4 Teknik Dasar Futsal

4 teknik dasar futsal – Bermain futsal memang tidak jauh berbeda dengan sepak bola. Keduanya memiliki tujuan permainan yang sama, yaitu untuk membuat gol sebanyak mungking ke gawang lawan. Namun, terdapat beberapa perbedaan, yaitu dari ukuran bola, ukuran lapangan, jumlah pemain, dan teknik dasar permainan.

 

Apakah teknik dasar futsal dan sepak bola sama? Sebenarnya, secara garis besar teknik dasar bermain di antara keduanya sangat mirip. Tapi, ada beberapa perbedaan ketika dipraktekkan. Perbedaan ini bisa berupa sisi kaki yang dominan digunakan atau jarak kontrol bola saat bermain.

 

Nah, artikel ini akan membahas mengenai 4 teknik dasar futsal beserta beberapa perbedaannya dengan sepak bola. Jadi, kalian dapat berlatih dengan lebih efektif dan fokus dengan teknik berlatih yang sesuai. Simak selengkapnya di bawah, ya!

Menendang Bola (Kicking)

Ini merupakan teknik dasar paling utama yang harus dikuasai saat bermain futsal. Keseluruhan permainan futsal melibatkan teknik dasar ini, jadi pastikan kalian menguasai teknik kicking sebelum berlatih ke teknik lainnya. Pada dasarnya, teknik menendang bola bisa menggunakan kaki bagian luar, kaki bagian dalam, dan tumit.

 

Kalian dapat berlatih kicking dengan cara menendang bola ke sebuah target dan mencoba menggunakan berbagai sisi kaki. Meskipun tergolong teknik paling mudah, kalian juga perlu konsisten selama berlatih supaya semakin terbiasa. Hal yang perlu diperhatikan saat latihan misalnya sisi kaki yang digunakan untuk menendang, kekuatan atau power saat menendang, dan keakuratan. Latihan kicking sambil berlari atau di tembok juga bisa menjadi alternatifnya.

Menggiring Bola (Dribbling)

Setelah menguasai teknik kicking, teknik dasar futsal yang berikutnya adalah dribbling. Dribbling tidak hanya ada di permainan basket saja, dalam futsal juga mengenal teknik dribbling atau menggiring bola. Fungsi dari dribbling yaitu untuk membawa dan mengontrol bola untuk mengecoh lawan dan agar tidak mudah direbut.

 

Terdapat perbedaan antara dribbling futsal dan dribbling sepak bola. Dalam permainan sepak bola, pemain cenderung melakukan dribbling jauh, sementara pada futsal biasanya adalah dribbling jarak dekat. Jadi, bola selalu berada dekat di area kaki.

Untuk menguasai teknik dribbling, kalian bisa melakukan latihan menggiring bola dengan cara berlari seperti lari zig zag atau lari mundur. Tujuannya agar kaki menjadi lebih fleksibel dan terbiasa. Selain itu, kalian juga bisa latihan menggiring bola ke berbagai arah dan dengan kecepatan lari yang berbeda.

Mengumpan Bola (Passing)

Kalian tentu sudah sering mendengar tentang teknik dasar ini. Passing bisa dikatakan sebagai salah satu dari 4 teknik dasar futsal yang memerlukan kerjasama tim. Bila anggota tim kompak, passing dapat yang dilakukan dapat meningkatkan peluang gol. Tapi bila tidak dikuasai dengan baik, justru akan membuat tim lawan berhasil mencetak gol. Mengapa demikian?

Alasannya karena saat melakukan passing, bola berpindah ke pemain lain. Bila tidak akurat, maka bola bisa direbut oleh tim lawan. Dalam teknik passing, kalian juga berlatih cara mengontrol bola. Untuk menguasai teknik dasar ini, kalian perlu melakukan latihan rutin.

Menembak Bola (Shooting)

Teknik shooting menjadi satu di antara 4 teknik dasar futsal yang paling penting untuk memasukkan gol ke gawang lawan. Shooting pada dasarnya adalah teknik menendang bola ke arah gawang. Teknik ini cukup kompleks karena kalian perlu menguasai seluruh 4 teknik dasar sebelum melakukan shooting.

Skill yang dibutuhkan untuk shooting adalah keakuratan dalam menembak bola, kekuatan menendang, dan kecepatan. Meski terkesan sulit dikuasai oleh pemula, kalian tentu juga bisa mengusai teknik dasar ini jika rajin berlatih. Bila dibandingkan dengan permainan sepak bola, shooting futsal cenderung lebih mudah karena tidak memerlukan shooting power yang terlalu besar.

Pentingnya Menguasai 4 Teknik Dasar Futsal

Menguasai 4 teknik dasar futsal di atas akan membantu kalian selama berlatih dan meningkatkan skill bermain. Kalian akan mampu menguasai teknik permainan yang dengan kesulitan lebih tinggi bila telah terbiasa dengan teknik dasar tersebut. Misalnya adalah tendangan keras dalam futsal. Selain itu, kalian juga bisa bermain dengan lancar dan tidak membuat tim kewalahan.

 

Jangan lupa untuk berlatih dengan konsisten dan melakukan latihan fisik yang diperlukan supaya tubuh semakin terbiasa dan optimal saat bermain. Untuk menjadi pemain handal, kalian juga perlu memahami aturan permainan, mulai dari posisi pemain futsal beserta tugasnya dan perlengkapan pemain futsal. Nah, smoga artikel ini membantu kalian ya, salam olahraga!

Featured image source: Backyard Sidekick

Mau Bikin Jersey Untuk Tim Kamu? Klik Tombol Dibawah

Kami melayani konsultasi seputar desain, bahan, dan kuantiti yang ingin dipesan

JRG Sportswear

Kami telah berpengalaman 7+ tahun sebagai produsen / konveksi jersey olahraga, mulai dari futsal, gaming, basket, bulutangkis, dll.

 

Follow Social Media Kami.

© 2022 JRG Sportswear. All rights reserved.

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?