Cara Melakukan Passing Bola Voli

Sama seperti cabang olahraga bola lainnya, dalam permainan bola voli juga memiliki teknik passing khusus. Adapun cara melakukan passing bola voli terbagi menjadi dua, yaitu passing atas dan passing bawah.

 

Keduanya memiliki teknik dan fungsi yang berbeda. Cara melakukan passing atas bola voli atau yang sering disebut dengan set up biasanya digunakan untuk memberikan umpan kepada spiker dalam melakukan serangan. Selain itu, passing atas dalam permainan bola voli juga kerap digunakan untuk menyeberangkan bola ke daerah lawan.

 

Sementara itu, cara melakukan passing bawah bola voli berguna untuk menyambut bola servis, lalu mengoperkan kepada toser untuk memudahkannya dalam memberikan umpan yang baik bagi smasher. Kedua teknik passing bola voli ini penting untuk dikuasai oleh semua pemain.
 
Passing atau mengoper merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli. Dalam pengertian umum, passing merupakan upaya seorang pemain dengan menggunakan teknik tertentu untuk mengoperkan bola kepada teman seregu yang dimainkan di lapangan sendiri, dan sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada tim lawan. 

Cara Melakukan Passing Atas Bola Voli

Cara melakukan passing bola voli yang pertama adalah passing atas. Sesuai namanya, passing atas merupakan gerakan mengumpan atau mengoper bola yang dilakukan di atas kepala dengan cara mendorong bola menggunakan kedua tangan.

Teknik passing bola voli yang satu ini bertujuan untuk memberikan atau mengoper bola ke teman satu tim. Selain itu, teknik passing ini juga biasa digunakan untuk menyusun strategi serangan ke tim lawan, dan persiapan untuk melakukan pukulan serangan.

Cara melakukan passing atas bola voli terbagi kedalam dua jenis di antaranya, passing atas normal dan passing atas setinggi muka. Keduanya memiliki tujuan yang hampir sama, hanya saja kedua teknik ini akan memberikan tekanan yang berbeda pada bola voli.

Adapun cara melakukan passing atas bola voli adalah sebagai berikut:

1. Ambil Posisi Start ​

Sebelum mulai melakukan passing atas bola voli,  pastikan posisi tubuhmu dalam keadaan sigap. Berdirilah dengan kedua kaki, renggangkan selebar bahumu. Kemudian rendahkan lutut sampai beban tubuhmu bertumpu pada ujung kaki depan. Selanjutnya, angkat tangan ke atas dengan posisi lengan di depan badan. Setelah itu, renggangkan jari tanganmu sebagai ancang-ancang untuk menerima bola. 

2. Passing Atas Bola Voli ​

Setelah melakukan langkah di atas, fokuskan pandanganmu pada bola dan bersiaplah untuk mendapat operan bola dari pemain lain. Saat bola voli datang, lakukan gerakan mendorong pada kedua lengan ke arah bola. Di sini kamu juga perlu membuat gerakan sedikit melompat untuk memberikan tekanan lebih besar pada bola voli. 

3. Tahapan Akhir​

Setelah berhasil memukul bola voli, posisikan kedua tangan lurus dan arahkan pandangan kedua mata mengikuti bola. Hal ini dilakukan agar laju bola bisa tepat pada sasaran. 

 

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemain saat melakukan passing atas. Seperti posisi badan yang kaku, posisi berdiri yang tidak tepat, dan masih banyak lagi. Karenanya, kamu perlu memperhatikan 3 poin di atas untuk melakukan passing atas bola voli dengan baik.

Cara Melakukan Passing Atas Bola Voli

Teknik passing bawah bola voli biasanya dilakukan dengan menggunakan tangan sisi lengan bawah. Gerakan passing bawah dilakukan dengan cara mengayunkan kedua tangan dari bawah ke depan atas ke arah bola.

 

Sama halnya dengan passing atas, cara melakukan passing bawah bola voli juga terbagi menjadi dua, yaitu passing bawah satu tangan dan passing bawah dua tangan. Kedua teknik ini juga memiliki cara dan fungsi yang berbeda.

 

Sebelum mengetahui cara melakukan passing bawah bola voli, kamu perlu mencatat bahwa ini tidak boleh gagal. Dalam permainan bola voli, pemain hanya boleh melakukan tiga kali percobaan saja. Jika ketiganya gagal, kamu tidak bisa melakukan teknik passing bawah lagi. 

 

Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini adalah cara melakukan passing bawah bola voli yang baik dan benar:

1. Passing Bawah Satu Tangan

Passing bawah satu tangan biasanya digunakan pada posisi operan bola dari jarak jauh. Passing ini bertujuan agar bola bisa melambung tinggi de arah yang sudah ditentukan. Dengan melakukan passing bawah satu tangan untuk jarak jauh, kamu bisa mengoper bola ke arah yang lebih akurat.

 

Adapun cara melakukan passing bola voli bawah adalah sebagai berikut:

  • Gunakan lengan dengan jari-jari yang menggenggam.
  • Posisikan tangan dengan jari-jari terbuka.
  • Posisikan pergelangan tangan bagian dalamnya sedang dalam keadaan menggenggam.

2. Passing Bawah Dua Tangan

Passing bawah dua tangan terbagi menjadi dua, yaitu The Dig dan Thumb Over Palm MethodThe Dig merupakan metode penerimaan bola dengan posisi menggali atau melakukan gerakan seolah-olah sedang menyendok bola ke atas. Metode ini biasanya dilakukan saat menerima servis yang sulit.

 

Sementara Thumb Over Palm Methode dilakukan dengan menaruh kedua telapak tangan menghadap ke atas dengan satu tangan menempel pada telapak tangan lainya dan dijepit ibu jari. Kedua metode ini biasanya sering digunakan oleh para pemain voli profesional.

 

Demikianlah uraian lengkap tentang cara melakukan passing bola voli yang baik dan benar. Semoga bermanfaat!

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?