Istilah Bola Voli

peraturan bola voli

Istilah bola voli – Olaharaga voli saat ini menjadi salah satu cabang olahraga yang populer dengan peminat yang cukup banyak. Bahkan, permainan voli juga seringkali menjadi salah satu pelajaran dalam kelas olahraga di berbagai sekolah. Meskipun demikian, istilah dalam permainan bola voli terkadang masih terdengar asing dan masih banyak orang yang belum paham. Beberapa istilah tersebut berkaitan dengan teknik permainan, istilah untuk posisi pemain voli, dan juga istilah teknis lainnya.

Maka, artikel berikut akan merangkum berbagai istilah dalam permainan bola voli. Sebagian istilah tersebut mungkin sudah sering kalian dengar. Tapi ada juga istilah permainan yang masih jarang ditemukan oleh orang awam. Dengan memahami istilah tersebut, kalian dapat mengikuti permainan bola voli dengan lebih baik karena tidak bingung lagi dengan sebutan tersebut. Nah, mari simak selengkapnya di bawah.

Servis

Istilah permainan bola voli ini tentu sudah pernah kalian dengar. Servis adalah salah satu teknik dasar dalam permainan voli untuk memulai permainan. Pada awalnya, servis dilakukan untuk mengembalikan bola dari lawan dan untuk bertahan dari serangan. Namun, pemain juga bisa menggunakan teknik servis dalam melakukan serangan.

Smash (Spike)

Sama seperti pengertian smash dalam bulu tangkis, istilah smash dalam permainan voli juga berarti serangan. Sebutan lainnya adalah spike, kedua istilah ini mengacu pada serangan atau pukulan bola yang cepat dan keras ke arah lawan saat bola sedang melambung di atas net. Tujuan pemain melakukan smash atau spike yaitu untuk menciptakan skor.

Block

Blok juga termasuk bagian dari teknik dasar dalam permainan voli. Blok dilakukan untuk bertahan dari serangan bola lawan. Sebuah tim yang jago bertahan biasa memiliki tim yang solid dengan kemampuan kerjasama yang baik. Apabila sebuah tim menguasai teknik blook dengan baik, tim lawan akan kesulitan untuk menyerang dan menciptakan skor.

Diving (Dike)

Diving atau dike bisa dikatakan sebagai teknik untuk menanggapi serangan smash atau spike. Jadi, diving adalah pukulan balasan terhadap bola hasil smash agar tidak masuk ke lapangan. Pemain yang melakukan diving harus memiliki kekuatan lengan dan kecepatan yang baik. Hal ini mengingat bola smash biasa cenderung cepat dan diberikan dengan pukulan yang menukik dan kuat. Agar teknik dike bisa maksimal, kalian juga dapat berlatih cara melakukan pukulan voli yang keras.

Foot Fault

Foot fault adalah kesalahan posisi kaki akibat server menginjak garis belakang atau melakukan servis di bidang permainan. Inilah alasan istilah ini disebut dengan foot fault, atau bila diterjemahkan dari Bahasa Inggris adalah kesalahan pada kaki.

Cross Spike

Cross spike atau disebut juga dengan cross smash adalah jenis pukulan serangan bola voli yang dilakukan dengan keras dan dengan sisi bersilangan dari sisi penerima. Jadi, bola akan jatuh di sisi yang berlawanan. Tujuan dari cross spike adalah mencari celah di mana pemain lawan sedang lengah dan menciptakan peluang skor.

Ace Spiker

Istilah bola voli digunakan untuk menyebut pemain utama yang bertugas melakukan serangan berupa smash atau spike. Biasanya, seorang ace spiker memilki pukulan yang paling kuat dan menjadi andalan tim untuk melakukan serangan. Ace spiker juga memiliki pukulan dengan akurasi, kecepatan, dan kekuatan yang tinggi. 

Stuff Block

Tujuan dari block tentunya adalah untuk mencegah lawan menciptakan skor. Namun, terkadang upaya block tersebut  justru memberikan skor bagi lawan. Inilah yang dimaksud dengan stuff block, yaitu bola hasil block yang memberikan poin ke lawan karena jatuh dalam area sendiri.

Libero

Libero adalah sebutan untuk posisi pemain bertahan yang menempati posisi di belakang. Libero dilarang untuk memberi umpan garis depan atau garis serang. Posisi libero tidak diperhitungkan saat pergantian pemain dan dapat keluar masuk dengan bebas. Tapi, hal yang perlu diingat adalah libero tidak boleh melakukan smash dan serangan.

Tosser

Tosser dalam permainan voli adalah seseorang yang bertugas sebagai pengumpan. Jadi, tosser berperan sebagai pengatur serangan bagi anggota timnya. Terdapat istilah atau sebutan lain untuk tosser, yaitu set-upper atau setter.

Landing

Landing adalah teknik mendarat setelah seorang pemain melakukan smash. Adapun tahapan dari melakukan serangan hingga landing yaitu dimulai dari run up, hit atau memukul, take off, dan landing.

Pass

Pass yaitu istilah bola voli yang berarti mengoper bola. Teknik passing dibedakan menjadi dua, yaitu passing atas dan passing bawah. Pass juga termasuk salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli yang harus dikuasai oleh pemain. 

Hitting Error

Sesuai namanya, hitting error adalah kesalahan yang terjadi ketika memukul bola. Ini terjadi ketika bola yang dipukul keluar dari garis lapangan saat sedang memainkan Rally. Bola yang keluar tersebut memberikan skor untuk lawan. 

End Line dan Center Line

End line adalah garis akhir di lapangan yang terdiri dari dua garis yang melewati batas lapangan. Sementara center line adalah garis tengah yang memisahkan kedua area tim. Letaknya tepat berada di bawah net. 

Kesimpulan Istilah Bola Voli

istilah dalam bola voli

Itulah beberapa istilah dalam permainan bola voli yang sering digunakan. Dengan mengenai makna dari istilah tersebut, kalian menjadi tidak bingung lagi saat mengikuti permainan bola voli. Bila kamu seorang pemain voli, kalian tentu harus mengerti istilah dalam bola voli tersebut, ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?