pada tubuh meskipun berukuran besar. Maka dari itu, bahan jersey sering digunakan pada pakaian olahraga.

4. Cukup Berat

Ketebalan bahan jersey sangat bervariasi, bahan jersey yang bagus biasanya tidak begitu tebal. Namun ada juga yang memiliki bahan sangat tebal. Jenis bahan jersey yang sangat tebal membuat penggunanya akan terasa berat. Sehingga akan mengganggu kenyamanan pengguna saat berolahraga.

Perbedaan Bahan Hyget dan Jersey

(Amazon)

Setelah mengenal kedua jenis bahan hyget dan jersey, kamu perlu mengetahui apa perbedaan bahan hyget dan jersey tersebut. Pasalnya, kedua bahan ini merupakan jenis yang paling banyak diminati oleh pecinta olahraga.

 

Karenanya, kamu perlu mempertimbangkan perbedaan keduanya untuk memilih bahan yang cocok untukmu. Berikut ini adalah perbedaan bahan hyget dan jersey:

Bahan Hyget

Bahan Jersey

Terasa panas karena tidak menyerap keringat

Terasa sejuk dan lembut berkat 

rajutan yang lebih renggang

Bahan lebih tipis dan ringan

Bahan lebih tebal dan meregang

Tidak mudah kusut

Tidak mudah kusut

Harga lebih murah

Harga lebih mahal

Demikianlah beberapa perbedaan bahan hyget dan jersey yang bisa kamu pertimbangkan. Sebenarnya, kedua bahan ini sama-sama nyaman digunakan untuk keperluan olahraga. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhanmu. Semoga bermanfaat!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?