Apa Itu Libero?

apa itu libero

Apa itu libero? Dalam permainan bola voli, kita mengenal beberapa posisi pemain dengan tugasnya masing-masing. Beberapa di antaranya adalah server, smasher atau spiker, blocker, dan juga libero. Libero termasuk sebagai posisi pemain yang penting dalam permainan. Namun, terkadang masih banyak orang yang tidak mengerti istilah bola voli ini.

Saat membahas tentang perlengkapan permainan voli, seorang libero disebutkan memiliki warna jersey yang berbeda dari anggota tim lain. Mengapa posisi libero cukup berbeda? Hal ini berkaitan dengan tugas dan perannya dalam tim. Nah,  bagaimana tugas seorang libero dalam tim? Simak penjelasan lengkapnya di bawah,  yuk!

Pengertian Libero

posisi libero bola voli

Apakah kalian masih bingung dengan apa itu libero? Libero adalah posisi pemain dalam permainan voli yang bertugas untuk pertahanan tim. Ada beberapa sebutan lain untuk libero, seperti pemain belakang dan defender. Tapi, semua istilah tersebut memiliki makna yang sama, yaitu posisi pemain belakang untuk menghadapi serangan dari lawan. Libero sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti bebas. Ini berkaitan dengan perannya dalam tim untuk melindungi area dari bola lawan sehingga dapat keluar masuk lapangan dengan bebas.

Peran libero sangat penting untuk tim, apalagi bila sedang menghadapi lawan yang jago dalam meluncurkan smash atau pukulan serangan. Seorang libero yang profesional dan terlatih akan mampu mencegah lawan mencetak skor melalui pukulan bola. Untuk itu, pemain yang bertugas sebagai libero harus cekatan dan cepat. Jadi, bola yang datang selalu siap ditangkis dan dikembalikan ke lawan. Dengan demikian, tim dapat bertahan dengan baik dan tidak mudah dikalahkan.

Tugas Posisi Libero

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tugas utama libero yaitu untuk menahan serangan dari lawan dan mempertahankan area tim dari serangan bola. Libero harus peka dengan arah datangnya bola dan siap mengembalikan pukulan dari lawan. Dalam tim, libero biasanya berada di posisi belakang agar dapat mengamati bola dengan baik dan siap dengan pukulan bola yang melambung tinggi. Namun, libero juga dapat menempati posisi tengah dan mengisi posisi blocker. Bisa dikatakan bahwa libero memang merupakan inti pertahanan dalam tim.

Apa Itu Kriteria Pemain Libero?

pemain libero

Menempati posisi libero dalam tim bukan hal yang mudah dan pemilihannya juga memerlukan beberapa pertimbangan. Hal ini karena posisi libero punya beberapa hal istimewa seperti perpindahan posisi yang lebih bebas. Jadi, harus memilih pemain yang tepat untuk menempati posisi strategis tersebut. Libero juga harus sering melatih skill tertentu supaya dapat memberikan performa terbaik saat bermain. 

Nah, bila kalian ada yang ingin menempati posisi libero, ini hal-hal yang perlu kalian persiapkan.

1. Menguasai teknik passing dengan baik, terutama passing atas dan passing bawah.

2. Memiliki agility atau kelincahan yang bagus supaya cepat dan tangkas berpindah posisi ke arah datang bola.

3. Peka dan memiliki intuisi yang baik sehingga dapat menebak dan memprediksi arah serangan dan siap menangkis bola.

4. Mampu menjadi servis receiver yang baik. Hal ini agar bola dapat diolah lebih mudah oleh setter.

5. Kemampuan kerjasama dan koordinasi dalam tim. Seorang libero harus bergerak cepat dan menentukan keputusan dengan cepat dalam waktu singkat. Misalnya menentukan arah serangan, bersiap menempati suatu posisi, dan melambungkan bola ke setter.

Peraturan Pergantian Posisi Pemain Libero

Menurut Federation Internationale de Volleyball (FIVB), setiap set permainan voli hanya diperbolehkan melalukan pergantian tim sebanyak 6 kali. Pergantian pemain tersebut juga hanya diperbolehkan saat bola mati atau bola keluar lapangan. Tapi, ketentuan ini tidak berlaku untuk posisi libero. Artinya, pergantian pemain libero tidak akan dihitung sebagai pergantian tim dan tidak ada batas maksimal pergantiannya. Tapi, harus ada selingan minimal 1 reli untuk pergantian tersebut. Inilah yang membuat posisi libero spesial dibandingkan posisi lain. 

Kesimpulan Apa Itu Libero

4 jenis servis bola voli

Nah, sekarang kalian sudah memahami tentang apa itu libero. Secara singkat, posisi libero adalah posisi bertahan dalam tim. Biasanya, ibero memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Menempati posisi bagian belakang

2. Bebas keluar masuk lapangan lewat garis samping

3. Bertugas menerima bola dan serangan dari lawan

4. Tidak boleh melakukan smash atau serangan

5. Tidak boleh berada di bagian depan

6. Menggunakan warna jersey yang berbeda

 

Itu dia beberapa ciri dari posisi libero. Kalian dapat dengan mudah menemukan pemain libero dalam permainan voli dengan melihat warna jersey yang berbeda. Semoga artikel ini membantu, ya! Jika ingin membuat jersey, percayakan pada jrgsportswear, vendor jersey berkualitas dengan harga terbaik!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?