Tips Bermain Futsal Agar Tidak Cepat Lelah

Tips bermain futsal agar tidak cepat lelah seringkali menjadi pertanyaan besar untuk para penggemarnya. Pasalnya, olahraga futsal ini memang membutuhkan tenaga yang cukup hingga akhir permainan. 

Dalam permainan futsal, tentu para pemain harus melakukan beberapa gerakan yang sangat menguras tenaga. Seperti berlari di area lapangan, loncat, menendang bola, dan masih banyak lainnya.

 

Di samping itu semua, futsal juga biasanya dimainkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Tak heran jika banyak orang yang ingin mengetahui tips bermain futsal agar tidak cepat lelah. 

Futsal biasanya memiliki intensitas permainan yang cukup lama dan menuntut pemainnya untuk selalu bergerak. Sebagai seorang pemula, tentu ini akan sangat melelahkan.

 

Tapi kamu tak perlu khawatit, di sini kami akan memberikan 5 tips bermain futsal agar tidak cepat lelah!

Tips Bermain Futsal Agar Tidak Cepat Lelah

(Pexels)

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan agar tidak cepat lelah saat bermain futsal.

1. Streching atau Pemanasan

Streching atau pemanasan merupakan salah satu hal penting dalam semua cabang olahraga. Tak hanya pada permainan sepak bola saja, kamu juga perlu melakukan streching sebelum bermain futsal. 

 

Pemanasan memegang peranan penting dalam semua olahraga, termasuk futsal. Tanpa pemanasan, pemain futsal akan berisiko terkena cedera atau kram dan mudah lelah saat bermain. 

 

Hal itu diakibatkan otot-otot tubuh terutama kaki belum sepenuhnya siap untuk melakukan aktivitas fisik yang berat. Mulailah lakukan streching atau pemanasan dari ujung kepala hingga kaki.

 

Kamu juga bisa melakukan pemanasan dengan berlari santai mengelilingi lapangan futsal. Lakukan juga peregangan otot dengan gerakan seperti menendang dan sebagainya.

2. Hidari Makanan Berat

Selain melakukan pemanasan dan peregangan otot, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanmu sebelum bermain futsal. Sebaiknya, hindari makan makanan berat sebelum permainan dimulai.

 

Hal ini karena makanan berkalori tinggi bisa membuat tubuhmu terasa lebih berat dan mudah lelah. Kurangi makanan berkalori tinggi dan atur pola makan yang sehat. Makanlah makanan maksimal 2 jam sebelum bermain futsal.

3. Latihan Fisik Tambahan

Selain melakukan latihan teknik shooting futsal maupun teknik passing futsal, kamu juga perlu melakukan beberapa latihan tambahan agar kemampuan fisikmu meningkat.

 

Lakukan latihan fisik 2-3 kali seminggu secara rutin. Latihan fisik ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja otot dan ketahanan fisikmu agar tidak mudah lelah saat permainan futsal berlangsung.

4. Latihan Wall Sit

Salah satu latihan fisik tambahan yang bisa kamu lakukan sebagai tips bermain futsal agar tidak cepat lelah adalah latihan wall sit. Latihan ini akan membantu meningkatkan ketahanan otot-otot di area paha dan kaki. 

 

Caranya, berdiri dengan punggung lurus menempel ke dinding. Kemudian buka kedua kaki selebar pundak, turunkan tubuh hingga lutut membentuk 90 derajat. Pastikan jarak antara betis dan kaki sekitar 30 cm dari dinding.

 

Tahan posisi tersebut selama kurang lebih satu menit. Kemudian berdiri lagi dengan tegak. Dalam melakukan latihan ini, kamu juga bisa menambahkan dumbbell pada masing-masing tangan.

5. Latihan interval

Latihan interval kerap digunakan dalam segala jenis cabang olahraga, termasuk futsal. Latihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh. Dengan melakukan latihan interval, tubuh akan dilatih untuk menyesuaikan aktivitas fisik yang berubah-ubah.

 

 

Dalam latihan ini, kamu harus berolahraga dengan intensitas berat selama beberapa menit. Kemudian dilanjutkan dengan olahraga intensitas ringan selama beberapa menit. Lakukan latihan interval secara rutin untuk meningkatkan stamina tubuhmu.

6. Mengatur Tempo

Setelah melakukan beberapa tips bermain futsal agar tidak cepat lelah di atas, kamu bisa juga untuk mengatur tempo pada saat permainan. Pengaturan tempo pemain memagang peranan penting agar kondisi fisikmu terus terjaga.

 

Untuk bisa mengatur tempo dalam permainan futsal, kamu bisa menyesuaikannya dengan kemampuanmu. Jika sudah merasa lelah, berhentilah sejenak dan jangan berlari. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat energi hingga akhir permainan futsal selesai.

7. Jangan Memaksakan Diri

Setiap orang tentu memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda. Terkadang ada beberapa hal yang menyebabkan tubuh cepat lelah saat bermain futsal. Jika kamu sudah terlalu lelah, sebaiknya jangan memaksakan diri.


Kondisi fisik yang lemah bisa beresiko buruk untuk kesehatanmu. Jadi, sebaiknya mintalah untuk melakukan pergantian pemain agar pertandingan futsal bisa berjalan dengan lancar dan tidak berpotensi merugikan tim.

 

 

Setelah melakukan pergantian dengan pemain cadangan, kamu bisa beristirahat sejenak dan mengumpulkan energimu yang hilang. Setelah cukup pulih, kamu bisa kembali kdiharapkan bisa pulih dan bisa melanjutkan permainan dalam keadaan prima.

 

 

Demikianlah 5 tips bermain futsal agar tidak cepat lelah. Jadi, pastikan kamu mengikuti langkah-langkah di atas ya! Semoga bermanfaat.

Featured image source: Pexel

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?