istilah block dalam voli

cara melatih pergelangan tangan untuk bola voli

Istilah block dalam voli – Dalam permainan bola voli, kita mengenal beberapa teknik dasar dalam permainan bola voli. Teknik dasar tersebut antara lain adalah teknik servis, mengumpan, smash bola voli, dan melakukan blocking. Sebagai salah satu dari teknik dasar, atlet atau pemain voli harus menguasai teknik blocking. Hal ini penting untuk menjaga area tim agar tidak dimasukin oleh bola lawan. 

Teknik block dalam voli adalah sebuah gerakan membendung serangan lawan dengan  kedua tangan. Tujuan dari blocking dalam voli yaitu untuk menahan serangan lawan agar gagal mencetak poin. Siapa saja yang bisa melakukan block dalam voli? Sebenarnya, siapapun boleh melakukan blocking, tapi umumnya block dilakukan oleh pemain yang berada di dekat net yaitu tosser dan smasher. Secara singkat, teknik block bisa dianggap sebagai teknik bertahan atau bendungan. 

Meskipun penting, masih cukup banyak pemain pemula yang belum memahami tentang berbagai istilah block dalam voli. Teknik block sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, baik dari jumlah pemain yang melakukan maupun tipe smash yang diterima dari lawan. Maka, artikel ini akan membahas mengenai nberbagai istilah block dalam voli supaya kalian semakin paham dan dapat berrlatih dengan baik. Yuk, simak selengkapnya!

Cara Melakukan Block

cara melakukan block voli

Bagaimana cara melakukan block dalam voli? Mungkin ini sering menjadi pertanyaan ketika kalian sedang berlatih. Cara melakukan block dalam voli sebenarnya sederhana, yaitu dengan cara mengangkat dua lengan lurus ke atas. Jari-jari direnggangkan dan dibiarkan terbuka, serta telapak tangan aktif untuk mengikuti arah datangnya bola. Posisi tangan seperti ini membuat pemain siap siaga menghadang bola yang mendekat. Teknik block biasanya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu block aktif dan block pasif. Bagaimana perbedaannya?

1. Block Aktif

Block aktif berarti tangan dan lengan pemain bergerak ke kanan atau kiri mengikuti arah datangnya bola. Gerakan ini melibatkan lengan dan tangan untuk aktif bergerak. Cara blocking satu ini dinilai lebih efektif karena pemain menjadi lebih siap menghadap bola dari berbagai sisi. Apalagi, bila arah serangan bola kurang bisa diprediksi.

2. Block Pasif

Kita dapat menebak teknik block pasif berdasarkan sebutannya. Block pasif berarti pemain berusaha menghadang serangan lawan dengan cara menjulurkan tangan di atas net tanpa gerakan. Jadi, menunggu bola datang berdasarkan arah serangan yang diprediksi. Sebenarnya, tipe block ini kurang efekif karena lengan kurang luwes dalam menghadang serangan.

Jenis Block Berdasarkan Jumlah Pemain

Jumlah pemain bola voli memang sedikit, yaitu sebanyak 6 orang per tim. Tapi, hal ini bukan berarti block menjadi teknik yang terbatas untuk dilakukan. Setiap pemain dalam tim voli diperbolehkan untuk melakukan block. Apalagi bila arah datangnya bola dekat dengan pemain tersebut. Jadi, setiap anggota tim dapat berkontribusi dalam menghadang serangan lawan. Nah, jenis block berdasarkan pemain ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasannya.

1. Block Tunggal

4 jenis servis bola voli

Istilah block tunggal dalam permainan voli mengacu pada teknik block yang dilakukan oleh satu orang pemain saja. Block tunggal dilakukan oleh seorang pemain yang paling dekat dengan bola dan sigap menangkis serangan. Pemain harus bergerak dengan cepat ke kanan atau kiri sambil memfokuskan perhatian pada bola yang datang. Kemudian, melakukan block dengan cepat dan mencegah lawan mencetak skor.

2. Block Ganda

Block ganda berarti teknik menghadang serangan yang dilakukan lebih dari satu orang pemain. Umumnya, istilah block dalam permainan voli ini mengacu pada blocking yang dilakukan oleh dua orang pemain. Jenis block ini lebih efektif dibandingkan block tunggal karena pertahanan lebih kuat dan jumlah pemain yang menghadang lebih banyak. Biasanya, pemain membentuk barisan depan net sambil mengulurkan tangan, kemudian melompat bersama saat bola datang.  Teknik ini sangat cocok untuk menangkis smash atau pukulan bola voli yang keras dari lawan.

3. Blocking Tiga Pemain

block tiga pemain

Terakhir, yaitu block tiga pemain. Sebenarnya, teknik ini termasuk dalam block ganda karena melibatkan lebih dari satu orang. Tapi, block tiga pemain lebih jarang dilakukan karena membutuhkan tiga orang pemain sekaligus. Hal yang perlu diperhatikan untuk teknik block ini adalah kerjasama dan koordinasi dalam tim. Pemain harus kompak dan siap melakukan block dalam waktu yang singkat. Jenis block tiga pemain sangatlah efektif dan membentuk pertahanan yang lebih rapat. Jadi, bola serangan dari lawan juga berpotensi lebih kecil untuk menciptakan skor.

Jenis Block Berdasarkan Tipe Smash Lawan

4 jenis servis bola voli

Untuk menciptakan skor, tim lawan tentunya akan melakukan smash bola. Pukulan bola yang keras dan cepat tentunya akan menciptakan peluang bola masuk yang lebih besar. Maka, teknik block menjadi hal yang penting untuk mencegah hal tersebut terjadi. Berdasarkan tipe smash dari lawan, ada tiga jenis block yang dikenal. Berikut istilah block dalam permainan bola voli berdasarkan tipe smash lawan.

1. Block Bola Open

Block bola open adalah teknik menghadang bola voli dengan cara menekuk lutut hingga 100 derajat, lalu melompat tinggi sambil menangis bola. Tujuan melakukan lompatan tinggi karena serangan bola lawan dipukul dengan tinggi. Jadi, pemain yang melakuukan block harus menggapai bola dengan cara melompat.

 

2. Block Bola Semi

Teknik block voli yang berikutnya adalah block bola semi. Jenis block ini dilakukan bila bola serangan lawan tidak terlalu tinggi dan datang dengan cepat atau sedang. Untuk menghadapi tipe smash ini, pemain tidak perlu melompat terlalu tinggi. Jadi, block bola semi dilakukan dengan cara menekuk lutut 110 derajat, kemudian melompat sambil menahan serangan.

3. Block Bola Quick

Block bola quick dilakukan saat mendapat serangan smash bola yang cepat dari lawan. Tipe serangan ini cukup menantang karena berpeluang menciptakan skor. Jadi, pemain perlu melakukan block bola quick dengan cara menekuk lutut sekitar 135 derajat, kemudian melompat dengan cepat. Untuk melakukan ini, pemain voli harus bergerak dengan lincah, cepat tanggap, dan peka dengan arah datangnya bola.

Kesimpulan Istilah Block Dalam Voli

blocking dalam permainan voli

Selain teknik serangan dan smash, menguasai block dalam permainan bola voli sangatlah penting. Seorang pemain profesional tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan smash dan serangan, tapi juga harus bisa membendung bola lawan dengan baik. Hal ini tentunya demi menjaga kemenangan tim agar tidak kebobolan serangan lawan. 

Dalam melakukan block, seringkali diperlukan kerjasama antar anggota tim. Jadi, kalian perlu sering berlatih bersama agar semakin terbiasa saat menghadapi bola yang datang. Selain itu, kalian juga akan membentuk intuisi dan semakin peka terhadap potensi serangan dari lawan. Selain menguasai teknik bermain voli, kalian juga perlu memahami berbagai jenis pelanggaran dalam permainan voli dan perlengkapan permainan voli agar dapat bermain dengan maksimal.

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?