Skip to content

Posisi Pemain Futsal dan Tugasnya

Posisi pemain futsal dan tugasnya adalah hal dasar yang perlu diketahui oleh tim. Setiap posisi memiliki peran yang berbeda di lapangan dan sangat dibutuhkan untuk menunjang permainan selama pertandingan. Kerjasama yang baik sangat penting agar permainan futsal tim berjalan lancar dan dapat mencetak gol sebanyak mungkin.

Terdapat 4 posisi pemain futsal dan tugasnya berbeda-beda. Namun sebelum membahas lebih lanjut, kita perlu memahami tentang permainan futsal terlebih dahulu. Cukup banyak orang yang salah paham dan menganggap bahwa permainan futsal dan sepak bola adalah jenis olahraga yang sama.

Permainan futsal adalah olahraga yang melibatkan 2 tim yang tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin. Dari segi cara bermain memang hampir sama, perbedaan yang jelas adalah jumlah anggota pemain per tim.

posisi pemain futsal
(Daviessports)

Permainan futsal terdiri dari 5 pemain utama per tim, sementara permainan sepak bola terdiri dari 11 orang. Selain itu, terdapat perbedaan lain seperti waktu permainan, jumlah wasit, aturan pelanggaran, dan sebagainya.

Asal negara futsal yaitu dari Uruguay, kemudian semakin populer ketika dibawa ke negara lain dan akhirnya menjadi ajang pertandingan internasional. Dalam permainan futsal, ada 4 jenis ukuran bola yang berbeda.

Dengan jumlah pemain per tim yang lebih sedikit, tentu setiap posisi pemain futsal dan fungsinya akan sangat berdampak dalam menentukan kemenangan. Nah, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini, ya!

Anchor, Posisi Pemain Futsal dengan Tugas Ganda

Posisi anchor dalam futsal memiliki tugas sebagai pemain bertahan dan penyerang. Posisi anchor bisa dikatakan memiliki peran ganda dan sebagai andalan utama dalam tim. Seorang anchor yang profesional bisa membawa timnya semakin dekat dengan kemenangan karena mampu melakukan serangan efektif dan mencegah gol dari lawan.

Jadi, seseorang harus memiliki kemampuan yang mumpuni dan dipercaya oleh tim karena perannya yang besar. Bila dibandingkan dengan posisi pemain sepak bola, posisi anchor di futsal seperti gabungan antara mildfielder dan bek.

Flank (Ala), Pemain Sayap untuk Mengontrol Bola

Posisi flank dalam futsal berjumlah dua orang. Peran flank dalam permainan yaitu sebagai sayap untuk menghubungkan anchor dan pivot. Biasanya, flank atau ala berada di posisi kanan atau kiri karena harus menempati posisi strategis untuk mengoper bola. Dengan berada di samping, tentu akan lebih mudah melihat celah untuk oper bola dan meciptakan peluang gol.

Syarat menjadi flank dalam futsal yang paling utama adalah mampu berlari dengan cepat dan mampu mengontrol bola dengan sempurna. Seorang flank juga harus sigap dan menjaga posisinya dengan baik agar bisa membantu tim melakukan serangan ke lawan.

Pivot, Posisi Pemain Futsal yang Bertugas di Garda Terdepan

Posisi pivot dalam futsal memiliki tugas yang hampir sama dengan posisi anchor. Perannya yaitu sebagai orang pertama yang menghalang serangan lawan. Posisinya sebagai pemain depan sehingga harus lincah dan memiliki kontrol lapangan yang baik. Tidak mudah untuk menjadi seorang pivot karena memiliki tanggung jawab yang besar.

Pemain yang bertugas sebagai pivot dalam tim bisa dikatakan memegang posisi sentral yang tak kalah penting. Perannya tidak hanya mencegah serangan, namun juga menciptakan peluang gol bagi tim. Tim yang memiliki pivot yang lincah akan memiliki pertahanan yang kuat dan sulit ditembus.

Penjaga Gawang (Kiper), Pencegah Gol dari Lawan

Posisi kiper sudah tidak asing lagi, tugasnya tentu sebagai penjaga gawang. Sama seperti peran kiper dalam permainan sepak bola, posisi kiper dalam futsal memiliki tugas untuk menjaga gawang tim tidak dimasuki bola. Kiper adalah satu-satunya posisi yang diperbolehkan untuk memegang bola dengan lengan.

Kiper yang baik mampu mengikuti alur permainan dan situasi lapangan dengan cepat. Ini sangat penting agar kiper tanggap dan dapat menghadang bola yang masuk ke gawang. Kiper yang profesional tentu berhasil menyelamatkan gawang dari gol oleh lawan. Selain itu, posisi kiper dalam futsal juga harus bisa mengumpan dengan baik.

Memahami Posisi Pemain Futsal dan Tugasnya

bermain futsal di lapangan
(Soccer Lifestyle)

Posisi pemain futsal dan tugasnya perlu dipahami dengan baik oleh setiap anggota. Dengan demikian, setiap anggota bisa bekerjasama dengan maksimal dan kompak dalam bermain.

Bila anggota tim sudah saling mengerti dengan posisi pemain futsal dan tugasnya, maka peran masing-masing dapat berjalan lebih maksimal. Tidak akan ada kasus saling menyalahkan akibat kelalaian dalam menjalankan tugas. Untuk itu, kalian juga perlu berlatih dan menguasai skill penting yang dibutuhkan untuk posisi yang dijalankan.

Nah, demikian artikel mengenai posisi pemain futsal dan tugasnya. Semoga bisa membantu kalian memahami perrmainan futsal, ya! Bila ingin membuat baju tim futsal yang keren dengan harga terjangkau, jangan lupa untuk mengunjungi jrgsportswear.com, pusat baju jersey dan olahraga terpercaya!

Open chat
Halo, ada yang bisa dibantu?